Surat Pembaca

Penipuan COD Senilai 3,8 Juta, Respon Admin Shopee Lama Sehingga Penjual Keburu Kabur

Berawal pada tanggal 16 Maret 2024 pukul 15.48 WIB saya melakukan transaksi pembelian handphone Samsung A54 8/256GB seharga Rp. 3.868.760 di Shopee dengan seller Starboyvibes. Penjual menyarankan transaksi dengan sistem COD.

Kemudian saya mengiyakan karena saya pikir sekalipun tidak sesuai maka bisa saya retur. Ternyata di sinilah masalahnya, saat barang datang, dan segera membayar COD tersebut senilai 3,8 jutaan, karena sesuai pemikiran saya sebelumnya, jika tidak sesuai pun saya bisa mengajukan pengembalian barang.

Dan ternyata benar saja, isi dari paketan saya hanya dosbuk saja dibuktikan dengan dokumentasi yang dilakukan kurirnya juga, dan saat saya mengajukan pengembalian barang, ternyata resi di paketan saya tersebut bukan resi transaksi saya yang ada di Shopee.

Jadi penjual mengecoh pembeli dengan mengirimkan paket lain dengan nama penerima, alamat, biaya COD bahkan keterangan barang pun sama dengan orderan yang saya lakukan di Shopee.

Saat mengetahui hal tersebut, saya langsung tanyakan ke seller, ternyata akun saya langsung diblokir oleh pihak seller.

Karena nominalnya bukan nominal yang kecil untuk saya, maka saya segera konfirmasi ke pihak ekspedisi, dan diarahkan ke Shopee langsung karena transaksinya via Shopee, sedangkan orderan saya yang di Shopee statusnya barang masih di Jakarta (saat itu).

Saya konfirmasi ke pihak Shopee, untuk menahan dana atau memblokir akun penjual/penipu tapi hanya disuruh tunggu 3×24 jam dan hasilnya mengecewakan bahkan pihak Shopee melempar tanggung jawabnya dan sekarang seller tersebut saat saya cek ternyata sudah dihapus/diblokir oleh pihak Shopee tanpa kejelasan uang saya yang sudah saya bayar via COD.

Padahal dengan saya bayar via COD, dan konfirmasi jika ada penipuan seharusnya pihak Shopee mengetahui nomor rekening seller penipu tersebut dan bisa mengupayakan untuk pengembalian uang saya.

Ratnasari
Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau resinya bukan yang di shopee maka tidak ada hubungannya dengan shopee.
    Yang pegang uang COD pihak jnt, seharusnya begitu sadar penipuan jnt yang dihubungi.

    • Saat itu jg sdh minta retur, ke kantor xpdc nya jg, tp tdk bs dan diarahkan langsung ke shopee karna katanya transaksi nya dr shopee.

      • Ada kemungkinan barang tertuker dgn pihak ekspedisi tertukar label stickernya... Tertukar nya antar pembeli dari seller yg sama.

        Tp berhubung anda sbg pembeli sudah benar menanyakan dulu. Tp kalo tiba tiba di blocked ya itu seller penipu. Atau bisa jg salah pencet ga sadar (coba kamu cek kamu kepencet blocked ga atau seller nya wa in aja mungkin salah pencet blocked jg) kalo no respond jg berarti ya seller nya emang niat nipu sis..

        Kalo seller yg benar tidak akan nge blocked . Dia akan pandu untuk suruh retur saja ntar di refund sesuai sistem dgn catatan bukti video unboxing disertai lengkap dati tunjukin alamat pada packing lalu buka, tunjukin isi jgn di potong atau di stop stop. Video tanpa cut/stop. Sampe barang itu dikasih liat di video nya.

        Semoga dgn masuk media konsumen pihak shopee akan membantu menyelesaikannya dgn membantu pantau proses retur dan refund nya.

        Media konsumen
        Tetap menjadi jalur penghubung antar nusa dan bangsa 🤪

  • ngeri belanja online sekarang, kalau terus banyak modus penipuan belanja online lama lama tokopedia, shopee dan ecommerce lain pada bangkrut, pembelinya pada gak mau belanja lagi

    • Bagus malah. Menghidupkan dunia offline pemegang setoran pajak yg paling hakiki.

  • Pintar menulis Dan komplain
    Uda banyak yg menulis di mk kejadian penipuan cod..
    Orang2 seperti ini ga pernah intropeksi diri kelalaian utama di diriny sendiri..malah sibuk menyalahkan orang lain

  • Kl sudah dibuka dan disaksikan kurir dan jelas2 penipuan, kenapa dibayar? Anda waras? Blum lagi pilih belanja online itu pilih toko yg jelas, punya rating dll, saya yakin toko yg anda beli ya cuma jual itu saja, mungkin krn harga miring anda tertarik dan ternyata anda juga ikutan miring.

    • Sebelum dibuka hrs dibayar dl gan, makanya sy pikir gpp sy bayar dl karna nantinya jg bs diretur, ternyata nomer resi nya lain.. skrg kalau saat itu saya sedang tdk ada pembelian lain, dan brg yg cod itu nama penjual, nama penerima, alamat, dan brg nya sama, sy tdk pernah berpikir itu resi yg lain jg gan. Utk penjual nya dia tdk hanya menjual hp, tp brg2 lain jg. Hp jg ada dan ulasannya jg bagus, ntah itu utk mengecoh pembeli dgn akunnya dia yg lain melakukan transaksi utk ngasih ulasan bagus, sy jg tdk tahu.

      • Jangan banyak percaya juga dengan ulasan. Ada orang yang dibayar untuk memberikan ulasan atau testimoni. Ada aplikasinya juga.

  • Sy yakin korban belajar sesuatu dr hal ini. Hanya saja, org lain harus belajar empati. Kl ada ide solusi, bisa dibagikan, kl hanya menyalahkan, sy rasa ngga perlu komen. Kehilangan uang segitu sudah cukup bikin susah korban.
    Semoga kita semua berhati2 supaya hal serupa tdk terjadi ke kita atau org terkasih, juga semoga kita belajar utk ambil wkt lbh banyak utk baca review toko dll sblm beli barang online

    • Pemain hate komen saya tau group centeng disini 😁. Kloningannya banyak tp hate komennya mirip mirip 😆.

      Aturan di media konsumen.
      Emang bener sesuai yg anda bilang masukan dan inputan yg positig thinking. Saling respect. Atas kolom komentar udah tertulis jelas saling respect. Kalo melanggar ya di banned.
      Bukan menyalakan penulis dgn menghujat..
      Dikira media konsumen tiktok / media sosial kali hujat sana sini ya.

      CARA AMPUH :
      Laporkan id id tersebut ke email dimana penulis kirim surat dan mendapatkan respond konfirmasi. Nah email tersebut bisa di pake buat lapor id id tersebut yg menyerang penulis untuk di banned secara permanen berserta kloningan nya yg super banyak itu.
      Biar agak hening media konsumen dari group hatter 🤪 sampe ke akar akar nya 🤪

      Media konsumen
      Is the best men-jembatani solusi antar nusa dan bangsa

  • Dari harganya saja sudah tidak masuk akal, Samsung A54 second kisaran 4,5 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapan. Kalau ada yang jual sangat murah perlu dicek baik-baik kondisi hapenya

    • Ini kan COD kenapa musti dibayar kan kalo udh tau isi Dosbuk saja, kok aneh sih malah dibayarkan ? 🤔 Berarti ada yg aneh juga dg Anda ya.. lgipula pasti Krn harga murah jdi Anda pesen itu HP 😆 ehh taunya Zonk kan, tolong coba yg bijak kalo mau belanja online liat dlu reputasi toko dll sebelum memutuskan belanja. Yg ada nanti malah di bully sama warga 62 di MK

      • Sebelum dibuka hrs dibayar dl gan, makanya sy pikir gpp sy bayar dl karna nantinya jg bs diretur, ternyata nomer resi nya lain.. skrg kalau saat itu saya sedang tdk ada pembelian lain, dan brg yg cod itu nama penjual, nama penerima, alamat, dan brg nya sama, sy tdk pernah berpikir itu resi yg lain jg gan. Utk penjual nya dia tdk hanya menjual hp, tp brg2 lain jg. Hp jg ada dan ulasannya jg bagus, ntah itu utk mengecoh pembeli dgn akunnya dia yg lain melakukan transaksi utk ngasih ulasan bagus, sy jg tdk tahu.

        • Coba anda liat status transaksi anda dahulu krn nomor resinya beda, dana anda juga otomatis ga akan sampe ke penjual. Setau saya sekarang ini di shopee, apapun komplennya dari rusak sampai berubah pikiran pun, pembeli berhak mengembalikan paket ke penjual dan itu akan disetujui oleh shopee.

          1 lg yg janggal. Ketika anda membuka paket dan menyadari tidak ada hp. Anda seperti tidak merasa kaget.

  • Ya mana bisa klaim ke sope kan resi beda jd penipu punya akun sendiri buat nipu kau, coba ke pusat jnt sambil bawa surat laporan penipuan dr polisi kali aja dibantu gagalkan dananya

    • Saat itu jg sdh dari kantor jnt gan, cm memang tdk bawa surat keterangan penipuan karna mendadak, hanya saja saat itu diarahkan ke shopee karna transaksinya dari shopee.. yg sy sesalkan, respon shopee hanya disuruh menunggu, tdk ada tindakan, ntah itu blokiran sy dibukakan dr penjual atau gmn, karna akun sy di blokir penjual dan tdk bs menghubunginya..

    • Harusnya TS mesti curiga antara paket yg ada isinya dan paket yg kosong, biasanya kalau yg isi cuma dosbook itu enteng sekali, sekalipun TS buka didepan kurir dan mesti bayar dulu sebelum dibuka, harusnya TS minta dikembalikan uangnya setelah tau paket tersebut tdk ada isinya.. kenapa TS gak minta lg uangnya SM sikurirnya..

  • Samsung A54 rilis 2023 kemarin,dan saya inget harga di angka 6 jutaan.Dijual pelaku 3 jutaan? Waow.Harusnya dr sini sih bisa curiga dr awal.Tapi ya gitulah ya,ketika harga murah dan cocok,membutakan semuanya....