Kecewa dengan Pelayanan Apple Authorized Service Provider di iBox @ Menteng Central

Selamat sore,

Pertama saya ucapkan terima kasih kepada rekan redaksi Media Konsumen yang telah memberikan fasilitas untuk menyampaikan keluhan dari pelanggan/konsumen.

Kedua saya sampaikan kronologi atas judul artikel saya mengenai kekecewaan atas pelayanan Apple Authorized Service Provider di iBox Menteng Central. Saya tidak akan menyampaikan hal yang berkaitan dengan teknis perangkat secara detail. Singkat cerita, unit iPhone 6 Plus saya memerlukan perbaikan karena berdasarkan sistem/software baterai perlu diganti (saya ingin ganti unit baterai).

Kemudian saya coba cek di halaman website resmi, bahwa unit dapat diperbaiki di iBox @ Menteng Central (screenshot terlampir). Tanggal 23 Januari 2023, saya berkunjung ke alamat tersebut. Setelah sampai di alamat Apple Authorized Service Provider, tidak ada kendala pada layanan Customer Service. Mereka melayani dengan baik (registrasi, antrean dan lainnya).

Saat saya selesai registrasi, kemudian tiba giliran antrean saya. Saya menyerahkan unit iPhone 6 Plus kepada staf Apple Authorized Service Provider di iBox @ Menteng Central. Setelah dilakukan pengecekan fisik, diagnosa perangkat dan lainnya, mereka menyampaikan bahwa unit iPhone 6 Plus saya dapat diperbaiki di sana, karena memenuhi syarat dan ketentuan layanan. FYI: Ketentuan layanan handphone belum pernah diperbaiki di Service Provider tidak resmi.

Saat serah terima unit untuk perbaikan staf Apple Authorized Service Provider menyampaikan bahwa ada 2 (dua) tipe perbaikan ganti baterai “Tunggu maksimal 14 hari kerja” biaya Rp1.000.000 atau “Sameday” sekitar Rp1.3**.***. Saya mempertimbangkan untuk mengambil opsi “Tunggu maksimal 14 hari kerja” biaya Rp1.000.000 (biaya sudah saya bayar dan bukti terlampir). Tim/staf Apple Authorized Service Provider menyampaikan bahwa baterai iPhone 6 Plus saat itu tersedia meskipun unit “Vintage” (bahkan ada opsi “sameday”).

Singkat cerita, setelah saya menyerahkan perangkat untuk diperbaiki dan membayar sesuai kesepakatan, kemudian saya dikabari pada hari yang sama bahwa perangkat saya tidak dapat dilanjutkan perbaikannya, karena “Kategori Vintage“. Alasannya,  masalahnya tidak bisa diorder part dari sistem Apple-nya, karena unitnya sudah vintage.

Saya sangat paham bahwa adalah benar iPhone 6 Plus merupakan “Kategori Vintage“, yang artinya ketersediaan part/suku cadang akan sangat terbatas. Terus terang saya kecewa, karena sebelumnya saat akan serah terima unit untuk diperbaiki ada opsi “Sameday” yang mana dapat diperbaiki pada hari yang sama. Rasa kecewa saya bertambah jadi semakin kecewa, yang mana saya diminta untuk mengambil unit pada hari yang sama, maksimal jam 18.00 WIB. Saya juga kan punya kehidupan/agenda sendiri.

Ketiga/terakhir, saya tidak mengharapkan kompensasi apa pun. Yang saya harapkan adalah tolong Apple Authorized Service Provider di mana pun dapat memberikan pelayanan dengan serius. Kalau kalian seperti ini sangat tidak professional. Yang mana saya sudah bayar, katanya part-nya ada, sudah tanda tangan, yang artinya kedua pihak sama-sama setuju. Ini malah terkesan gak serius dan kalau bisa tolong unit saya diperbaiki sesuai kendalanya, karena masih sisa 14 hari kerja lagi.

Demikian surat yang saya tulis kepada Apple Authorized Service Provider di iBox @ Menteng Central. Saya ucapkan terima kasih kepada rekan redaksi Media Konsumen yang telah memuat artikel saya.

Eko Budi Harto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai iBox:
[Total:59    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Apple Authorized Service Provider di iBox @ Menteng Central

  • 25 Januari 2023 - (16:42 WIB)
    Permalink

    ini sih lebih ke arah kinerja karyawan yg tidak bagus ya. blm cek stok tp sudah menganggap part nya ada. kalo kata anak sekarang, “sotoy” alias sok tau. Malah bikin repot konsumen. Sy pernah mengalami kejadian ky gini, tp beda kasus.

    12
    1
    • 25 Januari 2023 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Thanks Kak telah membaca keluhan saya. Iya kak, kalau pelayanannya sih tertib. Nah yang saya gak abis pikir adalah kenapa “dengan mantap” bilang part nya tersedia untuk perangkat vintage saya. Saya paham kalau opsi “tunggu 14 hari” atau “Sameday” lebih kearah gimmick. Nah benar, ujung-ujungnya kalo gini konsumen yang direpotkan.

      • 26 Januari 2023 - (04:39 WIB)
        Permalink

        Saya sdh 3-4 kali help customer ganti batt iphone5, 6, 6 plus tapi dulu yg pertama 2018 di apple qcd resmi mangga2 seharga 600rb, yg ke 2 tahun 2019-2020 di ambassador, bukan resm tapi certified batt 6 plus sktr 255, psg 125.
        Saat baca komplain bpk ttg iphone 6 plus di tahun 2023 maka saya ragu apakah masih ada part nya . Jadi walau sdh bayar tapi cancel memang sangat menyebalkan tapi itu juga sering saya alami di dunia parts komputer/smartphone. Let it go Pak. Saya sering ga sekali dua kali sdh bayar parts tau tau kosong/discontinue/tidak diproduksi. It happens. You have to live with it. Artinya Apple mau konsumen ganti ke latest.

        • 26 Januari 2023 - (13:58 WIB)
          Permalink

          Iya Pak Henry, Kata iBoxnya udah di void tagihannya (saya cek belum masuk di m-banking) tapi bukti voidnya belum ada. takutnya pas diambil barangnya tagihan masuk terus saya g dapet apa2.

          • 26 Januari 2023 - (14:27 WIB)
            Permalink

            Oic jd blm dapat refund?

    • 27 Januari 2023 - (08:38 WIB)
      Permalink

      iya tepat sekali untuk koment diatas mas,perihal Karyawan/ teknisi/CS yg kurang jujur dan serius,hp saya ip 13 masih gress dan saat baru beli 4 bulan mengalami kendala sistem softwer Beta,,jadi layar mati,masih wangi harganya jg,,masih panjang garansi perangkat,,dan layar jg saya beli jaminan iprotek,,begitu servis di iBOx Menteng,,
      Saya cek healty battery condition di rumah,eh malah sudah turun menjadi 98 %,,ini bateray iPhone 13 saya ditukar atau apa ini?,,non sence banget dong.. tolong ya Service Center iBOX Menteng mohon di tinjau/ di cek karyawan/ teknisi yg kurang jujur,kalau budaya seperti ini dipupuk,saya yakin profider Apple dan Group Erajaya bakal gk laku alias merosot penjualan smartphone nya..trimakasih untuk yg sudah menerbitkan berita ini🙏

      • 27 Januari 2023 - (21:22 WIB)
        Permalink

        Ok Mas, baru saja Customer Service perwakilan Erajaya Grup menghubungi saya via telepon dan email. Kalau kendalanya seperti itu mungkin bisa dicoba dimuat artikel baru supaya segera ditanggapi dengan melampirkan bukti yang valid. Tadi saya datang lagi ke AASP menteng, CS frontline nya malah bilang “CS yang kemarin CS baru Pak” lebih kurang gitu ucapnya. dan tadi ada juga yang perbaikan di sebelah saya. sudah nunggu lama dan sepertinya pulang dengan tangan kosong “diminta menunggu lagi”.

  • 25 Januari 2023 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Dari pihak prinsipalnya sdh obsolete kenapa AASP iBox bilang ada dan ditawarin opsi pula? harusnya dari awal nolak bahwa part itu sdh tidak ada lagi.

    Wes pak @Eko, pake pihak ketiga dengan garansi 1 tahun saja. Saya sebut merek dah.. Hippo !
    Baterainya ganti sendiri aja, pak. Gampang itu, tutorialnya ada disini:
    https://www.youtube.com/watch?v=9caJBrMa61k
    https://www.youtube.com/watch?v=W7XlWr8OhGU
    https://www.youtube.com/watch?v=MfzUHww8OA4

    Jangan berharap banyak dengan baterai embel-embel ori nya si Apple. Percuma, yang pasti didapatkan barang KW dilabel ori. Soalnya emang itu baterai udah ga dijual resmi lagi. Peredarannya sudah disetop. Yang beredar banyak itu baterai pihak ketiga (after market)

    Atau kalau ga ada waktu banyak, bapak beli sendiri baterainya, kemudian cari tukang service suruh gantiin didepan bapak. Yang pro itu dibawah 5 menit kelar, pak. Paling mahal 100rb.

    Kalau dihitung2, rinciannya begini:
    Baterai = Rp. 170,000
    Alat buka hp iPhone set lengkap = 55-75rb (jika ganti sendiri)
    Jasa tukang service = 100,000 (paling mahal)

    Demikian saran saya

    • 25 Januari 2023 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Thanks Pak sudah menyempatkan membaca artikel saya. Saya apresiasi untuk saran/masukannya, saya harap Tim Apple Authorized Service Provider membaca keluhan saya, jika tidak saya coba opsi alternatifnya.

  • 25 Januari 2023 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Mahal amat ganti batre 1 juta, di counter batre merek bagus ajah paling 200 , nambah 800 bisa dapat iPhone second yg 6 plus

    • 25 Januari 2023 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Iya Kak, apalagi saya ditawarin opsi “14 hari kerja” padahal opsi “Sameday” juga ada, lebih ke arah gimmick sih. yah pengen cepet tambah mahal, nunggu lamaan dikit masih relatif mahal juga. hehe

    • 25 Januari 2023 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Thanks Pak sudah menyempatkan membaca artikel saya. Saya apresiasi untuk saran/masukannya.

      1
      1
  • 25 Januari 2023 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Gan 1.3 jt sameday, kalau buat beli battery double power, alat buka, lem, seal anti air sisa masih banyak, ganti sendiri saja, battery banyak di Toped, kualitas ok.

    • 25 Januari 2023 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Saya apresiasi untuk saran/masukannya. yang saya gak abis pikir adalah kenapa “dengan mantap” bilang part nya tersedia untuk perangkat vintage saya. Saya ditawarin opsi “14 hari kerja” padahal opsi “Sameday” juga ada, lebih ke arah gimmick sih. yah pengen cepet tambah mahal, nunggu lamaan dikit masih relatif mahal juga. hehe

    • 25 Januari 2023 - (20:48 WIB)
      Permalink

      Setuju dengan saran2 yg ada disini. Mending dibawa ke tukang servis di mall2 tapi yg kerjanya bs dilihat (takut part2 nya dituker).

      • 26 Januari 2023 - (13:52 WIB)
        Permalink

        Iya Pak, Katanya udah di void. gak tau bener apa enggak cuma ngetik aja di WA saya cek di mutasi m-Banking belum masuk dananya. (setidaknya dikirim bukti voidnya)

      • 27 Januari 2023 - (21:08 WIB)
        Permalink

        thanks pak Lukas untuk supportnya. baru saja Customer Service perwakilan Erajaya Grup menghubungi saya via telepon dan email. Saya harap masalah ini terselesaikan dan harapan saya tidak terulang pada konsumen-konsumen setelahnya (terutama layanan aftersales) sehingga tidak semata mementingkan penjualan unit baru saja.

    • 26 Januari 2023 - (23:49 WIB)
      Permalink

      Harusnya kembali mas. kebangetan kalo dipotong admin. udah repot, gak jelas, rugi waktu rugi transport. hadeeh

  • 26 Januari 2023 - (21:19 WIB)
    Permalink

    AASP di kita emang begitu bener2 gak sesuai standar apple. Jangankan device mas yang sudah “vintage”, sekarang aja lagi rame kasus 14PM yang dibeli baru 2hari udah kena blokir sinyal. Padahal beli di store resmi. Dan ketika di bawa ke AASP. Harus nunggu sekian hari dan akan di ganti part bukan di ganti unit 😂. Jelas2 baru 2 hari semenjak pembelian. Masa harus di servis? Memang lucu AASP dikonoha ini mas 🤭

    • 27 Januari 2023 - (00:02 WIB)
      Permalink

      Iya mas, giliran penjualan device baru gercep mereka. Diluar pelayanan AASP yang masih yah begitulah. Saya sebenernya sangat ingin ganti device nah akan tetapi dari iPhone X ke iPhone 14 (selain 14 pro max yang agak mendingan juga karena yg ini mahal) itu ada “Notch” saya kurang suka desainnya.

  • 27 Januari 2023 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Meskipun Iphone Aple itu lebih trend gue ttp pilih android samsung. Karena alsan itu tadi Iphone cepat rusak dan Spart nya susah di dapat.

    • 27 Januari 2023 - (21:09 WIB)
      Permalink

      Lah kok iPhone cepet rusak? Itu iPhone milik penulis udh keluaran lama (2014 klo gk salah) baru skrg butuh perbaikan. Gue pernah punya Samsung note 9 & s20 gk sampe 2 taon udeh harus ganti layar krn green line & pink line, padahal hanya krn update. Cari tau brpa harga ganti layar di samsung resmi.

    • 27 Januari 2023 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Terimakasih pak Munzir untuk tanggapannya, baru saja Customer Service perwakilan Erajaya Grup menghubungi saya via telepon dan email. Saya apresiasi Customer Service perwakilan Erajaya Grup yang telah membaca keluhan ini.

 Apa Komentar Anda mengenai iBox?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Apple Authorized Service Provider di iBox @ Me…

oleh Eko dibaca dalam: 2 menit
29