Lama Proses Refund Uang Booking Fee Saya dari Modernland dan BNI

Selamat siang.

Kepada Yth. Pihak Modernland dan BNI,

Saya konsumen yang pada bulan Juli melakukan pembayaran booking fee sebesar IDR3.000.000 ke PT Griya Sukamanah Permai. Rumah sudah ready. Saya ketika visit langsung melakukan pembayaran booking fee. Namun dikarenakan weekend, jadi SPR baru keluar beberapa minggu kemudian.

Saya dijanjikan proses rumah 2 minggu setelah data masuk bank. Nyatanya pihak sales Modernland atas nama Cindy hanya memberikan saya form BNI untuk diisi. Setelah pengisian data, saya dihubungi bagian KPR BNI bernama Jane. Entah prosesnya bagaimana (tidak ada telepon ke kantor saya) tiba-tiba ada kabar KPR saya ditolak. Mbak Cindy pun berusaha mengajukan banding ke BNI pusat dan di BNI pusat saya dibantu oleh mbak Desi.

Info yang diberikan Cindy dan Pak Sugeng berbeda. Cindy info saya harus dapat 2x penolakan bank baru bisa refund. Pak Sugeng hanya info cukup 1 surat penolakan bank nanti akan proses refund.

 

Yang saya permasalahkan di sini adalah:

  1. Apa urusan Bank BNI untuk mengirimkan analis untuk saya agar ke bank BCA mencetak rekening koran saya (entah untuk apa)? Itu privasi saya dan kalian tidak berhak untuk tahu uang saya kenapa ada banyak. Kalian hanya perlu pengecekan bahwa angka di dalam rekening koran saya yang menyertakan info gaji saya sesuai dengan pay slip. Apa ini prosedur yang benar? Sejak kapan analis bisa menemani konsumen untuk cetak rekening koran? Tidak wajar. Kalian hanya perlu visit ke kantor dan telepon HR untuk konfirmasi data. BI Checking saya bagus, kenapa dipermasalahkan? Yang penting itu kan saya ada penghasilan dan saya ada kemauan membayar cicilan. Hutang itu dibayarkan atau tidak bukan sesuai kemampuan tapi kemauan seseorang. Kalian harusnya paham prinsip tersebut.
  2. Proses pencetakan surat penolakan KPR saya dari BNI lama sekali. Memang berapa waktu yang diperlukan untuk mencetak 1 surat saja? Tim kalian juga tidak merespons chat saya. Hanya bilang “on process” jika ditelepon.
  3. Pihak Modernland tolong dibantu untuk follow up, jangan kalian hanya berpangku tangan. Saya sudah jelaskan mau dilanjutkan proses di bank lain, saya mau saja. Tapi mana? Tidak ada itikad dari kalian membantu saya. Kalian malah menambah beban saya dengan buang waktu dan uang bayar kontrakan.

Jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut, saya akan lapor ke pihak berwenang. Sepele memang uang IDR3.000.000 untuk kalian. Namun bagi saya itu berarti. Tolong respons pesan saya. Saya lelah kalian diamkan saja.

Terima kasih. Salam saya,

Vanisya
Tangerang, Banten


Update (17 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak BNI dan Modernland sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Lama Proses Refund Uang Booking Fee Saya dari Modernland dan BNI”

Menanggapi keluhan Ibu Vanisya di media online www.mediakonsumen.com pada tanggal 12 Oktober 2023 dengan judul “Lama Proses Refund Uang Booking...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Lama Proses Refund Uang Booking Fee Saya dari Modernland dan BNI

  • 13 Oktober 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Kalau urusan uang 3jt sampai anda bawa ke berwenang, percaya deh…biaya yg anda keluarkan bakal jauh berlipat2 lebih besar dr 3jt untuk biaya pngurusannya, jadi menurut saya ancaman anda bahwa anda akan membawa ke pihak berwenang tidak akan mereka dengarkan.

    Anda tinggal nilai, apa penyebab penolakan KPR anda. Kalau misal masih banyak hutang yg tertunggak, Lebih baik uang lebih yg anda pegang, gunakan untuk membereskan hutang2 anda yg masih tercatat buruk di data BI Checking.

    Coba anda cek, dalam perjanjian ada tertulis atau tidak bahwa penolakan Bank akan bisa mengembalikan booking fee ke calon nasabah. Kalau ada, kejar terus…kalau tidak ada tertulis ya ikhlaskan aja, karena kebanyakan sales itu bukan karyawan tetap developer tetapi pekerja lepas yg setiap ucapannya sering tidak match dengan kebijakan perusahaan

    • 13 Oktober 2023 - (21:14 WIB)
      Permalink

      Halo. Makasih komennya. Sudah clear tadi masalahnya. sudah dikeluarkan surat penolakan KPR dan akan proses refund.

    • 13 Oktober 2023 - (21:15 WIB)
      Permalink

      ya bener lah. duit tabungan saya buat apa orang lain tahu buat apa dan saya nabung dari gaji atau saham atau uang warisan. fokus sama masalah refund saya aja komennya. Thanks ^^

  • 23 Oktober 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Wah ternyata ada tempat untuk berbagi curhat Customer.
    Kami memutuskan mengambil 1 unit rumah di Modernland Cilejit karena kami berpikir ini punya masa depan menjadi sebuah kawasan kota dan kelak bs menjadi spt BSD.

    Sejak launching Juli 2019 unit infonya terjual laku keras namun nyatanya hingga detik ini kami blm bs menerim rumah tersebut padahal sdh lunas. Hingga Pertengahan 2022 ada 1 moment cluster dimana unit yg kami ambil dipindah lagi tanahnya karena ada problem otomatis kami dipindah dan ok kami tanda tangan sbg persetujuan dan dijanjikan selesai bangun Maret 2023. Nyatanya hingga detik ini kami belum bs BAST. Tanggal 16 Oktober 2023 kami dikirim pesan oleh CS utk jadwal BAST, namun saya meminta bener bener dipastikan unitnya ready jangan sampai BAST tp komplainya sampai sekian halaman formulir. Dan Taraaaaaaaaaaaa hari ini tgl 23 Oktober kami terima pesan dari CS,

    Pkl 10.03 wib ” Selamat pagi pak Markus, kami koordinasi dengan tim serah terima dulu ya pak, terima kasih

    Pkl 10.12 wib ” Pak, konfirm tim project barusan, unit bapak belum benar benar siap, nanti dikabarin apabila sudah ya pak, terima kasih.

    Ya begitulah, memang sebagian sdh BAST mungkin tanda tangan krn ga paham HAK nya, atau bs jd krn sdh 4 tahun ya udah tanda tangan saja. Tapi saya ga mau, 4 tahun uang saya mati tak bergerak, kalau dideposito uang ratusan juga sdh brp tuh bunganya wkwwkwkkw

    apakah ada group whatsapp para customer modernland cilejit ini?

    kalau ada yg berbagi curhat yg sama yokkk kita buat group whatsapp, atau kalau sdh ada kirim LINK nya.

    • 25 Oktober 2023 - (15:15 WIB)
      Permalink

      Halo Pak Markus. Saran saya Bapak better datang ke kantor pusat Modernland di Gajah Mada. Jika masih belum ada solusi untuk refund atau apapun,naikkan saja kasus Bapak di media konsumen agar menjadi perhatian pihak Modernland. Semoga berhasil ya Pak

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Lama Proses Refund Uang Booking Fee Saya dari Modernland dan BNI

oleh Vanisya Miero dibaca dalam: 2 menit
6