Pengajuan Restrukturisasi Tagihan SPinjam di Aplikasi Shopee

Saya pengguna Shopee SPinjam sejak 2020, dan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Hanya saja pada tahun 2022 lalu, saya tertipu oleh rekan saya dengan modus aset kripto, sehingga saya mengalami kolaps keuangan. Ditambah dengan penghasilan saya dari berjualan berkurang, sehingga saya tidak bisa menyelesaikan beberapa tagihan-tagihan saya.

Maksud dari pengiriman surat ini adalah, saya mengajukan permohonan restrukturisasi nominal dan tenor tagihan SPinjam saya di aplikasi Shopee saya, agar saya tetap bisa melunasi dan melanjutkan pekerjaan dan sampingan berjualan saya di setiap bulannya. Saya mampu membayar setiap bulannya dengan nominal Rp1 juta per bulan. Untuk tenor silakan disesuaikan oleh tim SPinjam. Saya sudah mengajukan di Pusat Bantuan Shopee, hanya saja di-reject dengan alasan tidak ada program restrukturisasi.

Besar harapan Saya agar restrukturisasi ini dikabulkan, karena saya masih berusaha menyelesaikan hutang yang telah saya buat (bertanggung jawab). Demikian pengajuan ini saya buat, semoga tim Shopee berkenan membantu saya selaku member dan customer sejak 2018.

Junaedi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:52    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

39 komentar untuk “Pengajuan Restrukturisasi Tagihan SPinjam di Aplikasi Shopee

  • 10 Februari 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Bingung mau bicara apa, harusnya bukan curhat di MK tapi langsung dengan shopee kejar terus sampai berhasil, harusnya yang nulis di MK yang merasa ketidak adilan yang diterima sehingga meminta pendapat yang baca bagaimana solusi terhadap masalah tersebut.

    Ini kan solusinya sudah jelas minta keringanan ya tinggal kejar terus ke pihak shopee, disetujui atau ditolak tergantubg pihak shopee bukan tergantung pembaca

    23
    1
    • 11 Februari 2023 - (07:37 WIB)
      Permalink

      Restrukturisasi itu memberatkan bosku.
      Sama halnya gali lubang tutup lubang.

      Pinjaman di awal belum beres di Top up lagi dengan Nominal yang lebih besar di kurangi Hutang Awal + Bunga Awal = Bunuh diri

      Kalau sudah berat di awal kenapa harus nambah beban lagi logika nya kan sperti itu.

      Apalagi dengan kondisi perekonomian seperti saat ini ( stagflasi ) Phk Dimana mana – Banyak Perusaha an Gulung Tikar.

      Nama masuk Bi Ceking Sdh resiko
      High Risk High Return itulah bisnis semuanya Fluktuatif.
      Dari pada membebani diri di luar kapasitas.

      Perusaha an pinjol berani mengelontorkan banyak dana hanya modal KTP tanpa Cek Idep di BI ceking dan langsung cair hanya hitungan menit. Karena mereka di back up oleh asuransi ( mitigasi resiko )

      Kalau kalian semua Peka fenomena ini
      Sdh terjadi di amerika tahun 2008. Yg saat itu di sebut Krisis subpreme mortgage.

      Kalau ngk percaya Coba aja kalian seluruh indonesia Galbay.
      Pasti terjadi Panic Krisis Pinjol.
      Asuransi mana yang bisa back up kalau semua seluruh indonesia galbay.

      Jangan mau di bodohi sama kapitalis.
      Karena semua ini hanya permainan.

      Salam
      Akal sehat

      59
      1
      • 11 Februari 2023 - (17:42 WIB)
        Permalink

        @wahyu , Nah ini top komen.. sedikit banyak bisa mencerahkan .
        utk Ts semoga masalahnya bisa cepat teratasi,

        • 11 Februari 2023 - (20:51 WIB)
          Permalink

          Terima kasih kak @Helmi
          šŸ™šŸ™šŸ™šŸ™šŸ™

          Saya Hanya memberikan Informasi sepengetahuan saya saja perihal problem tsb.

      • 11 Februari 2023 - (20:21 WIB)
        Permalink

        Setau saya restrukturasi itu bukan top up tp pelunasan yg diperpanjang contoh tagihan bulan ini 1juta jika kita mnta restrukturasi 2 bulan maka kita akan kena biaya lagi ,tagihan 1 juta dibayar selama 2 bln plus bunganya nambah itu yg saya ketahui di akulaku

        • 11 Februari 2023 - (20:42 WIB)
          Permalink

          Terima kasih kak @Budi
          Komentar kakak juga benar bisa juga seperti itu – restrukturisasi management – meringankan beban debitur dengan menambah masa aktif pelunasan.

          Mohon maaf soallnya saya lupa
          menyampaikan kalau restrukturisasi itu banyak varian nya / bentuknya sesuai dengan kebutuhan masing masing debitur. ( Takut Kepanjangan ) šŸ˜‰

          1.Penurunan suku bunga kredit;
          2.Perpanjangan jangka waktu kredit;
          3.Pengurangan tunggakan bunga kredit;
          4.Pengurangan tunggakan pokok kredit;
          5.Penambahan fasilitas kredit; dan/atau.
          6.Konversi kredit menjadi Penyertaan Modal Sementara.

    • 11 Februari 2023 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Kalo sampai di tulis di MK berarti penulis sudah melakukan negoisiasi dengan pihak shopee namun tidak membantu
      Ga perlu bingung kalo hutang di aplikasi yg OJK pasti ada restrukturisasi
      Tinggal sering cek berkala saja sudah masuk apa belum
      Biasanya restrukturisasi akan ada setelah galbay dalam kurun waktu tertentu
      Paling harua kuatin mental ngadepin teror DC
      Nanti juga capek sendiri
      Hutang di aplikasi selesaikan di aplikasi

  • 10 Februari 2023 - (19:31 WIB)
    Permalink

    HIDUPLAH YANG NORMAL-NORMAL SAJA JANGAN MAU TERGIUR IMING-IMING KEUNTUNGAN INSTAN APALAGI TEMAN JAMAN SEKARANG SIFATNYA RAKUS SEMUA HATI-HATI

    8
    1
  • 10 Februari 2023 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Dg kesanggupan anda mencicil tiap bulan 1jt rupiah, dg nominal segitu anda bisa dapat pinjaman KUR 30jt. Apakah anda sudah pernah pinjam KUR?

    3
    3
  • 10 Februari 2023 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Rekstruktutisasi memang sudah gk ada.
    Program itu pas covid saja
    Yakin mau rekstruksisasi ?
    Bunga nya makin besar nanti

  • 10 Februari 2023 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Setahu saya program restrukturisasi sudah berakhir di tahun 2022 lalu. Itupun programnya hanya sebatas keringanan penundaan pembayaran (relaksasi kredit) bukan berarti programnya menghapus bunga atau biaya lain yang timbul.

    Soalnya saya pernah menanyakan program restrukturisasi dari salah satu bank dan dijelaskan bahwa program restrukturisasi bersifat pengajuan, tidak menghapus bunga dan biaya yang timbul akibat perpanjangan (relaksasi) kredit. Dan pihak penyedia jasa pinjaman juga berhak menganalisa apakah nasabah memenuhi kriteria atau tidak.

  • 10 Februari 2023 - (23:45 WIB)
    Permalink

    Wah uang limit pinjaman segitu besar buat apa ya cuman nanya? Apakah untuk yg produktif atau buat yg konsumtif hidup penuh style-nya

    1
    5
  • 10 Februari 2023 - (23:56 WIB)
    Permalink

    Perhitungan ts ngeri ngeri sedap, uang panas buat investasi/kripto, kalau gak mau lebih dalem keceburnya pilihannya jual aset

    7
    1
  • 11 Februari 2023 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Ini cair tanggal 8 Februari 3 hari yg lalu baru kemarin banget trus langsung minta keringanan. Pasti gali lubang tutup lubang ya, pembayaran bulan ini aja gali lubang tutup lubang kenapa harus janji 1.000.000/bln. Kalau g sanggup ywd terima aja konsekuensi di teror sembari cari uang buat bayar,itu bisa di cicil di aplikasi tinggal edit nominal. G usah janji ke DC yg kita sndri susah nepati ntar malah di kejar trus

    • 11 Februari 2023 - (18:22 WIB)
      Permalink

      Buat teman2 yg blm terjebak dgn pinjol dan kripto atau sejenisnya, jgn mudah tergiur diawal, kita tdk tau kedepan kondisi gmn, hidup sederhana saja, dan untuk ts semoga dpt jln keluar yg terbaik šŸ™

      • 12 Februari 2023 - (15:53 WIB)
        Permalink

        betul bos. saya sendiri pernah lihat di discord, ada orang yang rugi 725,000 dollar dalam waktu kurang dari seminggu gara2 kripto. itu kalau rupiah berapa miliar ya?

  • 11 Februari 2023 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Di cicil aja tiap hari minimal 20 ribu itu cukup membantu dalam arti ada kegiatan di sistem masuk pembayaran

  • 11 Februari 2023 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Kalo saran saya sih, tunda pembayaran dulu aja alias gagal bayar dulu. Dalam artian tidak mau bayar ya. Namun pengertian gagal bayar disini itu menjelaskan bahwa kondisi kita saat ini yg memang lagi blm sanggup bayar. Jangan sampai memaksakan utk bisa segera membayar dgn cara gali lubang tutup lubang, menggadaikan bpkb/sertifikat aset lainnya apalagi sampai melakukan perbuatan melanggar hukum lainnya.
    Biarlah utk sementara di teror oleh desc coll maupun dikunjungi debt collector, kalo memang kondisi blm ada uang mau gimana lagi?
    Toh hutang piutang itu masuk ranah hukum perdata, tidak ada org yg akan dipernjara atas putusan hakim apabila tidak mampu menjalankan kewajibannya dalam membayar hutang. Kalaupun kita digugat ke pengadilan perdata ya silahkan ikuti saja, karna sampai sekarang belum ada 1 pun nasabah pinjol yg gagal bayar sampai ke persidangan perdata. Fokus saja dulu mengumpulkan uang, kalau sudah punya uang datangi saja kantornya dan minta keringanan bayar pokoknya saja.

    11
    • 11 Februari 2023 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Iya bener ka
      Kalo Spinjam dan Spaylater kan OJK
      Memang ada denda keterlambatan
      Tapi dalam bbrp waktu tertentu jika qt memang galbay maka sistem automatis akan restrukturisasi
      Artinya hutang itu akan menjadi hutang mati alias bunga sudah tidak berjalan
      Dan nominal cicilan nya pun bisa di sesuaikan dengan kemampuan qt
      Sy memaklumi kenapa penulis mengangkatnya ke MK pastinya sudah berusaha untuk chat shopee atau pihak terkait,namun memang tidak membantu
      Jadi sering cek berkala aja di sistem aplikasi nya apakah sudah di restrukturisasi atau belum

      • 11 Februari 2023 - (08:52 WIB)
        Permalink

        Aturan POJK bunga mapun denda tidak boleh melebihi dari total pinjaman pokoknya. Misal pinjaman pokoknya 10jt, maka total keseluruhan yg jadi tagihan adalah mentok 20jt.

      • 12 Februari 2023 - (20:55 WIB)
        Permalink

        Galbay in aja lah pak…mumett abis itu apus aplikasinya. Resiko nya paling di tagih DC sama masuk SLIK…drpd stress.. wkwkk

  • 11 Februari 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Haduh berani sekali, padahal setiap investment app pasti selalu ngasih saran untuk menggunakan uang dingin, jangan pinjaman.. Apalagi pinjol, karena pinjol bunga nya ga nahan.. Spinjam itu gede banget loh.. Pernah cek minjam 1jt bunga kalo 12bulan bayarnya jadi 1.478.000 hampit 50%.. Ga minjem cuma cek.. Sy berdoa semoga masalahnya bs cepet selesai karena penulis juga msh punya itikad baik menyelesaikan. Hanya saja mgkn salurannya agak kurang nyambung klo ke mediakonsumen.. Karena restrukturisasi itu hak sepenuhnya shopee.. Jd komentar pembaca sepenuhnya ga ada pengaruh. Dan FYI klo restrukturisasi disetujui akan sulit melakukan pinjaman dimanapun.

  • 11 Februari 2023 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Restrukturasi itu nambah biaya lagi saya sering ditawari diakulaku kalau sudah mau bayar tagihan

  • 11 Februari 2023 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Saya ada limit ginian 4,6jt di shopee tidak pernah saya pinjam, bunganya ngeri cuk gede sekali…

  • 11 Februari 2023 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Saya ikutan spinjam cuma gara2 dpt saldo sopipay
    Yg dri awal dpt limit 3 jt dan anehnya saya gag pernah pakai tpi limitnya malah nambah terus hingga skrng limitnya 15jt
    Padahal bunganya 3,95 % lo… Termasuk tinggi bgt…
    Mau galbay atau mau bayar… Harus siapin mental anda

  • 12 Februari 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    dikabulkan tidak nya permohonan restruk tergantung kebijakan masing2 kreditur,jd debitur tdk bs memaksakan kehendak.
    coba dikejar trs shopee nya mudah2an ada solusi lain

    • 12 Februari 2023 - (21:23 WIB)
      Permalink

      Turut berduka, solusi terbaik mungkin dengan cara menjual aset kalu ada aset atau mungkin beruding dengan keluara mungkin bisa bantu. Terkait crypto sebaiknya baca-baca dulu lebih dalam sebelum bertindak maaf bukan menggurui ya aku pun sebenarnya takut meminjam minjam apalagi tenor lama. Crypto jangan pernah pakai duit dapur sama pula dengan main saham juga begitu.

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Pengajuan Restrukturisasi Tagihan SPinjam di Aplikasi Shopee

oleh Junaedi No last name dibaca dalam: 1 menit
39