Surat Pembaca

Telkomsel Mengaktivasi Fitur Layanan Tanpa Persetujuan Pelanggan

Terima kasih kepada Media Konsumen yang menjembatani surat pembaca dari konsumen kepada pihak Terkait.

Saya merupakan pengguna SIM Card Telkomsel Prabayar dari zamannya masih Handphone Siemens, Nokia Tulalit, BB, Hingga sekarang jaman Android dan Iphone. Nomor yang saya gunakan juga masih sama dari dahulu, hanya memang ada beberapa kali ganti kartu di Grapari Telkomsel untuk menyesuaikan chip SIM Card.

Memasuki zaman per-internetan, pulsa sangat jarang diperhatikan karena selalu mengambil paket internet dan paket telepon. Dalam semingguan terakhir ini, saya sengaja mengisi pulsa hingga 100 ribu untuk pembelian paket internet yang akan segera berakhir.

Saat saya masuk ke Aplikasi My Telkomsel, saya terkejut karena pulsa hanya tertinggal 30 ribuan saja dari yang awalnya 100 ribuan. Saya kembali mengingat-ingat apakah ada beli paket lainnya atau tidak. Setelah melakukan cek histori, terdapat pembelian VAS yang sama sekali tidak saya lakukan.

Pembelian yang tidak dilakukan

Dan melihat ke bawah, ternyata pembelian VAS ini rutin dengan memotong pulsa 1ribuan dan terakhir yang paling besar 70ribu. Fitur ini tidak pernah saya aktifkan dan tidak pernah ada persetujuan dari saya ataupun melakukan klik di aplikasi.

Mencoba mencari informasi VAS itu apa, saya mencoba mengutip dari halaman Telkomsel yaitu:

“Telkomsel memiliki produk lain yang dinamakan VAS (Value Added Service). VAS merupakan layanan tambahan dari Telkomsel untuk menikmati hal-hal menarik, selain paket dan pulsa. Layanan VAS Telkomsel terdiri dari dari CloudMAX, Family Protect, Tanya Dok, PopCall, SMS Pro, dan Magic Call. Kamu bisa mengaktifkan berbagai layanan tersebut melalui UMB yang ada di MyTelkomsel.”

.. dan UMB adalah “Teknologi terdepan dari Telkomsel serta jangkauan jaringan yang luas, membuat Anda dapat menikmati layanan Mobile Banking (SMS/UMB Banking) dengan cepat dan nyaman. Jaringan kami mengoperasikan layanan Mobile Banking (SMS/UMB Banking) melalui SMS, UMB (*141#) dan mobile app (Telkomsel redi)”

Merujuk ke atas sesuai informasi yang saya sampaikan, bahwa saya tidak pernah melakukan aktivasi via UMB, SMS, Aplikasi My Tyelkomsel maupun melakukan “IYA” dari panggilan CS via telepon.

Kejadian seperti ini sangat disayangkan, karena dapat dikategorikan korupsi terselubung atau “lintah darat”. Konsumen sangat dirugikan bila terjadi hal seperti ini secara berkelanjutan, sebagai hitungan simple: dilakukan pemotongan 1000 dikali jutaan konsumen, boleh dikatakan sangat WOW dan itu dilakukan berkali kali.

Mohon Telkomsel dapat berbenah, tidak mengorupsi atau mencuri uang konsumen untuk kepentingan Perusahaan. Bila ini dilakukan oleh oknum, silahkan dilakukan sesuai dengan aturan perusahaan.

Berikut merupakan screen shoot dari aplikasi My Telkomsel terkait histori pembelian/pengurangan pulsa saya dan mencoba bantuan CS tapi lambat dan lemot.

Salam,

Gomgom
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Telkomsel Mengaktivasi Fitur Layanan Tanpa Persetujuan Pelanggan”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 26 April 2024 oleh Bapak Gomgom mengenai Telkomsel mengaktivasi fitur layanan tanpa...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga pernah ngalamin tiba2 ada Potongan pembelian vas tapi kecil, saya langsung menghubungi customer service minta untuk di nonaktifkan, setelah itu ya sudah berhenti tidak ada Potongan lagi.

    • betul pak, yang 1000an itu sms banking untuk Debit Kredit uang direkening, sudah dijelaskan pihak Telkomselnya. Cuma seinget saya dulu gak sampe 1000an, sudah naik mungkin biayanya.

    • iya betul yang 1000an itu sms banking, cari cari bener ada beberapa sms banking yang masuk terkait D K. Yang 70K itu sub bulanan di salah satu media, cuma bingung aja siapa yang aktifin. Ya sudah anggap lagi apes aja, dan sudah di unscribe juga tadi.