Tagihan Pinjol yang Hilang Aplikasinya

Halo, mohon bantuannya. Saya sebelumnya memang bodoh mengakses aplikasi pinjol yang tidak terdaftar OJK. Setelah dana masuk rekening, aplikasi tidak bisa diakses dan di Playstore, hilang.

Jatuh tempo 7 hari dan sekarang ini sudah lewat 7 hari. Ada debt collector yang mengancam harus membayar, tapi dengan link apk yang berbahaya jika kita akses. Bunganya semakin besar. Saya meminta virtual account pembayarannya malah diblokir oleh debt collector tersebut.

Apakah jika saya mengabaikannya, ke depannya mereka akan sebar data ke kontak kita? Kalau kita abaikan, bagaimana dengan hitungan bunga mereka yang semakin besar?

Bagaimana ya solusinya, saya sangat khawatir sekali. Mohon bantuannya. Apa yang harus dilakukan dengan kondisi seperti itu ya?

Silvanna
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

54 komentar untuk “Tagihan Pinjol yang Hilang Aplikasinya

    • 27 September 2023 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Diemin aja mas.. Gak usah bayar.
      Nanti kalo memang ada fitnah ke kontak mas jelasin aja kalo mas kena sebar link yg mengambil data mas. Itu ilegall.. Gk ush kwatir.

      33
      2
    • 27 September 2023 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Tidak usah bayar. Saya pernah mengalami hal serupa, bedanya saya tidak pernah merasa mengajukan ke aplikasi pinjol ilegal manapun tapi mereka punya data saya. Tibalah data saya disebar di kontak2 di hp saya, tapi saya diemin aja sambil meyakinkan seluruh kenalan saya kalau itu bukan saya. Sekitar 2 mingguan teror berlangsung, akhirnya berhenti sendiri.

      Kasus lain dialami teman saya. Karena kepepet dia pinjam ke pinjol ilegal, 1.600 ribu tapi yg diterima hanya 1.128.000 kalau saya tidak salah. Saat mau bayar aplikasi susah dibuka, selalu kembali ke layar awal, jadi dia tidak bisa proses bayaran. Sebar datalah ke kontak2 nya temanku itu, tapi sekitar sebulan teror menghilang. Temanku untung dong, dpt duit, tapi ya org2 pada tau dia pinjol. Tapi kan bukan salah temanki, aplikasinya aja goblok.

      23
      2
  • 27 September 2023 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Jelas2 illegal, apalagi aplikasinya sudah hilang, tidak perlu dibayar. Pemerintah juga sudah bilang tidak perlu bayar pinkol illegal. Ganti nomor HP saja terus bilang ke semua kontak abaikan jika ada penagihan, itu penipu.

    32
    1
  • 27 September 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Solusi nya ya jangan bayar.. harusnya dulu waktu pinjem, ketika aplikasi meminta izin untuk akses kontak hapus dulu semua kontak keluarga dan teman2 dan ganti kontak dengan nomor sedot wc yg suka ditempel..malah kalo perlu nomor2 debt kolektornya masukin kontak biar mereka pada berantem saling tagih

    72
    3
  • 27 September 2023 - (11:18 WIB)
    Permalink

    kak jelas2 ilegal kok kalo tenor cuma 7 hari mah, tagihan 1,9 aku yakin pas masuk rekening kakak cuma 1jt.. gapapa galbay aja cuekin kak

    14
    • 27 September 2023 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Blokir aja setiap panggilan masuk yg gak dikenal. Toh lama2 mereka kapok sendiri. Anda untung dong krn mereka dr pinjol ilegal. Jd gak usah bayar lg.😆😆

    • 2 Oktober 2023 - (00:49 WIB)
      Permalink

      Aku kemarin gitu kak mmg aku download apk.nya kredit digital lah tiba2 muncul tagihan 2400 sedangkan uang yg masuk di rekening 1.400 gila bener..trus gmn ini

  • 27 September 2023 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Udah kak Ndak usah dibayar.pinjol ilegal bunganya biadab. Itu link hati2 sangat berbahaya,kita akan otomatis pinjam lagi di apk itu. Ketika kita klik apk langsung otomatis reset pinjaman baru lagi,dan otomatis tf lgi ke rekening sebelumnya. Dan apk hebatnya hilang lagi. Inilah kumpulan preman preman pemallak dan pemeras. Kalaupun ada DC kerumah hadapin aja. Biar habis udah kita ,saya berantem jga Ndak apa apa kalau saya sampai titik darah penghabisan. Percuma takut takut sama DC yang jahat. Kita biarin kita diteror terus. Udah daripada mati sia sia pasang badan aja ancur sama ancur sudah. Percuma kita takut sama orang orang model gitu. Kalau takut kita diinjak. Masak pinjam 950rb jangka 7 hari .telat 1 hari jadi 1.9 JT. Apaan itu.

    14
    1
  • 27 September 2023 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Itu mah bukan dc pinjol ka. Itu mah penipu dia wa random. Kali ada yg bakal kepancing..jangan diklik..jebol nanti rekening banknya

    4
    1
  • 27 September 2023 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Sekedar info, klo menginstal apk yg bkn didownload dr playstore memang akan ada notifikasi aplikasi itu berbahaya tp sebenarnya itu tdk berbahaya, aplikasi itu dinyatakan berbahaya karna didownloadnya bkn dr playstore dan jg karna apk itu tdk ada di playstore. Google mewajibkan semua aplikasi android hrs didownload melalui playstore dan jg hrs didaftarkan ke playstore klo tdk maka akan dianggap aplikasi berbahaya oleh google. Dan utk mendaftarkan aplikasi agar bs didownload dan terdaftar di playstore pihak pengembang ataupun pihak aplikasinya hrs membayar dan itu tdklah kecil jumlahnya jd bnyk pihak pengembang dan pihak aplikasinya yg enggan utk mendaftarkan aplikasinya di playstore jd mereka lbh memilih menyebarkan link aplikasinya melalui situs2 download gratisan, WA, medsos2 dan situs mereka sendiri aja. Intinya ga semua aplikasi yg ada notif aplikasi berbahaya saat akan diinstal itu akan mencuri data2 dr hp yg menginstalnya.

    1
    17
    • 27 September 2023 - (22:56 WIB)
      Permalink

      Biaya buat akun Playstore sangatlah murah. Orang yang tebar aplikasi diluar Playstore itu biasanya;
      1. Aplikasi Mod/Bajakan.
      2. Aplikasi virus/trojact/malware.
      Karena jika melalui playstore nanti aplikasi yang saya maksud diatas akan otomatis diblokir jadi iangan pernah mendownload aplikasi yang sumber tidak dipercaya.

      6
      1
      • 4 Oktober 2023 - (03:11 WIB)
        Permalink

        yakin sangat murah bang? klo emang semurah itu pasti playstore sdh penuh dgn aplikasi2 ecek2 yg bs dibuat lewat website pembuat apk online gratisan dan jg yg dibuat oleh perorangan dgn mksd2 tertentu.

    • 30 September 2023 - (22:14 WIB)
      Permalink

      Ini jelas2 penipu. Mana ada install aplikasi tanpa Play Store dianggap berbahaya. Gw install aplikasi & game yg udah dimod ga ada notif apa2. Kalo install aplikasi buat ngakalin billing play store macam Lucky Pacher, atau aplikasi2 yg sudah terdeteksi bisa mencuri data secara illegal baru muncul notif applikasi berbahaya. Kalo buat orang awam, kalo Androidnya udah bilang aplikasinya bahaya langsung apus aja, apalagi applikasi yg berhubungan dengan keuangan, kalo ada yg bilang aman harus dicurigai sebagai penipu.

      • 4 Oktober 2023 - (03:21 WIB)
        Permalink

        masa bang ga dpt notif aplikasi berbahaya klo install apk yg bkn didownload langsung dr playstore?? Ente install aplikasi dan game yg udh dimod dan ga ada notif aplikasi berbahayanya itu karna aplikasi dan game versi ori nya emang ada diplaystore jd playstore mendeteksinya itu bkn sebagai aplikasi yg berbahaya. Coba ente install aplikasi file manager yg namanya ES Explorer yg ente download dr website2 seperti apkpure, pasti akan ada notif aplikasi berbahaya dan akan ada selalu notif klo aplikasi itu berbahaya dan anjuran utk menguninstallnya setelah ente menginstallnya. Dulu padahal make aplikasi itu ga ada notif2 seperti itu karna dulu aplikasi itu ada di playstore, skrg muncul notif2 seperti itu karna aplikasi itu sdh tdk ada lg di playstore..

        • 4 Oktober 2023 - (06:29 WIB)
          Permalink

          ES Explorer & applikasi yg lain yg dibuat developer yg sama udah dibanned Google karena ada indikasi “click fraud”.

          • 4 Oktober 2023 - (07:06 WIB)
            Permalink

            click fraud mah ga termasuk membahayakan yg bs mencuri data2 lah, click fraud itu hanya kecurangan dlm mengeklik iklan aja tp kenapa aplikasi itu dinyatakan berbahaya buat penginstall dan jg pengguna2nya? Berbahayanya mah cuma buat google aja kali ah, yg dicurangi dlm membayar penghasilan iklannya.. 😅

  • 27 September 2023 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Semua pinjol baik legal atau ilegal adalah haram hukumnya, jadi kalau pemerintah tidak bisa bertindak atas nama rakyat maka azan Allah akan menyertai para pemberi ijin pinjaman online

    8
    3
  • 27 September 2023 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Pinjaman dana online adalah produk riba abad modern harus dikikis sampai habis karena dampak nya sangat luas di tengah masyarakat

    7
    2
  • 27 September 2023 - (18:19 WIB)
    Permalink

    gak usah dibayar mak. dont worry be happy, tetangga dan kerabat anda akan mengerti dengan sendirinya. jika anda takut mental anda terganggu, sementara private semua akun media sosial anda. ada teror wa? blokir. gunakan aplikasi seperti get contact untuk mendeteksi nomor nomor gak jelas. selagi illegal galbaykan saja. aman. yg legal ada resiko slik ojk, itupun kalau anda mau memiliki komitmen no utang utang, galbay kan aja juga gak masalah.

    1
    1
    • 27 September 2023 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Itu klo msalkn galbay dpinjol legal kn slik ojk jd jlek msalkn gpp.krn udh niat gx mw mnjem2 pinjol lg tp itu klo galbay d apk.nya trz jlan gx ya utang qta nya tmbh bnyk dn tmbh gede gx ntr bunga atau denda ny klo qta galbay..

  • 27 September 2023 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Diemin aja..dan tungguin aja responya..KLO perlu surah datang jgn berani di wa doank..man to man..sikaat aja tuh debt collect..GK usah takut selama dia makan nasi juga

  • 27 September 2023 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Temanku mengalami sperti sampean .
    Awalnya takut dan malu.

    Tapi lapor polisi dulu.terus suruh ganti hp dan nomer serta memberi penjelasan ke teman2.
    Lo jika kamu transfer itu Ndak nyampe ke pinjol yg sampean pinjami.
    Lapor polisi dulu segera…
    Sampean korban jangan takut gaes.
    Semangat
    Ganti nomer dan hp

  • 29 September 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Hadeuh mba abaikan saja pinjol gak jelas gitu, ga udah dipikirin cuman lain kali jari jangan terlalu kreatif asal pencet.

  • 29 September 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Cuekin aja ga usah bayar, penjahat semua itu, nggu respon pemerintah sampe kiamat ya ga bakal respon

  • 29 September 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Cuekin aja ga usah bayar om, penjahat semua itu, pemerintahb jg gabawa responnya soal ini

  • 30 September 2023 - (02:11 WIB)
    Permalink

    Blokir nomornya, sosialisasikan ke seluruh kontak di hp om. Bayar? Gak perlu, itu ilegal. Hati-hati yang gak ada label OJK dan AFPI nya.

  • 30 September 2023 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Ini sudah jelas pinjol ilegal, ga usah bayar, paling data kesebar ke contact aja tapi dijamin mereka ga akan berani dateng karena mereka ilegal.

 Apa Komentar Anda?

Ada 54 komentar sampai saat ini..

Tagihan Pinjol yang Hilang Aplikasinya

oleh Silvanna dibaca dalam: <1 menit
54