Rakkipanda.id Tidak Mengganti Klaim Garansi Sebelum Membungkam Suara Konsumen

Sekitar 7 bulan yang lalu (Oktober 2023), saya memesan baterai rechargeable ke pelaku usaha melalui Shopee dengan garansi 1 tahun. Pada bulan Mei 2024, ada 1 baterai bermasalah dan sudah saya tes dengan multitester tidak menunjukkan adanya tegangan dan langsung komplain melalui platform chat dari Shopee (terlampir sebagian screenshot percakapan).

Pada mulanya, admin toko menginfokan syarat klaim dan saya memenuhi seluruh persyaratan yang disebutkan. Namun, pada saat akhir, admin menemukan bahwa saya tidak memberikan bintang 5 pada ulasan karena suatu hal yang disebutkan dalam ulasan tersebut dan meminta saya untuk menghubungi CS Shopee guna menghapus ulasan saya dan itu wajib dilakukan sebelum klaim bisa diproses.

Saya tidak bersedia melakukan hal tersebut karena itu ulasan jujur dan bermaksud memberikan feedback kepada seller agar memperbaiki pelayanan ke customer.

Saya tetap mengirimkan barang lengkap sesuai persyaratan, namun begitu sampai keesokan harinya, admin tetap meminta saya menghapus penilaian. Saya sudah tegaskan tidak bersedia dan meminta seller mengirimkan kembali barang saya disertai surat resmi dari perusahaan mengenai alasan ditolaknya klaim. Namun, pada akhirnya, seller mengirimkan kembali barang rusak saya tanpa penjelasan apa pun dan membebankan biaya pengiriman kepada saya. Ini sama halnya dengan mempermainkan konsumen!

Saya menilai tidak adanya itikad baik dari perusahaan, entah itu karena oknum admin yang memutuskan sepihak atau yang bersangkutan sudah berkonsultasi dengan atasan/pimpinan yang berwenang memutuskan klaim. Dengan dikirimnya kembali barang saya yang rusak tanpa disertai penjelasan tertulis dari pejabat berwenang di perusahaan yang saya minta, sudah menunjukkan bahwa Rakkipanda tidak menghargai konsumen dan lebih mementingkan prosedur/syarat klaim yang mengada-ada.

Saya tidak bisa menerima kebijakan para seller yang menyertakan ulasan pembeli sebagai syarat klaim bisa diproses. Klaim kan terkait kualitas barangnya yang kurang, tidak ada kaitannya dengan ulasan konsumen, bukan? Saya ingin memperjuangkan hak saya dan hak pembeli lainnya sebagai konsumen akhir agar tidak diperlakukan semena-mena oleh seller dengan ancaman tidak akan mengganti barang yang rusak dalam masa garansi jika tidak memberikan bintang 5 terlebih dahulu.

Lagipula, dengan permintaan menghapus ulasan pembeli, berarti perusahaan tidak menghargai masukan jujur konsumen guna meningkatkan layanan, juga berarti ingin menutupi kebenaran agar tidak diketahui konsumen lainnya.

Sangat disayangkan masih banyak budaya yang tidak menghargai konsumen, padahal di luar negeri konsumen adalah raja yang harus didengar dan diberi penghargaan jika memberikan masukan. Di sini malah mau dibungkam.

Semoga itu hanyalah perbuatan segelintir oknum yang tidak mengerti bagaimana bisnis seharusnya dijalankan. Nilai sebuah baterai tidak ada artinya dibandingkan kepuasan konsumen. Semoga pimpinan perusahaan menyadari hal ini!

The Min Shiong
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Rakkipanda.id Tidak Mengganti Klaim Garansi Sebelum Membungkam Suara Konsumen

    • 29 Mei 2024 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas dukungannya sdr. Firman, istilahnya bikin ngakak…. fakir bintang lima…. wkwkwkwk

  • 29 Mei 2024 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Busuk. Susah bener kayanya hidup yang jujur. Tidak punya moral dan integritas. Dulu sekolah belajar budi pekerti buat apa?

    2
    1
  • 29 Mei 2024 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Harus penjual kaya gitu kena sanksi mana ada ulasan sebagai syarat garansi produk, bila tdk garansi tulis dari awal tak perlu ngadi2 ya

  • 30 Mei 2024 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Dari sisi penjual setidaknya ada kata maaf.
    Yang paling anehnya, kenapa merubah ulasan harus lapor Ademin shopee, khan tinggal gunakan fitur yg ada, pejet titik tifa di transaksi, pilih update penilaian.

    Pembeli juga terlalu berlebihan, update penilaian dan atau ganti ratting 3 ke 5 khan bukan berarti tidak jujur, khan bisa saja dengan kata2 ulasan tetap seperti itu, lalu di belakangnya ada tambahan, Namun penjual berusaha bertanggung jawab.

    Intinya namanya manusia bukan malaikat, harus saling2, terlepas dari siapa pemicu masalahnya.

  • 30 Mei 2024 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Pada tgl 29-05-2024 setelah tulisan ini dimuat, pihak shopee berusaha menghubungi saya namun tdk berhasil dan keesokan harinya tgl 30-05-2024 menghubungi lagi (via ibu Obel) dan menawarkan voucher permintaan maaf. Saya sangat menghargai upaya shopee yang cepat tanggap dan terlebih dahulu menghubungi konsumen dibandingkan dgn seller (yg sampai saat ini belum memberikan tanggapan atau komunikasi dlm bentuk lainnya kpd saya), serta menawarkan permintaan maaf padahal bukan salah mereka… Ini baru merupakan bentuk penghargaan kepada konsumen dan perlu ditiru oleh marketplace lainnya, terima kasih shopee, good job!

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Rakkipanda.id Tidak Mengganti Klaim Garansi Sebelum Membungkam Suara K…

oleh Theodore Michael dibaca dalam: 2 menit
6