Surat Pembaca

Pengajuan Restrukturisasi Tagihan SPinjam di Aplikasi Shopee

Saya pengguna Shopee SPinjam sejak 2020, dan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Hanya saja pada tahun 2022 lalu, saya tertipu oleh rekan saya dengan modus aset kripto, sehingga saya mengalami kolaps keuangan. Ditambah dengan penghasilan saya dari berjualan berkurang, sehingga saya tidak bisa menyelesaikan beberapa tagihan-tagihan saya.

Maksud dari pengiriman surat ini adalah, saya mengajukan permohonan restrukturisasi nominal dan tenor tagihan SPinjam saya di aplikasi Shopee saya, agar saya tetap bisa melunasi dan melanjutkan pekerjaan dan sampingan berjualan saya di setiap bulannya. Saya mampu membayar setiap bulannya dengan nominal Rp1 juta per bulan. Untuk tenor silakan disesuaikan oleh tim SPinjam. Saya sudah mengajukan di Pusat Bantuan Shopee, hanya saja di-reject dengan alasan tidak ada program restrukturisasi.

Besar harapan Saya agar restrukturisasi ini dikabulkan, karena saya masih berusaha menyelesaikan hutang yang telah saya buat (bertanggung jawab). Demikian pengajuan ini saya buat, semoga tim Shopee berkenan membantu saya selaku member dan customer sejak 2018.

Junaedi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ini cair tanggal 8 Februari 3 hari yg lalu baru kemarin banget trus langsung minta keringanan. Pasti gali lubang tutup lubang ya, pembayaran bulan ini aja gali lubang tutup lubang kenapa harus janji 1.000.000/bln. Kalau g sanggup ywd terima aja konsekuensi di teror sembari cari uang buat bayar,itu bisa di cicil di aplikasi tinggal edit nominal. G usah janji ke DC yg kita sndri susah nepati ntar malah di kejar trus

    • Buat teman2 yg blm terjebak dgn pinjol dan kripto atau sejenisnya, jgn mudah tergiur diawal, kita tdk tau kedepan kondisi gmn, hidup sederhana saja, dan untuk ts semoga dpt jln keluar yg terbaik ?

      • betul bos. saya sendiri pernah lihat di discord, ada orang yang rugi 725,000 dollar dalam waktu kurang dari seminggu gara2 kripto. itu kalau rupiah berapa miliar ya?

  • Di cicil aja tiap hari minimal 20 ribu itu cukup membantu dalam arti ada kegiatan di sistem masuk pembayaran

  • Kalo saran saya sih, tunda pembayaran dulu aja alias gagal bayar dulu. Dalam artian tidak mau bayar ya. Namun pengertian gagal bayar disini itu menjelaskan bahwa kondisi kita saat ini yg memang lagi blm sanggup bayar. Jangan sampai memaksakan utk bisa segera membayar dgn cara gali lubang tutup lubang, menggadaikan bpkb/sertifikat aset lainnya apalagi sampai melakukan perbuatan melanggar hukum lainnya.
    Biarlah utk sementara di teror oleh desc coll maupun dikunjungi debt collector, kalo memang kondisi blm ada uang mau gimana lagi?
    Toh hutang piutang itu masuk ranah hukum perdata, tidak ada org yg akan dipernjara atas putusan hakim apabila tidak mampu menjalankan kewajibannya dalam membayar hutang. Kalaupun kita digugat ke pengadilan perdata ya silahkan ikuti saja, karna sampai sekarang belum ada 1 pun nasabah pinjol yg gagal bayar sampai ke persidangan perdata. Fokus saja dulu mengumpulkan uang, kalau sudah punya uang datangi saja kantornya dan minta keringanan bayar pokoknya saja.

    • Iya bener ka
      Kalo Spinjam dan Spaylater kan OJK
      Memang ada denda keterlambatan
      Tapi dalam bbrp waktu tertentu jika qt memang galbay maka sistem automatis akan restrukturisasi
      Artinya hutang itu akan menjadi hutang mati alias bunga sudah tidak berjalan
      Dan nominal cicilan nya pun bisa di sesuaikan dengan kemampuan qt
      Sy memaklumi kenapa penulis mengangkatnya ke MK pastinya sudah berusaha untuk chat shopee atau pihak terkait,namun memang tidak membantu
      Jadi sering cek berkala aja di sistem aplikasi nya apakah sudah di restrukturisasi atau belum

      • Aturan POJK bunga mapun denda tidak boleh melebihi dari total pinjaman pokoknya. Misal pinjaman pokoknya 10jt, maka total keseluruhan yg jadi tagihan adalah mentok 20jt.

      • Galbay in aja lah pak...mumett abis itu apus aplikasinya. Resiko nya paling di tagih DC sama masuk SLIK...drpd stress.. wkwkk

  • Haduh berani sekali, padahal setiap investment app pasti selalu ngasih saran untuk menggunakan uang dingin, jangan pinjaman.. Apalagi pinjol, karena pinjol bunga nya ga nahan.. Spinjam itu gede banget loh.. Pernah cek minjam 1jt bunga kalo 12bulan bayarnya jadi 1.478.000 hampit 50%.. Ga minjem cuma cek.. Sy berdoa semoga masalahnya bs cepet selesai karena penulis juga msh punya itikad baik menyelesaikan. Hanya saja mgkn salurannya agak kurang nyambung klo ke mediakonsumen.. Karena restrukturisasi itu hak sepenuhnya shopee.. Jd komentar pembaca sepenuhnya ga ada pengaruh. Dan FYI klo restrukturisasi disetujui akan sulit melakukan pinjaman dimanapun.

    • Saya juga salah satu pengguna shopee pay later dan selama ini selalu berusaha membayar cicilan tepat waktu, pay later saya gunakan utk belanja bahan utk berjualan, dikarenakan suami saya sakit keras sehingga di pecat dari kerjaan nya,saya terpaksa pake shopee pay later selama bertahun tahun...namun saat ini saya tidak mampu lagi membayar cicilan sebesar 3 JT per bulan, saya mengajukan keringanan pada shopee tp tidak ada tanggapan
      Saya ingin tanya kepada bapak ibu di forum ini, apa yg harus saya lakukan
      Jual aset? Saya GK punya aset apapun Krn tabungan terkuras uti biaya rumah sakit almarhum suami saya

  • Restrukturasi itu nambah biaya lagi saya sering ditawari diakulaku kalau sudah mau bayar tagihan

  • Saya ada limit ginian 4,6jt di shopee tidak pernah saya pinjam, bunganya ngeri cuk gede sekali...

  • Saya ikutan spinjam cuma gara2 dpt saldo sopipay
    Yg dri awal dpt limit 3 jt dan anehnya saya gag pernah pakai tpi limitnya malah nambah terus hingga skrng limitnya 15jt
    Padahal bunganya 3,95 % lo... Termasuk tinggi bgt...
    Mau galbay atau mau bayar... Harus siapin mental anda

  • dikabulkan tidak nya permohonan restruk tergantung kebijakan masing2 kreditur,jd debitur tdk bs memaksakan kehendak.
    coba dikejar trs shopee nya mudah2an ada solusi lain

    • Turut berduka, solusi terbaik mungkin dengan cara menjual aset kalu ada aset atau mungkin beruding dengan keluara mungkin bisa bantu. Terkait crypto sebaiknya baca-baca dulu lebih dalam sebelum bertindak maaf bukan menggurui ya aku pun sebenarnya takut meminjam minjam apalagi tenor lama. Crypto jangan pernah pakai duit dapur sama pula dengan main saham juga begitu.