Beli Scoopy Baru Rasa Second

Pada tanggal 1 Februari 2023 saya melakukan pembelian motor Scoopy 2023 di dealer Garuda Universal Motor – Surabaya. Unit motor dengan STNK atas nama Mat Lawi yang saya inden akhirnya tiba di rumah yang beralamat di kelurahan Pegirian, kecamatan Semampir, Surabaya, pada tanggal 10 Februari 2023. Saya “dipaksa” diminta untuk menandatangani surat serah terima unit dalam keadaan baik.

Ternyata, selang 20 hari pemakaian motor dengan nomor mesin JM04E1144563 tidak dalam keadaan baik-baik saja. Hal dimaksud diperkuat dengan ketika saya melakukan servis perdana di dealer WIN – Surabaya pada tanggal 2 Maret 2023, menurut penjelasan mekanik motor dengan nomor rangka MH1JM0414PK144543 memang bermasalah pada mesinnya sejak dari pabrik perakitan.

Sekarang unit motor masih di dealer WIN – Surabaya yang dikatakan masih menunggu hasil investigasi, klaim garansi, perbaikan, serta penyelesaian yang hingga sekarang belum ada kabar kejelasan serta kemajuan tentang penanganan motor dimaksud.

Saya sebagai pembeli merasa dirugikan apalagi perbaikan hanya dibongkar mesin, karena sama saja saya seperti membeli motor bekas. Jadi, mengingat motor yang saya beli adalah motor baru yang ternyata bermasalah sejak awal, maka saya meminta retur serta penggantian unit.

Mohon tanggapan dan penyelesaian segera dari pihak Honda serta pihak terkait.

Mursid
Kab. Pamekasan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Layanan Purna Jual Honda:
[Total:218    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Beli Scoopy Baru Rasa Second

        • 21 Maret 2023 - (11:08 WIB)
          Permalink

          Saya pernah juga membeli motor baru Suzuki shogun, di dealer Harapan Jaya Luwuk Sulteng, sekitar tahun 2002, waktu itu profesi saya jadi tukang ojeg. Sewaktu saya sedang membawa penumpang, terjadi suara “duak”. Saya periksa motor tapi masih baik-baik saja, setelah saya star ulang dan jalan ternyata tidak bisa masuk gigi 3, jadi motor hanya bisa jalan di gigi 1 dan 2, setelah di bawa ke bengkel ternyata ada baut di dalam bak mesin yg lepas dan menghantan roda gigi. Setelah saya bawa ke dealer dan disuruh klaim ternyata hanya di perbaiki tanpa di ganti unit baru, walau dealer itu mengakui bahwa terjadi kesalahan pabrik sewaktu perakitan.
          Dan pemakaian setelah di perbaiki hampir tiap bulan terjadi masalah di motor itu, seperti sewaktu jalan mesin tiba-tiba mati, kadang bunyi klotok-klotok dari ruang mesin. Terakhir bunyi klitik dari ring seher. Sebelum akhirnya motor itu saya jual.
          Jadi daripada nanti motor kejadian seperti yg saya alami, saya sarankan untuk Bapak, dari pada motor hanya sekedar di perbaiki, sebaiknya minta ganti unit baru.

          12
          • 21 Maret 2023 - (11:48 WIB)
            Permalink

            Baik, terima kasih atensinya.

          • 21 Maret 2023 - (20:04 WIB)
            Permalink

            Tidak mudah gan utk oenggantian unit baru, karna akan memakan biaya lagi, mulai dari biaya tnkb baru lagi, penerbitan bpkb baru lagi, karna setiap motor sdh pnya no rangka dan mesin tersendri, jd klo ganti baru bakal prosess dari awal lagi memakn waktu dan biaya.

            1
            3
        • 21 Maret 2023 - (21:22 WIB)
          Permalink

          klo yg bermasalah mesinnya,,ya mana tau konsumen,,kaga bakal sampe cek” bongkoar mesin jg kaleee

    • 22 Maret 2023 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Maksudnya itu motornya bermasalah/cacat produksi om…
      Berdasarkan pengalaman saya dulu waktu kerja di salah satu showroom honda, kalo ada unit motor di showroom yg setelah di cek ketahuan cacat produksi harusnya langsung di tarik sama pihak showroom dan dikembaliin ke gudang buat di ganti dengan unit baru…
      Soalnya setiap unit motor baru yg di ambil dari gudang, setibanya di showroom langsung di cek kondisi motornya, kelistrikan, nomor rangka dan nomor mesin, jd mustahil kalo mereka (petugas showroom) ngelewatin prosedur itu…
      Kalo memang ga’ ada itikad baik dari pihak showroom, laporin ke pihak berwajib aja om..

    • 21 Maret 2023 - (01:28 WIB)
      Permalink

      Qc nya makin turun aja..Kata teknisi bengkel nya seri tersebut maslah sjk dari pabrikan . Berarti bukan hanya satu kan. Kok pabrikan diem saja harus nya buru2 tarik lagi unitnya..pernah baca juga utk edisi Vario di MK kasusnya mirip seri sekian mempunyai masalah Sama dari pabriknya

      • 21 Maret 2023 - (21:26 WIB)
        Permalink

        nahhh tuh,, ada apa dgn honda ??!! spertinya pabrikan AHM harus turun tangan kasih penjelasan yg informatif,,kaga diem ngumpet aje

      • 22 Maret 2023 - (04:33 WIB)
        Permalink

        Betul gan, temen saya punya bengkel juga gitu, sebaiknya beli tipe lain dulu, atau ambil second seri lama

    • 20 Maret 2023 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Namanya beli begitu barang dikirim ya diterima. Gimana bisa tahu barang itu bagus atau tidak kalo belom dicoba.. anda itu aneh sekali.

      37
      1
        • 22 Maret 2023 - (04:15 WIB)
          Permalink

          ttd “diterima dengan baik” itu gugur boy.
          dan memang unit nya sudah “serah terima” di serahkan oleh penjual, dan diterima pembeli.
          jangan mencoba nakut nakutin dengan alasan sudah TTD
          karna masalah terjadi di dalem nya.dan itu penilaian mekanik nya “bahwa itu cacat dr pabrik”

      • 22 Maret 2023 - (08:22 WIB)
        Permalink

        mngkn krn belinya bkn dr main dealer tp dr sub dealer jadinya agak ssh proses klaim garansinya

    • 20 Maret 2023 - (16:35 WIB)
      Permalink

      Mesin itu bagian rumit paling yang dicek sama konsumen ketika baru dateng cuma lecet” body… nomor rangka nomor mesin.. kelistrikan udah… mana kepikiran bakalan ada masalah sama mesinnya yang penting pas distater awal hidup..

      13
    • 20 Maret 2023 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Serah Terima jelas lah nmnya inden barang trima pasti lah aneh bang bang dipikir kya beli mknann kax dicoba enak beli nga enak kaga beli, kendaran sndri kan ada garansi mesin 3 tahun tingal bagaimna tanggapan deketnya

      • 22 Maret 2023 - (11:58 WIB)
        Permalink

        Dari mekanik sdh bilang cacat dari pabrik.
        Kok dealer membiarkan dan tetap menjual barang missproduk?
        Pihak dealer bertanggung jawab nih.

    • 21 Maret 2023 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Masalahnya dimana? Saat serah terima kan baik2 aja, 20 hari kemudian baru ketauan ada masalah…. hadeeeehhh

    • 21 Maret 2023 - (21:28 WIB)
      Permalink

      lah,,,klo dari teknisi aj mengakui seri itu bermasalah dari perakitan,,kenapa msh dijual ke konsumen,,lagian secara fisik konsumen ttd kan cm liat luaran baru, bagus,,clear,,klo mesin mana ada pembeli mnta cek” buka mesinnya coba,,hadeuuhh,,

  • 20 Maret 2023 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Honda oh Honda..
    Bagaimana QC mu ini?.
    Masa mau kalah dari sebelah QC nya ..

    2
    1
  • 20 Maret 2023 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Honda sekrng bukan honda yg dlu
    Produksi ahm Kualitas dn bahan kyk krupuk getas
    Beda sama yg produksi federal honda dulu
    Yg terbukti awet dan kualitas mantap itu Susuka, sking gak rusak” Dilernya sudh berubah jd indoapril dll??

    15
    • 21 Maret 2023 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Kalo awet,kan jadinya spare part nya lambat laku om..
      Sebenarnya tujuan pabrik ntu skrg bukan jualan motor,tp jualan spare part..
      Jd motor skrg tiap part pasti ada batas maksimal pemakaian,
      Spt lampu utama aza dulu sangat jarang yg ganti,jd nya hampir2 ga laku utk lampu utama,lalu skrg walau siang wajib make lampu utama,jd nya part lampu utama laku keras karena byk yg rusak,,pdhl ngapain siang2 yg pasti terang makai lampu utama,pastilah ada “kepentingan” dlm aturan tsb

      4
      1
      • 21 Maret 2023 - (21:30 WIB)
        Permalink

        klo blm 3 bln aj udah rusak mesin,,yaa masa bisa dibilang fokus ke jual sparpart,,itu sih terlalu,,mmg bener jangan” jual motor bekas rekondisi itu

    • 21 Maret 2023 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Kalau saya sudah membandingkan kualitas motor mulai Honda Yamaha Suzuki dan kawasaki .. sebenarnya kalau masalah kualitas bahan/material dan mesin hanya produk Kawasaki yg paling bagus …. Saya punya motor Kawasaki sejak 2006 sampai sekarang belum pernah dikatakan ada masalah boro2 mogok ..kagak pernah ….memang spare part mahal tetapi sebanding dengan kualitas bro … Jadi motor kebanggaan saya …

  • 20 Maret 2023 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Makanya kalo beli motor itu yang tersedia di dealer nya aja dan jangan pake indent…saya baru beli motor PCX baru sebulan BPKP nya aja blm keluar dan motor saya sudah di pake perjalanan jauh baik2 saja kok

    3
    2
  • 20 Maret 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Jadi slogan “ahmpas” Di kalangan rider Bukan isapan jempol semata ya?
    Brati bener kenyataannya kaya gitu?

    • 20 Maret 2023 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Saya udah curiga dari awal tahun, ahm jor joran jualan motor, apalagi motor sejuta umatnya, sampe tengah malam juga gw liat sendiri masih ada yang serah Terima motor jam 12 malem.. Josss lah ?
      Dari situ gw curiga walaupun ga punya produk ahm tapi dari seringnya liat mobil bak terbuka dealer wira wiri bawa motor, kualitas produknya kaya gimana?
      Penuhin target penjualan sampe kualitas ga di peduliin

    • 20 Maret 2023 - (21:10 WIB)
      Permalink

      Sudah ada di surat Serah terima kendaraan, nama itu berdasarkan data yg diserahkan saat pembelian, Copy an KK dan KTP. Kalo STNK dan plat nunggu 2 sampai 4 minggu normal nya.

      1
      1
    • 20 Maret 2023 - (23:27 WIB)
      Permalink

      Seperti biasa, sama orang dealer biasanya ditanyakan/ditawari “di STNK mau dikasih atas nama siapa?.”

    • 20 Maret 2023 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Sama orang dealer biasanya ditanyakan/ditawari “Di STNK mau dikasih atas nama siapa?.”

  • 20 Maret 2023 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah saya beli scoopy th.2020 sebagai hadiah ulang tahun istri saya, sampai sekarang pemakaian sudah masuk tahun ke 3 tidak pernah ada masalah, hanya kabelnya pernah putus 2 kali digigit tikus…
    Tapi mesinnya tetap mantap dan sangat nyaman dikendarai

  • 21 Maret 2023 - (01:14 WIB)
    Permalink

    Kl sy produk 2021 yg ban donat. Entah lelet karena velg & bannya lebar entah apa gak taulah. Ketika di gebeer gas poool ditanjakan tajur bogor malem2 cm dpt 40km/h boncengan, denngan enak dan santainya disusul oleh Beat 2020 alay dan dia boncengan juga..akhirnya cukup sudah skupi dipake di kota jekardah sajah ?. Ampon bensinnya boros amit padahal standar gak di boreup

    1
    1
  • 21 Maret 2023 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Yg bagus sih keluaran awal semua honda, kaya vario old 125 bohlam yg tahun 2013. Itu sampe sekarang masih bagus banget mesinnya. Scoopy gen awal juga denger² bagus mesinnya.

  • 21 Maret 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Dipaksa tanda tangan serah terimanya gimana bang ? Dengan ancaman yg seperti apa sampai abang merasa dipaksa

  • 21 Maret 2023 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus seperti ini pihak dealer tidak mungkin mau ganti unit baru, pasti mreka kash solusi di servce motornya, karna setiap motor itu sdh ada no rangka dan no mesin masing2 yg bebeda, dan nama bapak sdh terdaftr baik di bpkb dan stnk dg no rangka dan no mesin motor saat ini, klo mau produksi dg no rangka dan mesin yg sama spertinya ga mngkin karna mesti cetak ulang bikin baru lagi dri pabrik, klo penggantian unit baru otomatis semua dari awal lagi daftr cetak stnk dan bpkb baru lagi itu kna biaya lagi gede, dan nama bapak bsa terdaftr 2x di bpkb dan stnknya kena progresif lagi.. pokonya intinya susah klo mau ganti unit baru.

  • 21 Maret 2023 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Apakh motor honda banyak kendalanya,soalnya tdk di 1 varian saja contohnya saya beli vario 125 2018 dr awal saya beli sdh banyak mslh dr komstir,gredek,rem tidak pakem.sbnrya saya nyesel beli vario 1buln sdh banyak service dn penggantian sperpart.sampai skrg blm bisa di perbaiki.pusing duit habis buat motor

  • 22 Maret 2023 - (00:35 WIB)
    Permalink

    Memang kayanya cuma di indonesia, kaga pernah ada proses recall, kalau konsumen di Luar kaya US atau Eropa, ada kendala dikit ajah langsung recall lho, soalnya dendany guedeee banget.
    Kalau Indonesia? Negara pejabat ya pada bedebah.
    Ga bakalan deh melindungi konsumen. Beli putus tinggal, cekek getok injek.
    Kalau bisa konsumen ya di palak2 lagi.

  • 22 Maret 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Yang penting bs claim garansi. Dr sini udah titik. Cacat produksi pasti ada. Namanya bikinan manusia. Mau beli harga brapapun. Namanya pas apesnya. Kejadian langka. Ga semua semua begitu.
    Gw beli pcx jg banyak yang bilang bnyak masalah. Tp so far so good.
    Klo semisal memang dirasa merknya ga bagus. Ya beli sebelahnya. Makin bnayak persaingan makin bagus

  • 22 Maret 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Apa pas serah terima ga di coba di nyalain dulu?? Kalo emang dari pabrik udah cacat kan pas di coba di nyalain ketahuan..

    Btw masalah spesifik di mesin nya masalah apa ya??

  • 22 Maret 2023 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Kualitas honda gak sperti dulu lg. Kalah sama yamaha. Contoh rantai roda antar honda dgn yamaha lebih awet yamaha. Honda sbentar ud minta ganti padahal ori. Malah yg after market lbh awet

  • 22 Maret 2023 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Makin jelek aja qc honda. Punya dua sepeda honda, vario dan skupi. Ada aja masalahnya. Kapok beli!

  • 22 Maret 2023 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Anda lagi APES..!! Motor anda masuk dalam daftar produk gagal, tapi tetap dijual. Semua merk pasti ada aja seperti ini..! ?

 Apa Komentar Anda mengenai Layanan Purna Jual Honda?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Beli Scoopy Baru Rasa Second

oleh Mursid dibaca dalam: 1 menit
59