PermataQR Merchant Belum Mencairkan Dana dari Transaksi QRIS

Pada tanggal 3 Maret 2023, telah terjadi kendala dalam pencairan dana dari merchant Bank Permata, atau yang biasa disebut PermataQR Merchant. Dalam hal ini, saldo saya sebesar Rp41 juta dari transaksi di merchant Permata tersebut, belum dicairkan oleh pihak bank, dengan rincian sebagai berikut

Total Transaksi: Rp41.000.000
Pencairan yang masuk ke rekening: Rp2.500.000
Saldo yang belum cair: Rp38.500.000

Hal ini telah saya lakukan pelaporan ke pihak Bank Permata, serta meminta kejelasan terkait pencairan saldo saya. Namun hingga hari ini terhitung lebih dari 2 pekan, pencairan saldo saya masih belum ada kejelasan,

Bank Permata pun sebagai pihak terkait dalam hal ini tidak memberikan tanggapan yang jelas dan pasti terkait masalah ini, terbukti dari balasan email yang telah saya lampirkan. Dalam hal ini saya rutin melakukan konfirmasi ulang ke pihak bank secara berkala hampir setiap hari. Baik melakukan pengiriman email ataupun juga melakukan konfirmasi melalui telepon. Namun pihak Bank Permata terkesan kurang tanggap terkait masalah saya ini

Ke depannya dengan adanya masalah ini saya berharap bisa menjadi pelajaran bagi yang lain agar lebih berhati-hati untuk menggunakan Permata merchant QR, agar tidak terjadi hal-hal seperti yang saya alami. Saya berharap dengan dipublikasikannya surat ini bisa menjadi bahan agar pihak Bank Permata lebih tanggap dalam menanggapi masalah yang dialami oleh nasabahnya.

Muhammad Rofiq
Mojokerto, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Muhammad Rofiq

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Muhammad Rofiq Fatakhudin, berjudul “PermataQR Merchant Belum Mencairkan Dana dari Transaksi QRIS”...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “PermataQR Merchant Belum Mencairkan Dana dari Transaksi QRIS

  • 23 Maret 2023 - (02:30 WIB)
    Permalink

    Setahu saya Merchant PermataQR itu ada tingkatan atau levelnya. Kalau level UMI (Usaha Mikro) ada batas transaksi hariannya. Dengan omset antara 1-5jt per bulan.

    Di level selanjutnya ada UMKM dengan omset antara 5-50jt dan ada lagi kategori pedagang besar yang omsetnya 50jt keatas.

    Nah, yang menjadi pertanyaan sewaktu mendaftar penulis mendaftarkan merchantnya sebagai usaha kelas apa? Kalau Usaha Mikro jelas transaksi udah melebihi kalkulasi sistem. Dan berpotensi atau terindikasi fraud. Bank tentu saja curiga ada transaksi nominal besar. Dan mereka berhak meminta bukti transaksi atau rekam transaksi dari omset penjualan merchant. Ini untuk menghindari fraud, gestun dan pencucian uang.

  • 23 Maret 2023 - (05:44 WIB)
    Permalink

    Asumsi bank dengan transaksi sebesar ini ya Fraud ( Gestun CC via Qris ).
    Otomatis dana ditahan sampai TS bs kasih bukti ke bank bahwa itu transaksi asli atau transaksi mengada ada.

    Kalau transaksi 41jt sehari itu menurut sya luar biasa hanya untuk Qris, kecuali toko eletronik besar atau agen besar dan toko HP besar Mngkn masih masuk akal.
    Paling nanti TS diminta tunjukin apa yg diperjual belikan jika toko offlinenya itu ada dan sesuai dengan nominal barangnya dananya pasti baik baik saja akan cair.
    Semoga masalahnya cepat selesai

 Apa Komentar Anda mengenai PermataQR Merchant ?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

PermataQR Merchant Belum Mencairkan Dana dari Transaksi QRIS

oleh Muhammad dibaca dalam: 1 menit
4