Debt Collector AdaKami Tidak Beretika

Saya adalah nasabah pinjol AdaKami dan mengalami keterlambatan pembayaran 4 hari. Pada tanggal 13 September 2023 pagi pukul 08.00, saya dihubungi oleh debt collector yang mengatasnamakan AdaKami. Saya diancam, jika tidak melakukan pembayaran sebelum pukul 13.00, maka dia akan menghancurkan karir saya.

Pukul 13.30, saya dihubungi oleh rekan kerja saya, bahwa ada komentar buruk yang menghina dan mencemarkan nama baik saya di akun media sosial tempat saya bekerja. Pada pukul 16.25, saya mendapat teror berupa makanan yang tidak saya pesan.

Hingga hari ini, tanggal 15 September 2023, yang bersangkutan masih menghubungi saya melalui WA dengan membabi buta, sehingga mengganggu saya dalam bekerja.

Ella Wibowo
Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

103 komentar untuk “Debt Collector AdaKami Tidak Beretika

  • 18 September 2023 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Hancurkan, teror balik..dc2 itu sebenarnya sembunyi dibalik layar..mereka semua pengecut, nama samaran, lapor polisi Bu dan LBH

      • 20 September 2023 - (10:46 WIB)
        Permalink

        jangan mau bu, mnta bayar pokok aja.. sya jga ngalamin cmn d fintech lain sy jg ancur smpai kmna2 tp Alhamdulillah sy byar pelan2 klau ad klau emng bener ojk yg pnting ada uang masuk tiap bulan untuk pembayaran itu dah bagus

    • 22 September 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Cabut saja isin pinjol ini, seharusnya pihak ojk lebih bertindak tegas menghadapi dc2 pinjol seperti ini. Jika mmg ini bukan di lakukan oleh dc2 pinjol bersangkutan. Knpa tdk ada upaya untuk mencegah dc2 model begini, yg hanya meresahkan konsumen, bak preman2 jalanan…

    • 24 September 2023 - (09:11 WIB)
      Permalink

      Terlalu banyak berkeliaran di media cerita extrem cara cara penagihan DC pinjol… demikian juga paparan suku bunga yg menjerat leher… mudah mudahan menjadikan kita lebih bijak dan cerdas dalam mengatasi kesulitan keuangan

  • 18 September 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Dokter korban pinjol. Ditunggu profesi mentereng lain yang masuk jebakan rentenir. 👹

  • 18 September 2023 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Gila bener, minjem 9 juta bunganya 5 juta lebih.. Ini kok di diemin yah sama pemerintah tolol. Klo gw cari tau ini pinjol-pinjol mayoritas server pusat nya ada di China dan hongkong.

  • 18 September 2023 - (21:45 WIB)
    Permalink

    @Indra iyaa betul Bang bantai aja personil atau karyawan AdaKami memang pinjol itu meresahkan yaa. Bunganya mencekik bngts, udh begitu keterlaluan lagi dalam penagihannya yg pakai ancam segala. Iklan saja dimana mana tapi meresahkan..

  • 18 September 2023 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Turunkan ratingnya di play store biar banyak yg tau dan g pake aplikasi pinjol ini lagi. OJK aja diem tuh padahal yg komplain dah banyak tapi dibiarin aja

  • 19 September 2023 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Hapus aplikasi adakamu,
    Hapus aplikasi WhatsApp,
    Hapus aplikasi Instagram,

    Kalau dia nelpon reguler blokir, pakai nomer lain blokir lagi, pakai nomer lain blokir lagi . .!??

  • 19 September 2023 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk baru kmren gua baca tweet yg nyeritain ada seorang bapak bundir gara” di teror sama DC adakami, sama persis gtu teror nya, di bikin di pecat dri kantor, di orderin orderan fiktif ke rumah tiap hari, di ancem” segala rupa, serem pokonya iihh

  • 19 September 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Bakar aja itu perusahan Pinjol berserta DC nya sekalian.. Pinjol itu bikin merusak Generasi NKRI..

  • 19 September 2023 - (08:43 WIB)
    Permalink

    dc2 adakambing emg bar2.. Tp gosah tkt mreka cm menggertak aja.. Kl emg blm ada dana gosah dibayar, fokusin utk kebutuhan utama kluarga dlu aja.. Adakambing g ada dc lapangan jd kl mw galbay aman, cm emg ganggu d wa sm medsos.. Kl mw lbh aman sebaiknya smw medsos dinonaktifin dlu, ganti nmr jg spy lbh tenang.. Jadikan pelajaran jg spy jgn prnh ksh link medsos k apk pinjol manapun

  • 19 September 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Pengalaman gw sih, klo kita komunikasi dan bayar cicilan ga ada anceman. Utang nya gede sih. Hehehehehe

  • 19 September 2023 - (13:25 WIB)
    Permalink

    AdaKami ini iklannya massive, misal di youtube sering muncul meski sudah di hide, khawatir banyak yg terjerat apalagi OJK ga ada tindakan juga.

  • 19 September 2023 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Btw ada yg lagi rame ditwitter juga, katanya akibat dari ancaman penagi pinjol adakami,, seorang kreditur sampe bunuh diri, bahkan sudah meninggalpun dibilang ngk percaya, dibilang palsu,, astaga segitunya,, belum cukup sampe disitu teror masih berlanjut sesudah kreditur meninggal jga,, ada berbagai ancaman seprti order fiktif gojek goofod dari penagi hutang, padahal si kreditur ngk pernah pesan gojdk

  • 19 September 2023 - (15:39 WIB)
    Permalink

    Hai Kak Ella, kami sangat memahami ketidaknyamanan kamu. Adakami tidak membenarkan praktek collection yang meresahkan dan mengganggu. AdaKami memiliki SOP ketat yang sesuai dengan panduan OJK dan menindak tegas praktek collection yang melanggar hal tersebut.

    Saat ini proses investigasi masih berjalan dan hasilnya akan kami informasikan segera.

    Apabila Kakak belum puas terhadap hasil investigasi. Kami sarankan laporkan nomor-nomor collection tersebut ke portal resmi OJK beserta dengan bukti-bukti yang lengkap.

    AdaKami merupakan aplikasi yang berizin dan diawasi OJK dan Kami tunduk serta patuh terhadap aturan OJK dan lembaga hukum terkait.

    Apabila ada pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi kami kembali atau via livechat di aplikasi dan e-mail hello@cs.adakami.id ya. Terima kasih.

    • 19 September 2023 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Setelah sy laporkan ke CS, yg ada tindakan dari DC semakin brutal dan membabi buta.
      Bukan hanya melakukan spam di tempat sy bekerja, namun juga melakukan spam di institusi tempat sy menempuh pendidikan. Hari ini bahkan melakukan spam ke rektorat dan jajarannya, mengancam berusaha membuat sy di DO.

    • 20 September 2023 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Utang 9 juta bunga + ini itunya sampe 6 juta? Yakin lu sehat ?? Kayaknya yg memberi hutang dan yg menerima hutang sama sama perlu diperiksa kejiwaannya

  • 19 September 2023 - (17:15 WIB)
    Permalink

    lagi rame itu ada kami orang sudah meninggal juga masih di teror sama DC nya, mendingan gak usah di bayar rasaku bener2 rentenir itu

  • 19 September 2023 - (20:36 WIB)
    Permalink

    Fungsi ojk itu ap & ngpain?
    DC nya gak ada bedanya yg ilegal maupun legal
    Amit” Jgn smp terlibat pinjol

  • 20 September 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Hutang 9 juta tapi total bunga dll mencapai 6 juta…ini sih garong berkedok pinjol , ingat jangan ada yg terjebak bujuk rayu ADAGARONG

  • 20 September 2023 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Saya udah melewati fase ini mba sekitar bulan juni saya putusin untuk galbay adakami ini. Udah kelewat kurang ngajar DC DCnya, saya pernah beberapa kali diteror orderan gofood yang saya gak pesan. Bayarnya Cash dengan nominal kisaran 250-400rb.

    Nama pemesan jg berubah2, DC nya ngaku2 jadi suami saya yang orderin gofood. Ojol yang gak tau apa2 jadi kena imbas. Jika mba bertemu langsung dengan ojol yang menerima order fiktif itu. Cara ngadepinnya,
    1. Mba foto order gofood nya itu dari si ojol. Pastikan nomor pemesanan gofoodnya terlihat.
    2. DC yang ngorder gofood si ojol pasti akan chat ke abang ojolnya. Fotokan bukti chatnya. Setelah bukti terkumpul lapor ke GOJEK dengan permintaan blokir akun yang membuat orderan fiktif itu.
    3. Jika DC teror WA jangan pernah di tangggapi. mereka hanya antek2 anjing yang aslinya kerja nerorin peminjam sambil hahahihi.
    4. Kalau dapat teroran paket COD, langsung tolak aja. Ceritakan ke kurir kronologisnya kalo mba lagi dikerjain DC.

    Gak cuma teror gofood, saya jg pernah loh mba di teror dikirim karangan bunga turut berduka cita atas meninggalnya “Nama saya” wkwkwkw sumpah itu part terlucu. sampe saya bilang “panjang umur ni gua di kirimin karangan bunga meninggal”

    Kalau mba ada tunggakan di pinjol lain yang teror nya gak seganas adakami. Silakan dihadapi, kalau mba nya jg ada rezeki untuk membayar, bayar dulu yang terornya gak seganas adakami. justru saran dari saya adakami jangan dibayar biar bangkrut sekalian. sudah banyak korban dari DC adakami, karna teror gak ngotaknya itu.

    Karna saya sendiri memutuskan untuk galbay adakami, karna sudah menganggu hidup saya. Ditambah ekonomi lagi bener2 pailit bgt capek galob tulob. Buat orang2 yang komen macem2 biarin aja mba, gak ada yang tau siklus kehidupan. Siapa tau yang komen macem suatu saat malah ngerasain kepepet pinjol.

    • 22 September 2023 - (14:21 WIB)
      Permalink

      Ada kami gak akan pernah bangkrut deh kayaknya. Karena perusahaan ini sudah memiliki nama yg sangat besar di dunia. Yg ada kita ‘sikambing congek’ yg akan semakin hancur. Mengingat karir dan pendidikan sipeminjam ini cukup tinggi, saran saya mba ke psikiter saja dulu sebelum mampu membayar hutangnya. Kalau ada rejeki segera selesaikan. Karena biasanya orang yg memiliki gelar akademisi yg mumpuni yg justru sangat rentan dengan pemilikiran dan tindakan negatif ‘let say… budi’ jika mengalami kondisi ini. semoga ibunya tetap kuat menghadapi ini dan terus menggunakan akalnya. Sudah terlanjur kejadian, hidup harus terus bergerak, anak masih perlu makan. Semoga segera diberikan jalan keluar yg terbaik.

  • 21 September 2023 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Buat aja artikel di mediakonsumen dg judul.. tutup dan bubarkan OJK, konsumen banyak yang rugi…

  • 21 September 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Lebih baik galbay saja karena sdh sebar data. Pengalaman saya yang sdh hancur oleh pinjol biadap selama 2 tahun dari 2019 s.d 2021.. gali lobang tutup lobang sampai di 15 legal dan 60 ilegal… Habis semua aset, tp g ketutup… Akhirnya galbay saja… Lebih baik malu sesaat dari pada hancur selamanya.. jgn pernah pinjol… Menyengsarakan…

  • 21 September 2023 - (10:26 WIB)
    Permalink

    OJK tidak boleh diam dan harus mencari solusi. Jangan sampai fenomena seperti ini membuat masyarakat nantinya gerah dan merapatkan barisan serta “main hakim sendiri”. Ga lucu cuma karena OJK tidak bisa “menertibkan” hal seperti ini yg berulang ulang ujung2nya jadi konflik yg bisa menyebabkan korban jiwa. Saran sih setiap collector yg datang ke rumah atau kantor harus dilengkapi izin RT,RW dan Binamas untuk meminimalisir konflik dan memediasi tanpa adanya ancaman fisik ataupun verbal

  • 21 September 2023 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Ancam balik kalau sampai ancam sebar data dan mempermalukan Ga usah di bayar Galbay nanti juga takut mereka kalau di galabay

    • 22 September 2023 - (21:14 WIB)
      Permalink

      kalo butuh jasa tracking lokasi via WA,IG,FB,TIKTOK DAN SOSMED LAIN NYA bisa hubungi saya. asal jgn via google/ Gmail karna SSH nya ketat.
      dijamin akurat sesuai kordinat jaringan provider hp DC nya.
      sepalsu apapun akun nya asal mereka menggunakan jaringan internet dapat di track lokasi nya.

  • 21 September 2023 - (19:30 WIB)
    Permalink

    Harapan kita hanya kepada presiden ojk makan suap sepertinya ada pemain pinjol di tubuh ojk

  • 22 September 2023 - (20:13 WIB)
    Permalink

    TERNYATA BENAR BERITA YANG LAGI RAME DI TV MENGENAI ‘ADA KAMI” YANG MEMBUAT NASABAH NYA YANG BERINISIAL ‘K’ BUNUH DIRI, SAMA PERSIS PERLAKUANNYA DENGAN YANG DITERIMA OLEH PENULIS INI.

    SEMOGA CEPAT ADA JALAN KELUARNYA!

  • 24 September 2023 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Dari SS an percakapannya sepertinya memang anda yg ribet, ya memang sudah pinjam dengan semua konsekuensinya, kalo dibayar pasti gak akan ada teror2 an

  • 25 September 2023 - (05:24 WIB)
    Permalink

    Sia2 DC adakami gak cuman 1 buk mendingan di bayar saja kelar masalah.
    1 DC gugur ada lagi selagi ada uang gak bakalan kelar.

 Apa Komentar Anda mengenai AdaKami?

Ada 103 komentar sampai saat ini..

Debt Collector AdaKami Tidak Beretika

oleh Wibowo dibaca dalam: <1 menit
103