Surat Pembaca

Lamanya Waktu Tambahan untuk Proses Klaim Asuransi Jiwa Allianz

Pada tanggal 7 April 2023, orang tua (ayah) saya atas nama Nelson Hutagalung meninggal dunia. Sebelum meninggal, beliau mengalami sakit pendarahan otak dan dirawat di salah satu RS Medan. Ayah saya adalah salah satu nasabah Allianz dan menjadi peserta asuransi jiwa Allianz, dengan nomor polis: 000066761926 (Inforce/Aktif).

Seminggu setelah kejadian, saya mengurus berkas-berkas guna melengkapi administrasi pengklaiman. Berkas sudah lengkap dan saya serahkan ke agen. Lalu agen menuruskan ke kantor guna memproses dan mengirim ke kantor pusat Jakarta.

Pada tanggal 10 Mei 2023, saya menerima surat email dari kantor pusat Allianz yang isinya adalah menunggu masa waktu verifikasi data 45 hari. Setelah saya menunggu lamanya 45 hari, masuk email 24 Juni 2023, yang isinya meminta tambahan waktu 30 hari lagi. Di sini saya merasa kecewa, karena waktu 45 hari seharusnya sudah bisa menyelesaikan proses klaim.

Surat pemberitahuan verifikasi data 45 hari
Sudah menunggu 45 hari, waktu verifikasi ditambah 30 hari lagi

Tanggal 27 Juni 2023, saya bertanya kepada CS yang di kantor Medan, kenapa harus ada waktu masa tunggu lagi dan apa penyebabnya? Bukankah 45 hari sudah termasuk lama untuk memproses klaim saya? Namun mereka tidak bisa menjawab dan CS Medan hanya menjawab kesabaran untuk menunggu dan meneruskan keluhan saya ke kantor pusat Allianz.

Pada hari yang sama saya kirim email ke CS pusat Allianz dan saya menerima balasan email, yang isinya mereka terima laporan dan dicatat. Begitu juga dengan agennya yang tidak respons dengan keluhan saya.

Saya selaku pemegang polis dan anak kandung dari nasabah Allianz merasa kecewa dan tidak puas dengan pelayanan Asuransi Jiwa Allianz. Yang mana seharusnya klaim ini tidak perlu waktu yang begitu lama, karena berkas/dokumen sudah lengkap dan kematian orang tua saya murni karena sakit.

Saran saya kepada Allianz, tolong setiap proses klaim jangan terlalu lama. Karena nasabah/pemegang polis butuh kepastian, bukan waktu tunggu yang sangat lama. Terima kasih.

Lamhot Hutagalung
Medan, Sumatera Utara


Update (14 Juli 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Allianz sebagai berikut:

ย 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Resmi Allianz Indonesia atas Pengajuan Klaim Bapak Lamhot Hutagalung

Perihal: Tanggapan Komplain Pengajuan Klaim Meninggal Dunia Atas Nama Tertanggung Alm. Bapak Nelson Hutagalung Melalui Mediakonsumen.com Dengan hormat, Sehubungan adanya...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Udh bnyk kyk gini, kalau suruh bayar aja telat dikit non aktif polisnya, giliran klaim ada-ada aja alasannya

  • Yess paling seneng ni ada keluhan tentang Allianz ini karena sales salesnya akan terjun ke kolom komentar buat menyalahkan yg nulis surat sambil menjelekan program BPJS pemerintah!!!

    Hayo ditunggu sales Allianz kehadirannya di kolom ini ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    • Konyol juga ya ...ada perpanjangan masa tunggu dari 45 hari nambah 30 hari, jadi selama 75 hari masa tunggunya,
      Klo nawarin polis tdk sampai sehari kelar, knp klaimnya susah gituu

      • Nanti di hari ke 75 pun, belum tentu cair, akan ada alasan lain nya, terus ujung2 nya mencari-cari kesalahan nasabah

        • Saya beberapa kali membantu nasabah saya untuk proses klaim, masa verifikasi itu adalah masa yg diminta oleh perusahaan untuk cek seluruh data2 nasabah, namun bila sebelum 45 hari data clear maka Keputusan akan diberikan Disetujui, Dan apa bila masa verifikasi itu ada penemuan data medis atau lainnya sebelum teryanggung masuk asuransi maka perusahaan biasanya minta tambahan waktu 30 hari utk menelusuri data medis tertanggung. Apa bila clear maka pengajuan klaim disetujui, apa bila tidak clear maka perusahaan memberikan keputusan DItolak dan keputusan itu berdasarkan bukti yg ditemukan. Lamanya waktu itu merupakan waktu maksimal yg diminta oleh perusahaan dan sebagai tertanggung/pemegang polis kita sebaiknya sabar menunggu hasil. Nasabah saya pernah 10 bulan baru di setujui karena usia polis masih blm 1 tahun, namun Allianz pasti bayar karena kita jujur saat sebelum tertanggung masuk dan biarkan tim investigasi menelusuri semaksimal mungkin. Lama ada yg ditunggu jd kita wajib sabar dan biarkan proses berlanjut sampai pada keputusan. Terimakasih...salam sehat buat kita semua

      • Saran saya jangan terlalu memvonis Asuransi itu jelek, setuju atau tidak, suka atau tidak kita butuh Asuransi Jiwa buat pendamping, karena BPJS tidak mengcover jiwa, hanya kesehatan aja.
        Saya sendiri punya Asuransi Swasta ( Allianz dan Prudential ) dan selama ini tidak pernah bermasalah dengan proses claimnya, baik kesehatan mau pun jiwa.

    • Banyaknya kasus gagal bayar,rasanya blm waktunya punya asuransi jenis apapun kecuali asuransi kendaraan bermotor yg msh bs diandalkan.

  • Hindari asuransi selain BPJS, kalau menagih premi nomer 1 kalau klaim sejuta alasan dikeluarkan supaya tidak bayar

  • Dulu Ibu saya juga sempat ada pengalaman tidak mengenakkan dengan salah satu asuransi swasta terkenal (tapi bukan Allianz yg sedang dibahas sekarang). Karena pengalaman ibu saya tersebut, setelah dewasa dan bekerja saya jadi mantap untuk tidak percaya dengan salesยฒ asuransi swasta dan hanya memakai BPJS saja. Lebih baik uang saya investasikan untuk hal yang lain.

  • kasarnya: Allianz masih terus mencari2 celah utk bisa membatalkan klaim. satu per satu RS ditanyain ttg riwayat penyakit. sedikit saja pemegang polis ada tidak jujur dalam registrasi awal masuk asuransi, klaim seketika dibatalkan. intinya allianz msh belum rela mengeluarkan uang pertanggungan. masih dan akan terus melacak riwayat penyakit beliau

    • Bnt bgt. Tar sakitnya di hubungkan dgn penyakit2 ringan yg hampir semua org rasakan, yaitu sakit kepala. Kalo sdh gitu, di tolak deh klaimnya.

  • Mitra saya juga ada yg lagi nunggu klaim asuransi ini, sudah sebulan lebih. Mudahan sih gak lewat dari 2 bulan deh kasian duit nya buat melanjutkan usaha orang tua nya.

    • benar. sepertinya allianz ini sudah benar2 ga ada duit. dulu bisa cashless di RS, tp sejak awal tahun ini cashless ditiadakan, dan digantikan dgn reimburse. Dan pencairan pun sesukanya dia aja kapan dan byk yg dicoret2in biaya yg menurutnya tidak masuk. Suka2 dia ajalah gimana wkkwwk

    • Sy sarankan mending ga usah pake asuransi ...di negara kita iini jarang yg bres asuransi udah banyak ko kasus2 lain..sy sarankan apalagi yg masi lh awam ga usah dah ujung2nya bikin repot alias skt hati..klo ada agen2 yg nawarin suruh ke laut aja....skls alianzz aja berbelit gt apalgi yg lain...woooooi alianz byar bayar jagn gtiliran byr premi aja lo cpet gliran claim susah

  • Polisnya sudah berjalan 24 bulan belum pak, kalau belum, investigasi perlu, kemarin, teman kantor saya, baru klaim meninggal papanya, usia polis 28 bulan,, 13 hari sudah cair, case by case intinya, perusahan mana juga sama. Kalau ditemukan riwayat sebelum masuk asuransi, Khan akan diperlihatkan ke ahli waris.

    • Makanya yg blm ikut asuransi jgn ikut. Masa klaim hrs nunggu setahun lbh dulu tuk di cairkan.

    • polisnya 24 bulan kurang 1 bulan

      udah pusing itu bagian klaimnya nyari riwayat medis yang tidak dipaparkan pas spaj

      • Pusing akibat perbuatan sendiri tu namanya. :)
        Waktu pengajuan polis, langsung approved.
        Pas claim njlimet, cari sana-sini.
        Reputasi perusahaan jadi turun gara2 njlimet ini. Cari setoran.
        Idealnya, saat claim terjadi, perusahaan hanya perlu investigasi penyebab kematian saja, apakah kematian nya normal atau tidak (misalnya bundir, dll). Semua persyaratan yang terjadi sebelum pengajuan sudah diverifikasi secara akurat.

    • Walau belum 2 tahun, harusnya periode 30 hari kerja itu cukup, ini hari kerja 30 hari bisa jadi 1.5 bulan kalender apalagi sudah minta dispen, kalau ngak mau bayar ya awal masuk selektif aja jangan gampang approv, misal klaim under 200jt instant approve, 200-500jt perlu mcu, 500jt up mcu dan cek dulu jika ada riwayat. Kan asuransi banyak jalur untuk itu, jangan serta klaim baru cari2 alasan undur2 waktu, ada rekan yg bilan sya belum genap 2 tahun butuh 10 bulan baru di bayar, itu namanya perusahaan ngak jelas. Di polis jelas masa tggu harusnya ikut aturan polis jangan ingkar, lagian telat juga langsung lapse polisnya.

  • Terima kasih utk komen teman2 sklian. Saya juga heran kenapa asuransi sebesar allianz lambat sistem klaimnya. Dlu yg saya tau Allianz gampang proses klaimnya namun sekarang lamanya luar biasa.

    Ada Apa dengan asuransi allianz?

    • Biasanya kalau sudah puluhan tahun asuransi biasanya cepat untuk claimnya