Surat Pembaca

Tidak Merasa Mengajukan, Tiba-tiba di Aplikasi Tunaiku Ada Pinjaman Rp34 Juta yang Tidak Bisa Dibatalkan

Saya sebelumnya nasabah Tunaiku dan sudah dua kali meminjam. Dalam beberapa tahun kemudian, tagihan saya sudah tinggal sisa 3x, yang angsurannya sebesar Rp1 juta. Dari 16 kali cicilan, saya tidak pernah telat.

Namun kemudian muncul top up pinjaman di aplikasi Tunaiku saya, senilai Rp34 juta. Padahal saya tidak pernah mengajukan. Saat itu saya sedang tidak menggunakan hp saya, karena saya sedang berada di luar rumah. Pada saat saya pulang, saya cek di HP ada notifikasi dari Tunaiku, bahwa pinjaman sudah sedang diproses. Padahal saya tidak merasa menyetujuinya dari hp saya.

Setelah itu saya langsung konfirmasi ke pihak CS Tunaiku, dan saya minta tolong agar pinjaman yang tertera di aplikasi dibatalkan, karena saya tidak merasa menyetujuinya. Kalau saya cek, pengajuannya itu baru selang kurang lebih baru 30 sampai 60 menit, saat saya keluar rumah. Namun pihak CS bilang tidak bisa dibatalkan, karena dana sudah akan masuk dalam 3×24 jam.

Lah dana belum masuk, masa tidak bisa dibatalkan? Saya sama sekali tidak merasa mengajukan. Itu kata saya, tapi pihak Tunaiku tidak punya solusi atas masalah saya. Pihak CS Amarbank, yang telah saya rekam pembicaraannya, tidak bisa memberi solusi untuk membatalkan peminjaman. Sedangkan yang saya lihat di aplikasi, saya akan ditagih sebesar Rp34 juta. Saya sudah bilang ke CS, saya tidak merasa mampu mengembalikan dana sebesar itu.

Saya akan adukan ini ke pihak OJK, jika masih tidak ada solusi untuk pembatalan dari pihak Amarbank. Terima kasih.

Ristianto Nugroho
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Tunaiku atas Surat Bapak Ristianto Nugroho

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Bapak Ristianto Nugroho sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Bapak Ristianto Nugroho...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Lembaga cuma kedok yg mengaku menaungi konsumen, nyata nya di lapangan pas ada seperti kejadian ini angkat tangan. Semua sistem pasti ada BUG nya mustahil kalau nggak ada

  • Kalau memang menolak dana nya tapi ga bisa, coba blokir dulu akun bank nya. Jadi duit nya ga akan bisa masuk. Lumayan ngasih waktu buat konsumen untuk komplen

  • Alhamdulillah saya sudah lepas dari jerat pinjol, selama 3 tahun saya pinjol, kesana, buat nutup pinjol yg ini yg itu, akhirnya lepas juga, klo saya langsung tutup akun, dan di screenshot, tutup akunya, biar ga di salah gunakan.

  • Saya juga pinjam di tunaiku6 jt, tagihan 1,4 jt per bulan tenor 6 bulan.
    cicilan pertama saya lancar, masuk ke cicilan ke 2, saya telat bayar 3 hari (posisi waktu itu hari sabtu, minggu, senin). senin saya sudah di call puluhan kali dalam sehari, tidak saya angkat karena memang dana saya masih kurang utk bayar tagihan. selasa dia sudah hubungi nomor hp admin kantor tempat saya kerja, yang mana nomor itu tidak pernah saya cantumkan baik sebagai nomor kontak darurat maupun nomor kantor.
    jujur saya sangat kecewa dengan cara mereka, kok ya bar bar sekali. itu hitungannya saya baru telat 2 hari, kok sudah hubungi nomor diluar kontak darurat (mungkin dia comot di maps karena kantor saya ada di gmaps)