After-Sales Alva One Mengecewakan

Saya kecewa dengan after-sales yang diberikan oleh Alva One. Unit saya datang pada 10 April, saat itu saya langsung koneksikan dengan aplikasi dan tidak ada masalah. Saya pun melakukan pengetesan unit untuk memastikan semua berjalan lancar.

Tapi, setelah saya tes ternyata pemakaian baterai sangat boros. Lewat aplikasi saya memantau untuk jarak 2 km, baterai yang digunakan mencapai 28%, sangat jauh dari klaim mereka yang menyebut 100% baterai bisa mencapai 70 km. Jika mengacu klaim tersebut, artinya untuk 700 m maka konsumsi daya hanya 1%, maka konsumsi daya tidak akan sampai 5% untuk jarak 2 km.

Saya pun berkonsultasi dengan sales dan mencoba untuk me-recharge baterai hingga penuh, dengan harapan konsumsi daya bisa normal. Tapi, masalah malah datang setelah dilakukan charging. Motor dan aplikasi malah tidak bisa terkoneksi dengan baik. Di status aplikasi, baterai selalu terpantau 100% padahal sudah 78%.

Tidak sampai di situ, saya juga tidak bisa mendapatkan data konsumsi daya dan GPS. Akhirnya saya memutuskan mengontak CS pada tanggal 13 April dan membuat tiket dengan nomor tiket #1162. Saya pun diminta untuk menunggu guna mendapat kejelasan. Sayangnya, sudah berlalu 2 hari tidak ada tanggapan dari CS, hingga saya memutuskan untuk mengontak kembali sales saya.

Akhirnya dibantu follow up sales saya, keluhan kembali ditanggapi. Dan hanya bertanya “Apakah MCB dalam keadaan on atau off pak?”. Kenapa sebuah pertanyaan yang bisa diselesaikan dalam waktu 1 menit, harus menunggu 2 hari? Saya pun diminta kembali menunggu dan CS menyebut, “Jika sudah ada update maka kami akan menghubungi bapak kembali”

Yang lebih konyol lagi, CS meminta saya membawa motor ke service center Alva One. Motor yang baru seminggu datang, plat dan STNK pun belum keluar, diminta dibawa ke service center itu sudah buat saya geleng-geleng. Katanya motor canggih? Kok data saya tidak punya surat-surat malah tidak ada?

Saya lagi-lagi disuruh menunggu, dan pada akhirnya butuh 2 hari untuk saya mendapat jawaban masih koordinasi, dikarenakan saya tidak dapat membawa motornya langsung ke service center. Selama ini saya pun tidak pernah dihubungi secara langsung hanya percakapan lewat chat. Motor boleh canggih, tapi kok after-salesnya kuno?

Martin Bagya
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “After-Sales Alva One Mengecewakan

  • 21 April 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Berdasarkan hasil uji dari GridOto, jarak tempuh adalah sekitar 63 Km dari kapasitas 100%. Adapun dari 100% ke 20% hanya sekitar 49 Km atau sekira 1,6% per Km. Saya sarankan sebaiknya baterai di isi ulang penuh terlebih dahulu sebelum pemakaian normal pertama kali. Lakukan pengisian langsung ke baterai (dicabut dulu dari slot) ketimbang lewat konektor di bodi motor. Masih klaim dari GridOto, pengisian dari nyaris kosong sampai penuh cuma berkisar 4 jam-an saja.

    Menyoal konsumsi daya, tentu bergantung kembali kepada beban dan mode berkendara (riding mode) yang diaplikasikan. Soal data konsumsi daya di aplikasi mungkin butuh waktu sampai mendapatkan lebih banyak data dari riwayat pemakaian motor. Soal GPS mungkin aplikasinya menggunakan dari ponsel.

    5
    9
  • 22 April 2023 - (00:17 WIB)
    Permalink

    Bang, saran gue mumpung belum ada stnk dan surat surat, bawa balik aja ke dealernya langsung ! tinggalin, foto.. biar mereka yang handle or cari solusi…

    4
    2
    • 22 April 2023 - (08:51 WIB)
      Permalink

      Saya tidak bermasalah dengan motor ataupun aplikasinya, namanya unit sangat wajar mengalami defac mau pabrikan sebesar apapun.. Tapi tolong carikan solusi dong, jadi ya sesuai judul saja..

      Sampai saat ini konsumsi baterai berada di 48% dari full, dengan jarak tempuh 20 km

  • 22 April 2023 - (04:56 WIB)
    Permalink

    Coba tes dulu saja manual tanpa bergantung aplikasi, namanya saja merk yg baru walau sudah di ulas di sana sini itu kan yg bagus2 yg di kasih, tetap saja ada bug. Jadi coba saja benar2 charge 100% baru di pakai ngak usah liat2 aplikasi, ya dekat2 rumah saja supaya tau brp jarak yg di tempuh dan brp % sisanya. Bisa saja aplikasinya yg masih ada bug makanya ngaco

    2
    4
  • 22 April 2023 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Coba bawa ke AEC minta tukar baterai setelah pengecekan, jangan mau klaim garansi karena cacat bawaan pabrik..

    2
    1
  • 22 April 2023 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Turutin saja untuk dibawa ke dealer dia, trs HBS itu tinggal saja, biar yg nmnya team terkait bekerja

    0
    1
  • 22 April 2023 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Trip 1 Dan trip 2 pada gambar diatas,apakah kondisi jalan dalam keadaan macet? Karena durasi terlalu lama untuk jarak tempuh yang dekat tersebut, hampir seperti dihitung permenit kurang lebih 1% per menit.

    1
    1
  • 23 April 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Lihat di FB nya ALVA ONE USER, ini motor lumayan banyak trouble… Yang paling horror adalah ketika motor mengalami Engine Check.

  • 23 April 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Saya sebenarnya berminat dg motor Alva one, tapi kalau masalah seperti ini tidak segera diselesaikan, maka akan sangat mempengaruhi calon calon pembeli yg lain…

    • 24 April 2023 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Jangan, jangan pernah beli produk merk keluaran anyar. Biar jadi “hal biasa” dulu di tengah masyarakat, baru beli. Sama kayak dulu awal2 4G, dan sekarang 5G juga terjadi hal yg sama, sinyal ilang2an.

      Demikian juga produk molis yg terhitung inovasi baru, merk baru. Pasti masih banyak ketidaksesuaiannya.

  • 24 April 2023 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Kwkwkwkwk mobil listrik, paling susah merawat sendiri ya mobil listrik, baterai rusak, parah harga baterainya. Padahal listrik juga memerlukan sumber batu bara atau pembangkit tenaga lain(masih sedikit jangkauan pembangkit tenaga surya)

  • 10 Mei 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Benar saya juga pembeli motor alva one baru, 65 persen utk menempuh hanya 21,63 km, hampir mati di tengah jalan, mhn pihak alva dapat memberikan klarifikasinya

  • 24 Mei 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru beli 7 Mei 23,
    8 Mei komplain tidak direspon dengan baik, respon CS nya seperti robot cuma menjawab dan tidak solutif, “kami konfirmasi dulu ya, mohon menunggu”
    sampe saya habis kesabaran di PHP CS nya, mampir deh ke AEC tgl 18 Mei mumpung libur kerja,
    baru deh di towing tgl 19 Mei …

    sampai hari ini tgl 24 Mei belum ada keputusan tukar unit baru,
    padahal dibuat gampang aja napa, refund kan kelar ya saya beli merk lain aja yg bisa dipakai langsung bagus, bisa dipakai berangkat kerja.

 Apa Komentar Anda mengenai Alva One?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

After-Sales Alva One Mengecewakan

oleh Martin dibaca dalam: 1 menit
19