Surat Pembaca

Masalah Pembelian Voucher Steam di Itemku

Pada tanggal 25 Juni 2024 sekitar pukul 23:30 malam, saya bermaksud melakukan pembelian voucher Steam Wallet dari salah satu penyedia layanan Itemku.

Pada laman pemilihan produk, sama sekali tidak tertera ketentuan yang mana produk dengan mata uang yang berbeda (contoh dalam gambar, USD) itu tidak dapat digunakan pada Dompet Steam yang bermata uang Rupiah, dan juga pada Steam terdapat ketentuan yang mana harusnya voucher bisa di-convert menjadi Rupiah:

Saya pun memutuskan untuk melakukan pembelian sejumlah USD 50, dikarenakan pada voucher Steam yang dijual dengan mata uang rupiah hanya mencapai Rp600.000, sementara saya membutuhkan pembelian sebesar Rp800.000. Sehingga saya memutuskan untuk melakukan pembelian Voucher Steam sebesar USD 50 (Rp820.203 pada kurs saat itu), dengan harapan bisa saya tukarkan pada dompet Steam saya.

Ternyata setelah saya mencoba untuk melakukan penukaran pada Steam, voucher tersebut tidak dapat ditukarkan. Ini sangat menjadi masalah, karena voucher ini dijual begitu saja tanpa ada pemberitahuan sebelumnya mengenai produk ini.

Setelah itu segera saya komplain terkait dengan ini. Ternyata komplain saya paginya langsung ditolak, dengan alasan: “Kode voucher yang terkirim sudah sesuai dengan kode voucher di Invoice. Jika tidak bisa redeem, pembeli disarankan WAJIB MENGIKUTI PANDUAN yang sudah PIHAK ITEMKU sediakan pada bagian *CARA TRADING* d isetiap produk Voucher Steam Wallet USD. Bukti terlampir. Terima kasih.“.

Tanpa ada persetujuan apa-apa dan pembicaraan apa dari pihak saya, CS Itemku langsung menutup komplain dan langsung menandakan “Kendala Selesai”, dan meneruskan dana ke penjual.

Segera saya laporkan kembali dan saya sudah mulai emosi, karena belum apa-apa ini langsung diselesaikan tanpa ada omongan dari saya. Ini merupakan upaya penipuan yang tidak mau dipertanggungjawabkan oleh Itemku sebagai penyedia layanan.

Ternyata saat saya laporkan kembali, komplain saya langsung diselesaikan begitu saja, dengan jawaban template yang sama seperti penjualnya. Juga tanpa ada konfirmasi dari saya, apakah masalahnya sudah selesai atau belum. Karena sudah terjadi 2 kali, sampai akhirnya saya katanya mau “dibantu” konfirmasi ke penjualnya, tapi ternyata masih tidak mau bertanggung jawab dan malah melempar kesalahan ke Steamnya.

Padahal dari Itemku sendiri seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tidak pernah ada informasi pada laman pemilihan produk sampai pembelian dan pembayaran, tertera jelas bahwa voucher dengan mata uang asing tidak bisa digunakan di dompet Steam mata uang Indonesia. Malah yang ada di bukti si penjual itu harus dilihat di bagian bawah dengan nama “Cara trading”, yang tidak mungkin pembeli sadar dan memperhatikan apabila melakukan pembelian.

Berikutnya silakan lihat percakapan saya dengan customer service Itemku, yang tidak membantu sama sekali bahkan terkesan melempar tanggung jawab tersebut dari Itemku sebagai penyedia layanan:

Saya tunggu itikad baik dari pihak yang bersangkutan.

Andreas Aditya
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: