Surat Pembaca

Customer Service Provider Internet CircleOne Tidak Serius dalam Menangani Masalah Customer

Salam.

Saya salah satu staf dari di perusahaan saya ingin menyampaikan keluhan terkait koneksi internet CircleOne yang digunakan di kantor. Masalah ini sudah terjadi sejak bulan November 2023, yang mana internet sangat sering tidak stabil (speed sering turun). Dan masalah ini sudah sangat mengganggu pekerjaan para staf di kantor, sampai-sampai beberapa staf menyalakan tethering dari handphone masing-masing untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Lalu pada tanggal 17 November 2023, salah satu staf mengirimkan email ke customer service untuk dilakukan pengecekan karena internet sangat lambat. Berikut ini screenshot percakapannya:

Dari screenshot di atas terlihat bahwa dari CS CircleOne hanya melakukan pengecekan secara remote, tanpa ada tindak lanjut.

Kemudian pada tanggal 15 Desember 2023, kembali melakukan komplain karena internet yang sangat lambat dan tidak stabil. Berikut ini screenshot percakapannya:

15 Des 2023 komplain tes speed
15 Des 2023 Circleone cek via remote

 

Dari percakapan di atas, lagi-lagi dari CS CircleOne hanya melakukan pengecekan secara remote, tanpa ada inisiatif untuk mengecek langsung ke lokasi kantor.

Lalu pada tanggal 3 Januari 2024, salah satu staf kembali melakukan komplain ke customer service via WhatApp. Sudah minta untuk didatangkan teknisi supaya bisa langsung memperbaiki masalahnya, tetapi dari pihak CS CircleOne lagi-lagi berkelit.

Karena sudah berbagai cara untuk melakukan komplain, tetapi tidak juga di-handle secara serius (bermasalah dari November 2023 sampai Januari 2024). Maka pada akhirnya saya berinisiatif untuk langsung menuliskan komplain ini di Media Konsumen dengan harapan:

  1. Datangkan teknisi untuk visit ke kantor.
  2. Perbaiki masalah jaringan internet yang tidak stabil dan lambat.

Mohon kerja sama dan itikad baik kepada CircleOne, untuk segera melakukan perbaikan.

Farhan Husein
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pindah provider saja. Perbaikan cuma secara remote itu seolah-olah provider dioperasikan oleh segelintir orang.

  • pengen ketawa 10 Mbps untuk kantoran, di rumah aja saya pake yang 30Mbps. mau irit atau gimana yaa.

    • Kebetulan yg WFO di kantor cuma 5 orang dan internetnya dipake utk keperluan pekerjaan aja. Sebelum bulan Nov 2023 koneksinya aman2 aja, pernah sekali bermasalah dan teknisinya visit ke kantor. Entah kenapa setelah itu gak visit lagi

      • Kecepatan internet 10 mbps kalo dijadikan MBps cuma dapat 1,2 MBps, dibagi 5 user jika dipukul rata cuma dapet 240kbps per user gimana gak lemot cok. Buat scroll sosmed juga pasti bikin darah tinggi apalagi buat kerja.

        • Sebelum bulan Nov 2023 koneksi aman2 aja buat dipake kerja, buka sosmed, buka portal berita. Entah kenapa setelah itu koneksinya malah jadi parah

  • Mungkin di remote area lokasinya makanya mereka ngak ada dana untuk turlap, walau bapak hanya di minta atasan untuk bikin komplain ke Mk, mending cari provider lain yg lebih baik servicenya.

    • Sebelumnya teknisi pernah visit, tapi setelah ada masalah lagi malah gak visit walau udah diminta

    • Kebetulan yg WFO di kantor cuma 5 orang dan internetnya dipake cuma utk pekerjaan aja.

  • baik saya akan bantu jelaskan jika di 1 modem dengan kapasitas kecepatan 10Mbps di gunakan oleh 5 orang berarti 10 ÷ 5 = 2Mbps per pengguna perangkat.
    sedangkan sekarang rata2 perangkat saat ini bisa memakan 5-10Mbps per perangkat
    jadi alangkah baiknya untuk menggunakan paket internet dengan kecepatan 30-50Mbps.

  • Di kantornya tidak ada staff it (jaringan) kah?

    Kalau emang tidak ada, saran saya gunakan management bandwidth salah satu produk yang bisa untuk itu, Mikrotik / Cisco.

    Dengan menggunakan mikrotik/cisco, dapat memonitoring penggunaan bandwidth dan bahkan juga bisa membatasi pengguna bandwidth per user.