Surat Pembaca

Kesalahan Customer Sendiri Tetapi JNE dan Tokopedia Membatalkan Transaksi dan Meminta Kerugian Ongkir Secara Paksa ke Penjual

Halo, para teman Media Konsumen. Di sini kami dirugikan oleh TOKOPEDIA dan JNE yang memaksa kami untuk membatalkan transaksi dan meminta kerugian cancel yang request atas customer dan dibebankan ke kami. Dengan nomor invoice INV/20230315/MPL/3112208425 yang sudah jelas di status barang sudah berjalan dan dikirim sesuai orderan pada tanggal 15 Maret 2023, menggunakan service YES yang berarti akan sampai 16 Maret / 17 Maret 2023 sesuai estimasi yang tertulis. Pada tanggal 17 Maret 2023, customer langsung bilang ada kesalahan alamat, padahal barang sudah dikirim 2 hari yang lalu.

Tiba-tiba masuk notifikasi komplain pemindahan alamat, dan kami dipaksa untuk terima barang returan. Dan yang membuat kami kaget, kalau ada pemotongan ongkir apabila ada perubahan kurir pengiriman atau harus batalkan transaksi (yang berarti kami mengirim barang tanpa ada hasil).

Secara tidak langsung kami harus batalkan transaksi, untuk mendapat resi baru. Dari sini sudah terlihat kalau Tokopedia CS atas nama Tifani mencari cara singkat supaya tidak ada tekenan dari pihak pembeli.

Dan di sini pun kami diminta diskusi dengan pembeli. Diskusi bagaimana cara, kami dipaksa untuk batalkan transaksi. Pembeli mau ganti alamat, kenapa gak JNE saja langsung mengubah alamat tujuan sesuai request customer?? Di sini bisa saja cara customer memindahkan alamat, tapi transaksi dibatalkan.

Sedangkan kami sudah kirim barang sesuai orderan. Terus barang kami dibuat status palsu not PASSED XRAY. Kami sudah kirim barang ini selama 6 tahun, tidak ada masalah ke kota manapun.

Dan kami juga dapat WhatsApp penagihan dari JNE apabila mau cancel. Kami saja tidak ingin cancel, karena kami kirim barang sesuai orderan dan resi yang terinput.

Dan setelah 2 hari baru meminta padahal menggunakan JNE YES, kalau alamat mau ganti. Dan customer Tokopedia mengiyakan dan meng-approve.

Baru kali ini pakai Tokopedia dan JNE bisa membatalkan hanya sebatas pembeli meminta request ganti alamat dengan mudah, dan kami harus dipaksa bayar uang cancel dan dibatalkan transaksi. Dari awal kami tidak ada melakukan kesalahan apa pun, dari pengiriman dan nomor resi sesuai.

Bentuk cara Tokopedia dan JNE sangat mengecewakan.

Irvan
Pondok Aren, Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Irvan

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen.com pada tanggal 18 Maret 2023 berjudul “Kesalahan Customer Sendiri Tetapi...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ikutin aje apa kata pembeli. Jualan itu jangan mau untung aje. Tapi cari berkah dan amalan, walaupun rugi.