Menunggu Pencairan Asuransi Jiwa BNI Life

Ayah saya meninggal pada tanggal 16 Oktober 2022 di Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi. Lalu dokumen untuk pengajuan klaim dinyatakan lengkap dan disubmit ke BNI Life pada tanggal 3 November 2022.

Saya dihubungi oleh salah seorang staff karyawan BNI Life, sampai sekarang masih keep in touch sama dia karena saya sering menanyakan update atau progress terkait klaim asuransi almarhum ayah saya.

Selama kurun waktu Oktober 2022 sampai November Akhir 2022 beberapa kali saya mendapat notifikasi SMS dari BNI Life bahwa pengajuan belum dapat diproses. Saya tanyakan dan follow up ke petugasnya yang tadi, kemudian saya diminta melengkapi apa yang menurut mereka masih kurang.

Dari sisi saya selaku keluarga, semua dokumen dan persyaratan sudah dilakukan dan dilengkapi. Sehingga pada 1 Desember 2022 saya menerima surat (skrinsut terlampir) bahwa pengajuan sedang diproses selama 60 hari.

Namun beberapa hari yang lalu saya mendapat SMS notifikasi dari BNI Life pada tanggal 9 Januari 2023 bahwa pengajuan klaim asuransi almarhum bapak saya tidak dapat diproses dan dibayarkan???? Saya sangat bingung dan sampai saat ini pun belum ada kabar lagi.

SMS notifikasi dari BNI Life

Kenapa bisa seperti ini? Pun saya sudah follow up ke karyawan BNI life yang tadi bahwa beliau pun sudah bantu follow up ke pusat namun memang belum ada tanggapan.

Mohon bantuannya karena saya sudah sangat kebingungan harus bertanya kemana lagi dan kenapa tidak bisa dibayarkan karena mengingat BNI Life ini adalah perusahaan besar saya yakin.

Siti Nurjanah
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:24    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan BNI Life Atas Surat Ibu Siti Nurjanah

Yth. Ibu Siti Nurjanah, Sehubungan dengan pemberitaan Ibu Siti Nurjanah selaku anak dari Bapak Pahruroji di mediakonsumen.com pada tanggal 16...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Menunggu Pencairan Asuransi Jiwa BNI Life

    • 17 Januari 2023 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Saya pun merasa heran kenapa diakhir malah “tidak dapat diproses dan dibayarkan” ? disaat semua dokumen sudah lengkap dan benar juga seluruh persyaratannya sudah dilengkapi.

      4
      2
  • 17 Januari 2023 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Asuransi tu bikin susah hidup aja…ngerepot2in…mending lg hidup banyakin sedekah buat asuransi di akhirat…

    11
    1
    • 17 Januari 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Saya hanya mau hak almarhum ayah saya diperoleh karena ibu saya masih ada dan adik saya masih sekolah. itu saja kak. saya pun sudah pusing dari awal mengikuti persyaratan pengajuan klaimnya tapi saya tetap lakukan dengan harapan hak almarhum ayah saya bisa dibayarkan oleh BNI LIFE

      5
      2
      • 17 Januari 2023 - (14:31 WIB)
        Permalink

        Tanyakan alasan nya sama asuransi BNI monyet itu. ( gak bisa ucuk ucuk gak bisa di bayarkan begitu saja.) apa ada wan prestasi. Premi yg gak di bayar. Suruh jawab sama BNI nya.

        3
        1
  • 17 Januari 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Ndak usah berurusan dengan yg namanya asuransi dari manapun itu, penawaran muuuuuanis melebihi manisnya gula, begitu dibutuhkan seribu alasan diberikan dari pihak asuransi, ujung²nya zonk dana tidak bisa cair.
    entah disengaja atau tidak seperti itu biar dana tidak bisa cair. Karena banyaknya kasus klaim asuransi yg ujung nya gagal klaim

    • 17 Januari 2023 - (11:02 WIB)
      Permalink

      menyedihkan tp memang faktanya tidak mudah untuk mengurus klaim asuransi ini.

      4
      1
      • 20 Januari 2023 - (15:44 WIB)
        Permalink

        bawa media aja kak. kekantor pusat nya setelah 60 hari yg di janjikan. klu asuransi produsen minta maaf doank mereka.

  • 17 Januari 2023 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Klu melihat kronologinya, kok sptnya asuransi yg di klaim tdk tercatat data2nya di kantor BNI life, bisa jadi dana yg selama ini disetorkan disalahgunakan oknum tertentu & mungkin oknum tab sdh tdk lg bekerja disana dan yg bertanggungjawab sdh tdk lg bekerja disana. Nah penggantinya ini yg tdk mau jujur menjelaskan duduk permasalahannya sehingga berkas2 yg sdh lengkap pun dicari2 alasan agar mrk bisa menunda dan tdk perlu membayarkan klaim tersebut krn sdh terlalu banyak jg dana premi yg dibayarkan disalahgunakan oknum & tdk tercatat dlm data base sebab aduransi ini bekerjasama dgn bank pemerintah atau anak usaha dr bank pemerintah. Saya sekeluarga sdh sejak dulu anti dengan asuransi. Kita capek2 bayar premi, ujung2nya spt kasih sumbangan cuma2 saja.

    • 17 Januari 2023 - (15:04 WIB)
      Permalink

      mudah mudahan apa yang menjadi hak alm. ayah saya bisa ditunaikan oleh pihak BNI Life.

      3
      1
  • 17 Januari 2023 - (17:05 WIB)
    Permalink

    hal yang sama terjati sama kqmi bu nur. ade saya meninggal 1 sep 2022 sampai dengan saat ini claim ass jiwa tdk kunjung dibayarkan sampai kami mengajukan keberatan atas putusan BNI Life, dan sampai hari ini pihaknya masih meminta perpanjangan waktu. saya ga habis pikir semua document lengkap pun tdk menjamin ass dibayar. kalo memang membayar premi susah kenapa harus memudahkan syarat pembuatan assuransi dulu. tak semanis penawaran saat buka polis.

    • 17 Januari 2023 - (17:57 WIB)
      Permalink

      Waduh selisih sebulanan saja dengan pengajuan klaim asuransi jiwa alm. ayah saya ya Pak.
      sampai sekarang pun masih belum ada feedback dari pihak BNI Life nya Pak ke Bapak?
      Semoga segera ada kejelasan dari pihak BNI Life
      Tidak sekedar mengulur2 waktu dengan dalih meminta perpanjangan waktu

  • 17 Januari 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah asuransi…klo debet iuran aja cepet,, giliran di claim ada aja alasan ini itu… sungguh miris,

  • 18 Januari 2023 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Coba cek data di polis dengan data aktual (KTP, KK dll), apakah sama atau sedikit berbeda. Karena saya pernah alami kejadian adanya sedikit perbedaan data antara polis dan ktp sewaktu saya terima polis BNI Life. Waktu itu saya udah komplain, tapi tidak ditanggapi. Setelah 5-6 bulan berjalan, saya mengajukan penghentian asuransi, karena pihak BNI Life tidak menanggapi komplain saya. Dana dikembalikan, tapi ga utuh (ada potongan). Buat saya, ini lebih baik daripada ga bisa klaim asuransi hanya karena sedikit perbedaan data

  • 18 Januari 2023 - (07:28 WIB)
    Permalink

    Saran saya minta pertemuan dgn pihak asuransi nya, ditanya kenapa alasannya di tolak. Lalu bawa polis asuransi Alm. Karena yg ada di polis biasanya ada syarat dan ketentuan berlaku. Tetangga sy suaminya meninggal cair 100jt (mmg butuh kesabaran dalam jangka waktu 4bulan) yang penting harus gesit kita nya.

  • 18 Januari 2023 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Dulu sy pernah menyebutkan asuransi yang sebaiknya jangan diambil.. klo melihat surat surat yang masuk sebaiknya asuransi dr perusahaan manapun jangan diambil.. parah, asuransi lebih mirip penipuan skrg, skema ponzi.. tarik premi, pencairan tar sok tar sok.. mending nabung, duit di tgn cair kapan saja. Minimal BPJS aja lah asuransi mah

  • 18 Januari 2023 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Kejar terus mba..itu hak anda. Persyaratan sudah dilengkapi apa lagi yang kurang. Akal akalan aja itu ASU-ransi tolak bayar UP. Makanya banyak yang sudah ga percaya sama ASU-ransi. Manis di awal doank, giliran mau klaim dipersulit 😡

  • 18 Januari 2023 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Wah nih kasusnya datanya blm d proses, soalnya data yg d proses aja banyak antrian pencairan.. semenjak covid 19 asuransi bnyak claim itu pun sampai saat nh blm cair

  • 18 Januari 2023 - (10:33 WIB)
    Permalink

    BNI life amit2 kasus asuransi kemarin yg calon katanya korona masuk epidemic , emang monyet! Spa yg mau meninggal karena korona , pokonya bayar hak nasabah BNI ,/ BNI life!!!!! Somasi aja sekalian tuh sama agen2 penipu

    • 19 Januari 2023 - (01:44 WIB)
      Permalink

      Kasusnya sama tmn ku… Dn ketika cair 4 tahun perbulan 5rts rb cair cuma 16 JT an…. 2 blm br cair kalau GK di tanya 2..

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Menunggu Pencairan Asuransi Jiwa BNI Life

oleh Siti dibaca dalam: 1 menit
23