Surat Pembaca

Grab Putus Mitra Akun Saya, Saldo Juga Ditelan Tanpa Penjelasan yang Logis

Sebelumnya saya pengangguran, yang baru saja mencoba berkarir di dunia GrabCar terutama daerah Bali, semenjak Desember 2022 lalu. Yang mana bagi saya terasa menyenangkan sekali bisa bekerja freelance dan menghasilkan pundi-pundi uang berkecukupan, walaupun hanya dengan mobil sewaan.

Singkat cerita, mobil sewa yang saya daftarkan di GrabCar mengalami kecelakaan pada bulan Januari kemarin. Mau gak mau saya harus repot ganti mobil lain, dengan plat kendaraan yang berbeda alias plat luar Bali (di luar pengetahuan saya, bahwasanya harus menggunakan plat mobil asli Bali untuk GrabCar).

Bagi saya seharusnya ini wajar saja kan, driver mengganti kendaraan tanpa harus repot-repot datang kantor untuk mengubah data kendaraan yang terdaftar. Toh sama saja, pengguna alias driver juga tiap hari verifikasi wajah sebelum bertempur di lapangan dan saya selaku mitra GrabCar juga sudah menginfokan ke customer mengenai kendaraan yang beda tersebut.

Singkat cerita, akun saya dikenai SP dan harus dinonaktifkan sementara, hanya karena laporan customer tentang plat yang berbeda. Ini bagi saya tidak logis sama sekali, saya selaku mitra sudah berjuang habis-habisaan di jalan, tapi Grab seenak jidat saja menonaktifkan akun saya. Akhirnya saya datangi kantor Grab untuk mengaktifkan kembali. Keesokannya sih akun saya sudah aktif, tapi saya belum bisa ganti data kendaraan dengan plat Bali karena di rental sedang tidak tersedia.

Saya iseng-iseng saja coba daftar kendaraan yang saya pakai (plat luar Bali) via aplikasi, supaya akun saya gak kena teguran lagi. Eh malahan akun saya diblokir Grab secara sepihak tanpa penjelasan apa pun. Saldo saya masih ada sekitar R500 ribu di dalam akun. Bagaimana pula perusahaan sebesar Grab bisa dengan seenaknya memblokir akun mitra termasuk saldo uang di dalamnya tanpa penjelasan lebih lanjut?

Bisa bayangkan berapa banyak driver Grab yang kena PUTUS MITRA hanya gara-gara urusan sepele gini dan harus merelakan saldo uang yang dikumpulin dengan keringat dan jerih payahnya dimakan Grab? Miris memang, tapi begitulah faktanya. Pihak manajemen Grab tidak tahu kondisi lapangan, tapi tahunya cuma menuntut mitra harus memberikan performa terbaik.

Saya dengar-dengar juga akun Grab lain ada yang kena PUTUS MITRA lantaran gak aktif selama 6 bulan. Emangnya kita ini karyawan kontrak yang harus terikat 24 jam siaga? Saya sudah kirim email ajukan banding untuk kasus saya (tanggal 8 Februari 2023 akun saya PUTUS MITRA dan langsung saya email). Namun sampai sekarang sudah berapa email saya kirim malah tidak ada balasan.

Bravo deh untuk perusahaan sebesar Grab, begitu caranya memanipulasi rakyat Indonesia ini bekerja bagaikan robot untuk mereka. Suka tidak suka, seenak jidatmu saja langsung blokir akun orang termasuk uang di dalamnya. Sudah berapa banyak uang driver yang pihak Grab telan tanpa kejelasan?

Saya kira tadinya join GrabCar bisa jadi pekerjaan tetap dengan penghasilan yang melimpah untuk saya, malah saya sudah bela-belain diri untuk kredit mobil baru, hanya demi memanjakan pelanggan Grab yang terhormat. Miris, bagaikan air susu dibalas air tuba.

Terima kasih banyak deh untuk pengalaman-pengalamannya (mobil baret, lecet, jok kotor kena muntahan, tabrakan, makian dari pelanggan, dll), yang sudah diberikan selama 2 bulan saya bekerja sebagai GrabCar driver. Kiranya sudi pihak Grab mengembalikan akun saya supaya bisa aktif kembali, tapi ya sudahlah masih banyak driver-driver bermutu dibanding saya.

Kangga Hendra Pranata Putra
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bukannya kalo putus mitra, semua saldo yg terendap di akun memang tdk bs dicairkan. Apa TS tdk tau ttg hal ini? Aplikasi sebelah pun juga sprti itu

  • Anda iseng2 mengubah plat tanpa lapor ke aplikator.
    Jadi jangan salahkan kalo aplikator "iseng2" nge PM anda
    Hahaha
    Jangan pake kacamata kuda dari sudut pandang sendiri makanya

  • Syukur deh udah putus mitra, serem juga ntar kalo pengen ke Ubud dari Kuta/Legian atau Denpasar tiba2 dapat driver macam orang stress gini, pasti cara nyetirnya juga amburadul. Duh!

  • Yang sabar aja om,jika baru kredit mobilnya jika mau nerus daftar ke aplikasi lain saja,tapi di rubah sikap dan prilakunya supaya bisa kerja dengan nyaman dan panggang,tapi aplikatornya juga nggak baik menurut saya,karena saya juga mengalaminya tahun 2017,setelah jalan 11 bulan,sedang online dan sudah dapat 5 trip,di matiin untuk makan dan sholat zhuhur,terus nggak bisa aktive lagi,tanpa pesan,tanpa peringatan tanpa tlp dll nya,saya sangat kecewa karena masih kredit mobil nya,akhirnya daftar ke Go**r sampai sekarang dan mobil sudah lunas..Yang sabar ya om...

    • Iya pak, terimakasih masukannya.. Saya bingung makhluk2 laknat diatas komen nya pada gk nyambung.. ? Semuanya pada sok pinter gk jelas, gk ngerasain posisi BU itu kayak apa kali ya..

  • Serakah banget y, saldo 500 rb masih tega jg diembat , apa masih kurang potongan - potongan tarif yg gk jelas, tarif 19 rb dipotong 4 rb biaya jasa + 1 rb biaya tanam pohon , sisa 14 rb dipotong lg 20 % , tinggal 11.200 buat si driver.

    • Ya begitulah bos, mendingan kalo di PM ada dikasih tau juga tuk tarik sisa saldo nya.. Lah, ini kan di babat abis.. ? Dan lagian saya juga baru 2 bulan di Grab, mana saya tau soal saldo di telan juga kalo kena PM..

  • Dulu temen saya grab bike langsung di pm tanpa ada peringatan dan teguran, pas datang ke kantor buat ditanya alasannya katanya karena terlalu banyak cancel orderan, dan uang saldo deposit yg setengah juta lebih cuma bisa dicairkan setengahnya...
    Mungkin itu siasat grab buat nerima Mitra baru dan membuang mitra lama cz saya tau temen jarang cancel orderan karena tiap ngojol nongkrong bareng sama saya...

    • Gk ngerti dah bos, yang pasti sejawat driver pasti paham gimana capeknya nyari customer, apa lagi ternyata saldo di tilap gitu aja, di PM tanpa ngasih penjelasan atau pemberitahuan dulu.. ? Itu diatas komentar2 gk jelas semua dari otak2 gk bermutu.. Thread nya bahas apa, komentar nya apa.. ?

  • Grab gak bakal nanggepinlah keluhan driver sampah macam gini. Buang2 waktu dan energi. Lagian lu yang salah trus lu pula yang teriak2 merasa dizolimi. Dasar manusia primitif

  • Orang seperti ini emang lebih cocok jadi pengangguran.
    Di Bali masih banyak driver yang jauh lebih beretika daripada orang ini.
    Satu kata buat lu "MAMPUS". ?

        • SOP diangp sepele, emang cust ga was2 mobil beda plat. Uangny nyantol pula kliatan ga baca rule perusahaan, klo melanggar akun dibekukan/blokir. Kyakny nih org co2k usaha sendiri drpd bermitra. Minim attitude tdk ngotak pula?

  • Semoga abangnya kuat menghadapi kejamnya dunia nyata dan maya...tetep semangat .