Surat Pembaca

Samsung Service Center Yogyakarta Tidak Dapat Diandalkan & Tidak Profesional Atas Hasil Perbaikan yang Buruk

Saya telah menjadi konsumen utama ponsel Samsung sejak seri J5, Galaxy S8, Note8, S10 dan saya percayakan perangkat produktif keseharian saya menggunakan produk tersebut hingga pengalaman buruk saya untuk memperbaiki Samsung Galaxy S10 saya di Samsung Service Center Yogyakarta.

02 Februari, saya membawa langsung unit S10 saya untuk perbaikan ganti layar pecah dan housing dan selesai diperbaiki pada 12 Februari.

13 Februari, temuan cacat pada hasil perbaikan meliputi layar baru yang berbayang pada level kontras tertentu dan bagian kamera yang menjadi kotor sehingga hasil foto sangat buram. Pengaduan lewat whatsapp tidak ada respon dan tidak ada nomor telepon yang bisa dihubungi.

Kamera Buram 0.5x

15 Februari, saya langsung datangi service center Yogyakarta namun dari frontdesk “tidak dapat memberikan kepastian berapa lama keputusannya” dengan alasan perlu ditanyakan kepada technical support pusat terkait klaim tersebut. Standar SOP kerja yang patut dipertanyakan.

Bukti bayar dan penerimaan unit

18 Februari, unit layar ponsel benar-benar rusak bergaris sehingga saya langsung membawa untuk pengaduan lanjutan dan kemudian unit diterima dengan nomor referensi: 4387450200

Hasil perbaikan yang buruk, layar rusak dan kamera menjadi buram

11 Maret, tepat 3 minggu setelah unit masuk, pada website tracking perbaikan masih tertera menunggu suku cadang. Sehingga saya follow up melalui chat whatsapp namun tetap tidak dapat memberikan kepastian saya harus menunggu berapa lama. Pengaduan melalui email pun tidak menghasilkan apa-apa.

Follow up tidak jelas via WA atau email:

15 Maret, setelah melalui cara komunikasi yang rumit dan berbelit akhirnya pihak pusat menelepon dan diminta menunggu hingga 25 Maret tanpa berani memberikan jaminan kepastian jika pada tenggat tersebut unit dapat selesai tepat waktu.

18 Maret, tepat 30 hari, saya menulis artikel ini, unit saya masih belum ada kejelasan kepastian kapan selesai diperbaiki ulang dan kompensasi atas kerugian waktu saya hingga akhirnya saya memutuskan untuk membeli ponsel baru. Permintaan untuk membatalkan perbaikan juga tidak dapat dipenuhi dan saya tetap merugi secara waktu dan produktivitas.

Ada tiga hal penting yang ingin saya sampaikan:

  1. Kanal komunikasi Anda sangat buruk. Tidak dapat dijangkau melalui telepon dan chat whatsapp pun jarang dibalas. Konsumen harus bolak balik datang secara offline. Zaman sudah maju mengapa cara komunikasi masih seperti zaman purba?
  2. Prosedur perbaikan seperti tidak ada SOP. Tidak dapat memberikan jangka waktu yang jelas dan tidak ada follow up lanjutan yang baik. Umpan balik sangat buruk saat ditanyakan terkait kejelasan permasalahan.
  3. Jika pihak Anda tidak dapat memperbaiki unit saya, selayaknya Anda menolak perbaikan dari awal menerima unit. Sehingga konsumen tidak perlu merugi waktu dan dapat melakukan perbaikan di luar.

Service center resmi untuk merek kelas internasional mengapa seperti ini kualitasnya? Mengingat saya sudah mengeluarkan Rp. 2.879.620 untuk mendapatkan hasil perbaikan yang buruk dan harus menunggu sangat lama untuk klaim ulang. Sudah terlalu banyak waktu dan sumber daya saya yang terbuang untuk masalah ini. Saya harap pihak Samsung Service Center dapat membaca artikel dan pilihannya adalah:

  1. Selesaikan unit saya tepat pada 25 Maret 2024 hingga ponsel saya dapat digunakan selayaknya dan bergaransi, ditambah dengan kompensasi atas kerugian waktu yang Anda sebabkan, atau
  2. Jika pada tenggat 25 Maret 2024 unit saya belum selesai, saya meminta pembatalan perbaikan dan pengembalian dana penuh dengan cara apapun walaupun dengan membongkar kembali ponsel S10 saya dengan spare part terdahulu.

Terima kasih.

Faizal Hanif
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Iya ini saya jadinya beli hp baru. Karena masalah ini saya nyesel gak akan lagi beli flagship Samsung kalo jangka panjang nya aja mereka yang official aja ga ready untuk support.

      • FIX PENIPU AN MNA ADA DUIT DLU BRU DI PERBAIKI YG ADA HP DLU DI PERBAIKI BARU DUIT ITU MAH PENIPUAN!!! KLO GW MH ORG NY PARANOID GK MUDAH PERCAYA WALAPUN SODARA ATAU TEMEN YG KENAL YG NAMANYA PENIPU UDH KECIUM DI OTAK GW !!! KLO UDH DI TIPU KETAR KETIR BINGIT HRUS GMN JDI SUSAH SENDIRI JDINYA!!! 😂😂

        • JAMAN SEKARANG UDH EDAN JDI ORNG HRUS PARANOID LGI UDH BNYK MODUS PENIPU AN KYAK GNI JADUL BNGET ALESAN BISA BNERIN HP NYATANYA MALING, BANDIT, MAKAN UANG HARAM TERNYATA LEBIH NIKMAT DARIPADA MAKAN UANG HALAL YG LEBIH SEDIKIT!!! MOGA "ALLAH YG MEMBALAS PENIPUNYA NY BNG"

        • Gitulah samsung, sengaja di rusakin oleh mereka agar bisa ganti baru, sy ngak pernah percaya produk flagshipnya.

  • layar note 8 saya juga bermasalah tidak responsif
    tanya ke SSC , kena 2,7 juga
    kwkwkwkwk

    auto mundur dah saya

    • Kalo mau diservis, gak usah diservis di Samsung resmi. Servis di luar aja. Belajar dari pengalaman saya.

    • Betul. Beli hp untuk jangka panjang, pikir-pikir lagi aja deh kalo beli flagship Samsung.

  • Gile sudah habis biaya segitu masih tidak jelas nasibnya...

    Mungkin kalo diperbaiki di konter service hape abang2 bisa lebih bener dan manusiawi

    • Maka dari itu karena saya sudah sangat tidak percaya dengan profesionalitasnya, saya minta full refund karena mau saya servis di luar aja. Itu pun mereka gak mau batalkan.

  • KLO GK BISA BENERIN HP MENDING JUAL HP LO YG RUSAK KAN LUMAYAN BUAT DP HP BARU KNP HRUS DI BNERIN!!! WALAPUN DI BNERIN JGA PSTI UJUNG2 KENA TIPU DENGAN BERMACAM MACAM ALASAN KLO LO ORG NY PARANOID UDH FIX GK BAKAL KETIPU YG KYAK BEGITU AN!!!! JADUL BNGET TUH MODUS NY JGA TEMEN GWA JGA KENA TPI GK SMPE JUTA CMA 200 K Y MSH MENDING GK SMPE JUTA AN TERLALU BODOH KLO DI TIPU SEGITU MH!!! 🤣🤣🤣

    • Ya dijadikan pengalaman saja. Sebenarnya saya sudah tidak mau berpikir negatif, terutama saat saya mau servis layar kok kamera saya yang awalnya normal, malah jadi ikutan rusak.

  • sung sung..... beda ama layanan after sales dulu, sekarang banyak saingan malah gak ada tindakan perbaikan buat layanan customer

    terimakasih udah share disini om

    • Betul. beda banget after sales nya. Dulu saya pake dari hp jadul pun masih bagus purna jual nya. Sekarang skip banget lah... gausah beli flagship samsung!

  • Terakhir pakai samsung itu galaxy ace 2.. tahun berpa itu... dan selanjutnya tidak pernah beli, karena kapok.. barang mahal tapi mudah rusak..

  • Dah kapok sejak pake note 9, layar bergaris pink krn udpate malah dianggap kesalahan pemakaiansendiri, katanya hp dipakai lama sampai panas yg berpengaruh ke layar wkwkwk . Eh malah bini pengen z flip 3, dan beneran, layar bergaris hijau yg satu per satu bemunculan smpe menutupi HP. Wlo garansi udh habis tp umur hp gk sampe 2 taon, org Samsung minta 4,8 juta buat ganti layar wkwkw HP mahal tp kualitas medioker, pelayanan SC pun ngawur wkwkw