Kecewa dengan DJI Mini 3 Pro RC

Jakarta, 6 Agustus 2023

Pada awal Mei 2023 lalu, saya membeli drone DJI Mini 3 Pro dengan maksud untuk merekam momen liburan saya bersama keluarga ke New Zealand pada Juni 2023. Sebelum dibawa ke New Zealand, saya sempat latihan mengoperasikan drone dengan trainer DJI di Central Park. Bahkan beberapa kali saya sempat latihan terbang di sekitar area perumahan saya. Selama ini, drone tidak pernah jatuh atau tertabrak yang mengakibatkan terjadinya kerusakan fisik pada drone.

Namun naas, saat saya ingin merekam momen liburan saya di New Zealand, drone saya tidak dapat terbang. Terlihat notifikasi pada layar RC tertulis “Aircraft not in flight. Vision systems and obstacle avoidance disable” (Code 180059).

Saat itu, drone tidak dapat beroperasi walau drone berada di alam terbuka dan tidak dekat bandara. Posisi drone di tempat datar. Lalu saya coba restart, tetap tidak bisa. Bahkan saya coba update firmware-nya, tetap tidak bisa. Sehingga hilang sudah momen-momen indah yang saya impikan agar bisa diabadikan dengan drone.

Pada tanggal 11 Juli 2023, saya membawa drone saya ke Service Center TAM di Roxy. Pada tanggal 13 Juli 2023, saya mendapat informasi dari teknisi bahwa drone saya dengan SR0012307000309 DJI Mini 3 Pro dengan SN: 1581F4XFC225E0063RS5 saat ini sudah selesai dan dinyatakan unit normal tanpa kendala.

Saya sudah membalas pesan teknisi menanyakan notifikasi yang muncul di layar RC tersebut. Namun bukan jawaban yang saya terima, teknisi hanya menyuruh saya menonton rekaman video hasil pengecekan teknisi.

Keesokan harinya saya mengambil drone saya, namun saat saya coba mengoperasikannya, notifikasi tersebut tetap muncul di layar RC. Kemudian saat itu juga saya mengembalikan drone untuk diservis kembali di Service Center DJI Roxy Mas.

Kemudian pada tanggal 2 Agustus 2023, saya mendapatkan info bahwa unit telah selesai diservis. Sebelumnya saya sudah menanyakan apakah notifikasi yang saya keluhkan sudah selesai ditangani. Dijawab sudah selesai. Lalu keesokan harinya saya mengambil drone tersebut, namun setibanya di sana saya kecewa sekali karena notifikasi yang saya laporkan tetap ada walaupun drone telah diservis selama hampir satu bulan lamanya. Dan ini adalah kedua kalinya drone saya diservis tanpa membawa hasil.

Hingga surat ini saya tulis, drone saya masih berada di Service Center Roxy untuk masalah yang sama. Sehingga bagi calon pembeli DJI Mini 3 Pro, agar mempertimbangkan supaya kejadian yang saya alami tidak terjadi pada yang lain, di mana momen indah yang sangat bagus bila diabadikan dengan drone sirna.

Hormat saya,

Kurniawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Kecewa dengan DJI Mini 3 Pro RC

        • 6 Agustus 2023 - (21:21 WIB)
          Permalink

          Hallo om..
          Cuman mau menginformasikan saja, kode tersebut hanya pengingat bahwa vision sensor tidak bekerja saat drone ada di darat untuk tujuan menghemat daya dan kode tersebut akan hilang jika drone sudah take off. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri.

          • 14 Agustus 2023 - (21:56 WIB)
            Permalink

            Sepakat dengan ini. Di forum DJI juga dibahas kode error tersebut bahwa itu bukan eror. Tapi untuk tujuan hemat power.
            Ga masalah Om, buat pengalaman saja. Dunia videografi memang butuh banyak praktik dan utak atik. Gagal cara 1 coba cara 2 dan seterusnya.

  • 6 Agustus 2023 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Makasih infonya. Semoga segera mendapat solusi yang terbaik.
    Kenapa waktu berstatus selesai service pertama kali tidak dicoba dulu di tempat baru diangkut. Video yang diperlihatkan bisa jadi bukan yang punya Mas nya. Bisa saja tukang reparasi nya kejar target : penyelesaian barang reparasi. Lanjut direparasi lagi yang nangani orang lain yang punya misi yang sama, asal atasannya senang. Buktinya masih ada kendala juga.
    Dari harga 15 juta harusnya penanganan bukan seperti ini. Harusnya VIP.
    Sebaiknya berkunjung juga ke website resmi DJI. Cek distributor nya di Indonesia lalu tanyakan ke sana. Cek juga apakah distributor nya menyediakan service center resmi.
    Atau curhat di komunitas pengguna drone DJI. Tanyakan apa saja yang harus dicek jika ada kendala seperti yang Mas alami. Biasanya produsen akan notice.
    Semoga bisa mendapat solusi terbaik.

  • 11 Agustus 2023 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Biasanya teman² komunitas lebih pinter dari service resmi. Drone aja bisa disulap jadi mobilan remote. Cari komunitas drone di daerah anda, coba diskusi dengan mereka.

    Drone kebanyakan fitur jadi kebanyakan masalah. Drone saya beli 150rb ga pernah masalah vision dan avoidance systemnya.. emang ga ada soalnya..

 Apa Komentar Anda mengenai DJI Mini 3 Pro?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan DJI Mini 3 Pro RC

oleh Dr. dibaca dalam: 2 menit
13