Upaya Penipuan dengan Dalih Bisnis Sampingan

Tanggal 10 Mei 2023, saya dihubungi telepon tak dikenal 085873994691 bersuara cowok, yang menawari bisnis sampingan mengerjakan tugas yang dia perintahkan dengan janji bonus awal Rp15 ribu. Setelah saya mengiyakan, dia hubungi lagi lewat pesan WhatsApp.

Tercantum nama Lidya Puspita, entah pakai identitas asli atau bukan. Dia suruh registrasi dulu lewat link yang diberikan.

Setelah saya registrasi, pastinya dia suruh top up uang dulu ke rekening dia. Di sini dia meyakinkan saya dengan QR Traveloka di situs Kominfo agar terkesan asli terpercaya.

Saya yakin ini penipuan karena dia memakai alamat Cafe di Bali di sertifikat Kominfo yang dia berikan: Jl. Hanoman no 43B.

Harap berhati-hati pada modus operandi bisnis sampingan seperti ini karena menawarkan pekerjaan rancu dan tidak memakai situs resmi.

Andri Haryono
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

14 komentar untuk “Upaya Penipuan dengan Dalih Bisnis Sampingan

  • 12 Mei 2023 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Hati-hati sekarang marak penipuan modus baru yang intinya Anda cuma disuruh bantu like subsribe komen di platform tertentu — seperti YT, FB, IG.. Setelah selesai ngerjain tugas Anda dapat komisi dan disuruh deposit nominal tertentu.. Semakin besar depo semakin besar pula komisi nya..

    Udah ada yang kena puluhan sampai ratusan juta malah.. Ngeri duit ratusan jeti lenyap..!!!

    • 12 Mei 2023 - (16:12 WIB)
      Permalink

      OO ini tuh penipuan ya?!
      Dalam 1 bulan terakhir ujug-ujug masuk 2 WA penawaran kerja online hanya bantu subscribe or like di e-commerce gitu. Cuma minta Instagram yang aktif untuk join plus data diri yang agak komplet gitu. Aku cek ada websitenya jg sih, cuma rada tidak meyakinkan. Akhirnya aku cuekin saja deh. Entah dapat nomor darimana ya, sampai tahu nama komplet segala.
      Thanks info-nya.

  • 12 Mei 2023 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Tinggalkan semua penawaran yg To good to be true / Bombastis pendapatan atau rewardnya saat bergabung. Hampir dipastikan penipu

    “Bisa dikerjakan semua orang tanpa spesifikasi pendidikan tertentu, bisa dimana saja, mudah, dll”…

    Mau dapat duit mudah itu cm berlaku ke orang2 yg dari brojol ortunya sudah Sultan. Penipu memang menyasar orang – orang bodoh tp mau dapat duit / jadi kaya dengan Instant.

    11
    1
    • 14 Mei 2023 - (07:25 WIB)
      Permalink

      Jangan heran tau nomor hp darimana bahkan tau nama kita, kan data BPJS bocor, data kontak ini bisa diperjualbelikan. Kalau ada penawaran seperti ini atau say hello saran saya cuekin aja dan hapus/blokir nomor. Kaya instant dan kerja mudah itu tidak ada. Cuma khayalan belaka orang malas. Mau income ya kerja keras dan kerja cerdas, ikuti proses alam

  • 12 Mei 2023 - (13:39 WIB)
    Permalink

    4-5 hari yg lalu masuk di berita mainstream kompas/tvone,modus awal nya reward diberikan lancar di awal smpai ratusan ribu begitu korban topup puluhan juta baru ngilang pelaku..hati2 skrang penipuan juga bermodal..

  • 12 Mei 2023 - (17:16 WIB)
    Permalink

    bbrp bulan lalu sy jg mendapat wa yg menawarkan bekerja secara online bisa dapat komisi hingga 2juta rupiah. ya sy ikutin aja mainnya. ternyata dia hanya suruh subscribe 3 channel yg disuruh. kalo udah, minta buktinya berupa screenshot. Channel youtubenya hanya ada 1 user biasa, sisanya kredibel misal KFC. setelah bukti sy serahkan, dia menyelamati saya bahwa sy sudah menyelesaikan misi pertama senilai Rp 60ribu. Lalu, untuk dapat meredeem 60rb tsb, sy disuruh utk chat di telegram ke admin nya, dikasi berupa link telegramnya, setelah nya dia suruh copy paste link yg diberikan untuk bs dicairkan. berhubung sy ga punya akun telegram, sy bilang aja hadiahnya buat km aja, sy ikhlas. Lagian sy curiga itu link buat hacking akun telegram, sehingga akun telegram dibajak. entah apa sih link itu, bisa utk macem2 sepertinya, bs utk kejahatan tp memakai akun telegram sy, bisa utk macem2 lah

  • 13 Mei 2023 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Iya emang itu modus penipuan,di akhir biasanya suruh deposit biar komisi/ benefit cair. Dan itu link sangat berbahaya,bisa ambil alih semua System smartphone kita. Semoga kita semua terhindar dari perbuatan zholim.

  • 14 Mei 2023 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Pegang 2 hal ini sebagai PRINSIP saat setiap kali ada ajakan INVESTASI apapun:

    1. “Jika (yang ngajak/promo) bisa kaya sendiri, maka tidak akan mengajak yang lain(anda) ikutan kaya”

    2. “Tidak ada seorangpun di dunia ini menginginkan anda kaya kecuali ANDA sendiri”.

  • 23 Mei 2023 - (23:51 WIB)
    Permalink

    Itu pelaku sindikat. Prakteknya dr dalam lapas. Ada diskusinya di chanel yoitune uya kuya. Tiap kamar beda segmen nipu nya .
    Tips nya jgn percaya sama org tak dikenal.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Upaya Penipuan dengan Dalih Bisnis Sampingan

oleh Andri Haryono dibaca dalam: 1 menit
14