Surat Pembaca

Salah Input Nominal, Flip Ogah Kembalikan Dana Konsumen

Halo,

Perkenalkan saya Falah. Ini kali kedua saya menulis keluhan di mediakonsumen. sebelumnya saya pernah menulis kendala yang hampir mirip tapi di akun kre***o namun kali ini saya kena masalah lagi dengan akun Flip ID.

Rabu, 25 Januari 2023 saya hendak top up gopay sejumlah Rp 250.000 dan mendapat nominal trf dengan kode unik Rp 250.114 namun saya salah transfer dengan nominal Rp 200.114. Kemudian saya sudah chat cs live chat di aplikasinya namun slow respond walau tetap dibalas. CS live chat info silakan ajukan refund. Oke saya ajukan refund agar dana saya yang salah trf tersebut kembali namun diinfo mereka akan cek terlebih dahulu dan diinfo pengembalian dana butuh waktu normal paling cepat 1-3 jam. Oke saya ajukan dan diproses.

Namun karena 1-3 jam adalah waktu tunggu yang lama sedangkan saya butuh dana di gopay cepat, saya top up lagi gopay saya di Flip ID sejumlah Rp 250.001 dan mendapat nominal transfer dengan kode unik Rp 250.118. Dan transaksi kedua ini berhasil. Dana di rekening terpotong dan saldo gopay juga sudah masuk (clear urusan top up kedua)

Setelah 1 jam berlalu dari pengajuan refund salah nominal top up yang pertama, aplikasi saya mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan saya ditolak dengan dalih “Maaf, permintaan refund kamu tidak bisa diproses karena bukti transfer sidah digunakan untuk transaksi lain”. 3 kali saya coba tetap ditolak sehingga saya email kembali CS Flip ID.

Saya dilayani oleh CS atas nama Cahyo. CS meminta saya untuk refund di aplikasi dan saya info refund saya ditolak. Saya juga lampirkan bukti penolakan diaplikasi dan mutasi rekening saya yang terpotong. Setelah itu si Cahyo ini balas email saya dengan balasan yang tidak enak dibaca seakan lepas tangan dengan dalih ini kelalaian saya semata.

Saya akui saya lalai karna salah transfer tapi seharusnya mereka bisa cek di sistemnya karena saya sudah lampirkan bukti mutasi rekening 2x transfer dan riwayat transaksi flip yang mana yang berhasil hanya 1x dan 1x gagal kemudian pengajuan refund 3x juga ditolak.

Berikut saya lampirkan bukti-bukti pendukungnya.

Sekiranya ada pembaca yang mengalami kendala serupa dengan saya mohon info:

  1. Apakah dana kembali?
  2. Berapa lama waktu tunggu sampai dana kembali? (Jika kembali)
  3. Jika tidak kembali apa alasan pihak Flip kekeuh tidak mengembalikan dana padahal bukti2 lengkap semua
  4. Bagaimana upaya agar dana bisa kembali?
  5. Melalui proses apa agar dana segera kembali?

Terima kasih.

Best Regards,

Nurul Falah
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dear All, refund saya sudah dikembalikan flip dan case closed. untuk flip thanks untuk kerjasamanya. sangat gercep

    untuk yg support dan memberikan saran yg membangun agar lebih hati2 atau lbh aman lgsg dr banking juga terima kasih banyak.

    untuk yang senang melihat org susah semoga urusanmu dipermudah terus sama tuhan ya agar hidupmu lebih bahagia daripada sekadar nyukurin org susah?

  • Dr yg saya liat itu mutasi rekening bukan spesifik bukti trf pak. Dan Coba ss bukti trf nya ada di inbox transfer pak. Kalau bukti sdh sesuai walau jutaan pasti balik sy pengguna lama flip kok selalu aman.

  • Assalamualaikum ibu Nurul, saya Annisa Jannatul Firdaus, Mahasiswi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Selaras dengan informasi yang saya dapatkan dari website https://www.mediakonsumen.com perihal keluhan yang anda publish mengenai permasalahan yang anda alami ketika menggunakan aplikasi Flip, saya tertarik untuk mengangangkat problem anda menjadi penelitian dalam tugas Akhir saya (Skripsi). Hal ini saya gagas berdasarkan pertimbangan bahwa problem atau kasus anda dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi konsumen lainnya agar tidak terjadi hal yang merugikan konsumen dengan kasus yang sama dikemudian hari.

    Apabila anda berkenan, mohon respon pesan saya dengan membalas komentar ini atau bisa menghubungi DM di Instagram @Annisa_can 17, sebagai bentuk persetujuan anda sebagai narasumber utama, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan Terima kasih

    Annisa Jannatul Firdaus