Saldo Rekening Berkurang karena Pembayaran Premi Chubb Care tanpa Sepengetahuan Nasabah

Yth. Media Konsumen, izinkan saya menyampaikan keluh kesah dan kekecewaan yang saya alami.

Berawal dari saldo Bank BRI BritAma saya yang berkurang setiap bulan sebesar Rp310.000 sejak bulan November 2023 sampai Februari 2024, karena asuransi Chubb Care. Perkiraan total Rp1.240.000 dan saya sudah mengajukan pembatalan pada bulan Februari 2024. Namun belum ada dana yang dikembalikan.

Pihak CS asuransi Chubb hanya menyampaikan apabila saya melakukan pembatalan, dana yang sudah diambil untuk pembayaran premi tidak bisa dicairkan. Sedangkan saya tidak menerima bukti apa pun dari pihak Asuransi Chubb, baik itu polis yang dikirimkan melalui pihak kantor pos atau pun email dan SMS konfirmasi penyerahan polis tersebut.

Pada tanggal 21 Februari 2024, saya mengajukan pengembalian dana tersebut yang sudah dipotong per bulannya. Namun mereka selaku pihak asuransi tidak bisa memberi waktu kapan pastinya saya dapat jawaban dari perihal tersebut. Alhasil, saya memberikan waktu 2×24 jam dan akhirnya sebagai bentuk ikhtiar, saya terbitkan di Media Konsumen ini.

Kejadian bermula pada bulan November 2023. Saya dihubungi oleh orang yang mengaku dari BRI Pusat melalui telepon ke nomor pribadi saya. Karena merasa memiliki akun rekening Bank BRI, saya menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Namun seingat saya, saya tidak pernah merasa menyetujui untuk mendaftar asuransi (mungkin karena bahasa yang menjebak dengan berkata YA berarti setuju).

Di luar itu, tidak merasa menyetujui pendaftaran maupun kontrak asuransi, karena saya sudah memiliki asuransi KIS, asuransi kesehatan gratis dari pemerintah, sehingga tidak ada niatan untuk memiliki asuransi lain.

Kemudian, pada bulan Februari 2024, saya mencetak buku rekening saya. Pada saat itu saya mengetahui bahwa ternyata ada pengeluaran sekitar Rp310.000, dan ternyata transaksi serupa sudah terjadi sejak bulan November 2023.

Saya langsung bertanya kepada pihak Bank BRI Glodok Plaza Jakarta perihal transaksi tersebut. Ternyata kejadian tersebut sudah terjadi beberapa kali. Transaksi tersebut adalah autodebit untuk pembayaran asuransi dari Chubb Care dengan produk TELEPRO SEHAT OPTIMA. Nomor polis pun saya tidak mengetahuinya, karena saya tidak menerima paket dari pihak kantor pos dan tidak menerima konfirmasi dari email dan SMS mengenai polis tersebut. Dari situ, saya mengajukan pembatalan dengan dibantu pihak Bank BRI.

Per tanggal 22 Februari 2024, saya mendapatkan email pembatalan sedang diproses dan/atau berakhir efektif 15 Maret 2024. Sampai asuransi dibatalkan, saya tidak pernah menerima manfaat atau melakukan klaim apa pun dari asuransi tersebut (ya karena memang tidak tahu menahu bahwa selama itu mengikuti asuransi).

Dengan surat ini, saya bersedia dihubungi oleh pihak BRI dan/pihak Chubb Life Insurance untuk menyampaikan klarifikasi dan pengembalian dana atas transaksi yang tidak didasari dengan kesadaran dari nasabah Bank BRI.

NB: Selama dana belum dikembalikan dengan utuh, penjelasan apa pun tidak akan diterima dengan baik.

Salam,

Rois Romadhon
Jakarta Barat


Update (18 Maret 2024): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Chubb Life Insurance sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Saldo Rekening Berkurang karena Pembayaran Premi Chubb Care tanpa Sepengetahuan Nasabah”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Rois...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Saldo Rekening Berkurang karena Pembayaran Premi Chubb Care tanpa Sepengetahuan Nasabah

  • 25 Februari 2024 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Blajar dari pengalaman kalo marketing telp cukup kita tolak secara halus misal gak minat sama program yg ditawarin, langkah masnya sudah bener buat hubungi pihak asuransi saja biar dibatalin kepesertaannya, toh pasti ditindaklanjut antara bank & asuransi

    • 25 Februari 2024 - (14:08 WIB)
      Permalink

      Kedepan pasti saya lebih waspada lagi,dan misalkan marketing pada saat itu langsung bilang dari pihak asuransipun juga langsung saya tolak..dan terima kasih sdr jhon sudah ikut berkomentar di artikel saya

  • 26 Februari 2024 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Saya pun berfikiran sependapat dengan apa yang di katakan sdr ari,tetapi untuk jenjang pidana apalah daya seorang yang lemah seperti saya… Thks sudah ikut berkomentar

  • 26 Februari 2024 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Update per tgl 26 feb 2024 jam 14:33 bahwa saya telah di telpon oleh PT Chubb live mereka menyatakan minta maaf perihal pengaduan yang saya alami, dan pihaknya akan mengembalikan dana saya secara utuh dalam waktu seminggu. Adapun update setelah dana masuk ke rekening dan di terima akan saya beritahukan kembali.

    Salam
    Rois Romadhon

  • 26 Februari 2024 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Klo di telp marketing. Sebelum mereka nyerocos, putuskan saja telepon nya, lalu blok kontak nya…

    Yg paling parah itu dari Bank Danamon

    • 26 Februari 2024 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Kedepan pasti saya akan lalukan sesuai arahan yg anda berikan. Thks dari sdr Mr telah ikut berkomentar

  • 29 Februari 2024 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Update per tgl 29 feb 2024 jam 12:33 bahwa dari pihak asuransi PT Chubb live telah mengembalikan dana saya secara penuh atau utuh dan dana tersebut telah saya terima. Saya sangat berterima kasih kepada Yth Media konsumen karena telah menerbitkan keluhan dan kekecewaan saya, sehingga perihal tsb terselesaikan dengan baik. Dan tidak lupa juga kepada sdr Arifin, terima kasih atas bimbingan dan arahan sodara.

 Apa Komentar Anda mengenai Chubb Life Insurance?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Saldo Rekening Berkurang karena Pembayaran Premi Chubb Care tanpa Sepe…

oleh Roys dibaca dalam: 2 menit
8