iPhone 6 Plus Rusak, Pelayanan iBox dan Erafone (TAM) Metropolitan Mall Bekasi Mengecewakan

Yth. Media Konsumen,

Saya ingin membuat pengaduan tentang garansi penggantian HP merk iPhone 6 Plus yang saya beli di iBox Metropolitan Mall Bekasi. Dan ternyata pada saat produknya rusak, garansi untuk perbaikannya diarahkan ke TAM (PT. Teletama Artha Mandiri) yang letaknya di outlet Erafone Metropolitan Mall Bekasi Lt. 4. Berikut ini kronologis kejadiannya:

Saya membeli iPhone 6 Plus pada Tanggal 16 Juli 2015 di iBox Metropolitan Mall Bekasi. Secara tiba-tiba terjadi kerusakan pada HP tersebut, layar hitam dan baterai panas. Akhirnya saya kembali ke iBox Metropolitan Mall Bekasi pada Tanggal 26 Juli 2015. Ternyata pihak iBox mengarahkan agar iPhone saya dibawa ke Erafone Metropolitan Mall Bekasi, Service Center dari TAM.

560d4e97b1578

Dari pihak TAM menjadwalkan agar saya kembali setelah 2 bulan kemudian, dengan memberikan repair order no: RO/MBX39/15/07/000286, dan untuk feature “find my iPhone” sudah dinon-aktifkan. Tetapi satu bulan kemudian, saya ditelepon kembali untuk menon-aktifkan feature “find my iPhone”, padahal feature tersebut sudah dalam kondisi off sebelumnya.

Akhirnya saya SMS ke pihak TAM dengan nomor 085771311288, untuk menanyakan kapan barang barunya bisa diambil. Setiap saya SMS selalu dibalas dengan kata-kata “Slmt siang Bpk/Ibu. Mohon maaf sebelumnya, unitnya masih proses di pusat. Masih menunggu stock penggantinya. Akan kami follow up. Jika sdh selesai, akan segera dikonfirm. Thanks”.

Setelah itu saya cek di Apple.com untuk mengetahui status repair order saya, ternyata tidak ada datanya. Saya pun membuat janji dengan pihak Apple agar menelepon saya, dan akhirnya saya ditelepon pihak Apple. Jawabannya, dari database Apple belum ada kabar dari Erafone untuk penggantian produk (product replacement). Pihak Apple menyatakan seharusnya dari pihak Erafone sudah mengirim data ke Apple. Namun pihak Apple mengatakan untuk penggantian barang saya, belum ada di Apple. Mereka meminta agar pihak Erafone sebagai pihak yang menyediakan garansi lebih bertanggung jawab, karena waktu sudah lewat dari 2 BULAN.

Saya pun disuruh oleh pihak Apple agar datang kembali ke Erafone, dan pihak Apple akan bicara dengan pihak Erafone. Tetapi saya pikir percuma saja, seharusnya dari pihak Apple sendiri yang minta konfirmasi ke pihak penyedia garansi tersebut.

Intinya, saya sangat kecewa dengan pihak iBox maupun pihak penyedia garansi Erajaya/TAM. Yang saya heran, kenapa pihak Apple sendiri menyarankan agar saya pergi ke outlet Erafone (tempat service center TAM), dan sesampainya di sana saya harus langsung hubungi nomor 08001027753 (nomor telepon Apple yang diberikan oleh pihak CS Apple). Pada saat menelepon ke nomor tersebut saya tinggal berikan nomor kasus saya yaitu 946681100, dan setelah pihak CS Apple sudah berbicara, nanti langsung saya berikan telepon tersebut ke pihak Service Center TAM.

Dari situ saja saya merasa dibodohi. Kenapa pihak Apple sendiri tidak bisa langsung menghubungi pihak penyedia garansi? Padahal iPhone sendiri bukan barang murah, bahkan boleh dibilang barang yang sangat MAHAL. Dengan ini saya mohon ada perhatian, karena pihak penjual (iBox) dan penyedia garansi (TAM) sudah melanggar hak saya sebagai konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Aphit Pramugiono
Bekasi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Apple Service Center:
[Total:28    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

21 komentar untuk “iPhone 6 Plus Rusak, Pelayanan iBox dan Erafone (TAM) Metropolitan Mall Bekasi Mengecewakan

  • 19 Oktober 2015 - (12:54 WIB)
    Permalink

    DAN SAYAPUN MENGALAMI JUGA, DARI TGL 13 JULI SAMPAI 19 OKTOBER HP SAYA DI TLF KE NOMOR 021 88861996 DAN SMS 085771311288 TIDAK ADA TANGGAPAN, PERTAMA BILANGNYA 30 HARI LALU 2 BULAN SEKARANG HAMPIR 4 BULAN TIDAK ADA JAWABAN. KECEWA BANGET. PADAHAL IPHONE 5S BUKAN HP HARGA 1/2 JUTA. KECEWA SEKALI!

  • 11 November 2015 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Apakah sudah ada Update dari case-case ini .. @Aphit Pramugiono & @miranti Manullang
    Mohon informasinya.

    Karena Kasus yang sama juga terjadi dengan Saya, Tapi unit yang saya klaim Iphone-4 , Klaim Warranty sejak Juli 2015 sampai sekarang proses masih belum jelas, Tanpa Update, tanpa bisa di hubungi.

    JOB ID : 178062.

  • 23 November 2015 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kasus yang sama . Saya beli smartphone lenovo a6000+ di erafone metropolitan mall lantai paling atas . baru 2 bulan saya pakai , touchscreennya sudah tidak berfungsi dengan baik alias rusak . akhirnya saya datang ke servis center nya tgl 18 oktober 2015 . dan katanya dia paling cepet 2 minggu , paling lama 4 BULAN ! SAYA SUDAH COBA TELEPON KE NOMOR CALL CENTER 02188861996 DAN SMS KE NO 085771311288 TIDAK PERNAH DIBALAS DAN TIDAK PERNAH DIANGKAT . SAYA AGAK KHAWATIR SETELAH MEMBACA BEBERAPA POSTINGAN ORANG-ORANG YANG MENGELUHKAN HAL YANG SAMA . RENCANANYA , BESOK SAYA COBA DATANG LAGI KESANA DAN MENANYAKAN KABAR SMARTPHONE SAYA .

  • 19 Januari 2016 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Membaca pengalaman temen” semua, saya jadi ragu, kemarin saya titip service ke Tam Bekasi Metropolitan Mall, Xiaomi redmi2 saya yg baru beli +-15 hari yg lalu layarnya stuck hitam saja, blank.. Bisa di charge tapi layar tdk muncul, saya bawa kesana tgl 17 jan, di lokasi ada keluhan yg sama dari hp yg sama, ini aneh dan kebetulan.. Dengan kerusakan yg sama, lalu saya dijanjikan +-30hari akan dihubungi,. Setelah saya membaca keluhan pelanggan lain, saya ragu dan bingung apa yg harus saya lakukan? Apakah saya ambil lagi aja itu hp nya yg belum di service, dan dibawa ke service center exclusive xiaomi nya? Kira” diambil lagi bisa ga ya? atau saya harus menunggu dulu 30hari? Kalau belum ada kabar bagaimana? -,-

  • 29 Februari 2016 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Pelayanan Ibox menteng sangat mengecewakan, LCD ipad air saya pecah, dan solusi yang ditawarkan ibox adalah mengganti unit tersebut, ibox meminta waktu 4 bulan hanya untuk mengganti unit tersebut dan saya diharuskan membayar DP sebesar 50%.

    4 bulan sudah berlalu, barang belum sampai, solusinya uang akan dikembalikan, jadi 4 bulan saya tunggu sia2, padahal jelas2 kalo mereka mau bisa menggunakan stock yang ada di toko. sekarang menunggu uang kembali pun tidak mudah, belum ditransfer2. saya akan adukan ke apple amerika dan akan langsung mendatangi kantor management untuk menyelesaikan ini.

    Betul2 kecewa dengan ibox, saran saya jangan beli product apple di ibox, jika anda mau pelayanan yang lebih bermutu lebih baik beli di singapore.

    • 24 Maret 2016 - (11:50 WIB)
      Permalink

      saya juga mengalami kasus di ibox menteng yg sangat tidak mengenakkan.. iphone 5s saya sedang dalam masa klaim garansi replacing unit krn terjadi hardware rusak, sejak november 2015 di diagnose sampai replacing unit dari december di janjikan 30 hari kerja sampai sekarang sudah maret tidak ada kabar nya. saya di lempar2 di apple singapore dengan mr azlan org singapore ktnya barang blm ada masih di indonesia, tp ibox menteng blg barang sdh d kirim dari desember.. bener2 parahhh

    • 24 Maret 2016 - (12:01 WIB)
      Permalink

      tolong kita saling berkabar saja kalo bisa kita komplain ke pak ahok saja tentang perusahaan erajaya ini. hubungi saya di no 085719808039 whatsapp

  • 16 Maret 2016 - (11:42 WIB)
    Permalink

    kebanyakan pemilik iPhone kecewa… di sinyalir harga mahal menjadi penyebab kenapa hp tersebut mudah rusak..

  • 22 Maret 2016 - (11:44 WIB)
    Permalink

    ini yg saya alami juga. saya punya lenovo a7000+ problem di touchscreen, akhirnya pd tgl 14 maret saya ke service center yg di erafone mall metropolitan bekasi. saya juga bingung untuk mencari tempat ini samapi 1 jam cape muter2 dimall. saya sdah tlp ke nomor 02188861996 tapi tidak pernah diangkat entah kenapa. nyesel juga atas pelayanan disana.

  • 22 Mei 2016 - (21:04 WIB)
    Permalink

    update: kejadian baru2 ini, saya juga mengalami hal yang sama, saya beli iphone 6 akhir thn 2015 di IBOX baywalk, baru pakai 2 bulan sudah eror2 gerak-gerak sndiri touch screennya, lalu saya ke baywalk komplain, dan diarahkan ke tempat servis ibox di mall kelapa gading, setelah servis bilang 3 hr nanti dihubungi atau bisa menghubungi mereka, dikasih nomer telpon,boro-boro 3 hari dihubungi sampai seminggu lebih tidak ada kabar, di telpon pun gak diangkat2. stelah gak ada kabar saya samperin ke ibox MKG , katannya belom selesai jelang 2 mgu lebih saya balik lg , masih belum selesai juga, setelah itu bolak balik lagi sampe 1 bulan lebih, baru dikembalikan, selang 1 bulan diservis mulai lagi penyakitnnya eror gerak-gerak lagi, saya komplain lagi ke ibox, kata org ibox menyarankan untuk ganti unit, karna saya baru pakai 4 bulan msih bisa pakai garansi SEHARUSNNYA…….eh orang iboxnnya bilang gak bs garansi karna ada baret di pinggir, padahal saya waktu sblm servis itu masih mulus wong iphone baru 2 bln, tau2 ada baret, saya uda kesal setengah mati, ibox menyarankan pergantian unit,bayar stgh harga dr iphone 6 DP dulu 50%….akhirnnya saya produk replacement deh, udah bayar ini ono, bilangnnya 2 bulan paling lama….

    setelah 2 bulan saya balik lagi ke ibox tny status brg pergantian saya, org ibox MKG bilang katannya dr applennya belum kirim , nanti minggu depan baru sampe barangnnya, mgu depan balik lagi org ibox MKG bilang brgnnya uda di indonesia tp kendala beacukai, bulan depan mungkin bru keluar, bulan depan balik lagi orgnnya ngomong beda lagi dr pihak “apple katannya belom kirim”, lho kok….aneh bln kmrn bilang barang uda di indo skrg bilang brg belom dikirim dr apple, yang ngomong tukang servisnnya beda2……setelah itu saya kontek langsusng ke apple yg di amrik….untuk cek status brg saya….gak taunnya kata apple gak ada data apa2….gak ada data claim ato servis ato apapun itu….benar-benar ibox MKG keterlaluan ini!!! ternyata barang saya gak dipesan ke apple sama sekali….penipuan ini namannya! sampai sekarang 22 mei 2016 kasus ini masih berlanjut ! saya akan laporkan masalah ini ke pihak yang berwajib!

  • 1 Juni 2016 - (15:29 WIB)
    Permalink

    alangkah lebih baik jika membeli iphone atau produk yang bener2 legal dan resmi di pasarkan di Indonesia. karena setau saya secara resmi Iphone 6 blum msuk indonesia.
    saran sy coba adukan ke lembaga perlindungan konsumen. semoga masalah anda cepat menemukan solusinya.

  • 20 Juni 2016 - (18:32 WIB)
    Permalink

    apakah teman-teman di sini masalah iphone-nya masih ada yang belum selesai sampai sekarang? @nila-citra @andriie-susanto dan lainnya.
    ada teman yang 2 bulan diganti unit baru iphonenya oleh erajaya dan menurutnya tidak ada masalah.
    saya sendiri karena tidak beli dari premium storenya (beli di lazada), jadi sudah pasrah iphone-nya rusak dan mau diambil toko/servis centernya juga terserahlah. sudah cape “mengemis” perbaikan/penggantian unit. anggap buang sial/dirampok saja. pelajaran yang mahal.

  • 12 Juli 2016 - (02:59 WIB)
    Permalink

    herannn poolll .. saya baru denger pertama kali .. service di suruh tunggu 1 / 2 bulan .. Uuuedaaannnnnnn ???? .. hebatttt ???? .. sekali lagi sukses untuk TAM dan Apple Kroakkk ??? .. heehee .. beli smartphone lain kali pikir juga after sales nya ✌✌ .. harga mahal rasa kaki lima ???? .. kayaknya mau nyusul Sony nih Apple ??? .. dahhh gini aja komentnya … yangggg SSSSSSAAAAABARRRRR ✌?

  • 7 Agustus 2016 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Baru tadi siang saya ke CIbubur Junction.
    Dan Service CEnter Lenovo sudah HILANG!.
    Padahal mau klaim masalh touchscreen.

  • 12 Oktober 2016 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Saya beli iphone bulan Juli 2016 di distributor resmi apple, iBox Surabaya. Bulan september 2016 iphone saya tidak bisa digunakan karena searching jaringan terus, saya bawa ke servis resmi apple di estore Jogja dan katanya iphone tidak bisa diservis dan harus ganti unit, akhirnya dibantu untuk klaim garansi ke singapore. sampai singapore ternyata klaim saya ditolak dengan alasan ditemukan adanya unauthorized modified, ada bagian yang hilang, padahal kan waktu saya beli cuma bisa cek dari luar, cek secara fisik, kalau ada bagian yang hilang ya tidak tahu menahu.
    Masalahnya iphone saya tidak bisa diperbaiki kecuali diganti unit.

    Tolong yang pernah punya masalah seperti saya dan akhirnya tetap bisa mengajukan klaim hubungi saya lewat email diah.ariesa@gmail.com
    thank you.

  • 7 November 2016 - (14:29 WIB)
    Permalink

    saya beli Iphone 5s di ibox Botani Bogor tanggal 25 juni 2016. Akhir agustus 2016 tiba2 hp saya mati dgn layar yg menjadi biru, tapi setelah itu nyala lagi dgn sendirinya. awal oktober hp saya mati total, karena satu dan lain hal sabtu kemeren, hari sabtu 5 November 2015 saya datang ke service center apple di Kokas.
    sampai disana saya langsung jelasin keadaan hp saya gimana. Cs nya bilang, hp saya kena biaya 200rb untuk penggantian software baru, karena software nggak termasuk dlm garansi, jadi nggak bisa di claim. disitu saya setuju untuk bayar. setelah nunggu 45menit, akhirnya saya bisa ambil lagi 5s saya, sambil nanya2 ke CS nya , apa penyebab 5s saya kayak gtu, katanya biasanya karena ada aplikasi yang berat. Trus saya mastiin lagi ini kalo sofrware nya di ganti berarti nggak ada masalah lagi dong, trus CS nya yakinin saya dgn klo 5s saya gada masalah lagi. akhirnya saya bayar, tapi beberapa menit saya masih ngecek 5s saya disamping Mba CSnya. Hp saya tiba2 mati lagi, trus di bawa mba cs nya kedalem lagi. selang beberapa menit 5s saya dia bawa keluar dlm keadaan nyala, trus uang saya dia balikin. Disitu saya makin bingung sama keadaan hape saya. Mba CS nya bilang
    “Dibawa aja hp nya, Kalo misalnya sampe kejadia blue screen lagi, di dokumentasikan buat bukti ke apple”
    trus saya bilang ke si mba nya hp saya tadi mba liat sendiri mati sendiri tapi bukan karena bkue screen, nah itu bisa di claim juga doong, trus mba nya bilang nggak bisa, kecuali bluescreen, trus saya mulai ngotot kelanjutan 5s saya gimana, mba nya liat sendiri hp saya tiba2 mati tanpa bluescreen tapi nggak bisa claim. Mba cs nya mulai males kali ya karena udah waktunya dia pulang jam 18:00. Akhirnya mba nya bilang ‘Yauda nanti klo ada apa2 langsung dokumentasiin aja’
    Disitu saya kesel banget dan langsung pulang. padahal kan masalahnya udah jelas2 dia liat hape saya tiba2 mati dan harus divideo in buat bukti, bukti udah jelas 5s yg saya bawa kedia dalam keadaan mati total. Mau bukti kek gimana lagi coba.
    Akhirnya setelah saya bawa pulang 5s saya kembali mati total dengan layar garis zebra. pagi ini setelah blog walking, ternyata banyak yg nggak tuntas pkek klaim garansi. nunggunya lama pulak 3 bulan.
    mohon bantu rekomendadi tempat fixed iphone tanpa ribet dan aman. Terims.

    • 9 Maret 2017 - (03:38 WIB)
      Permalink

      kita sebagai customer juga harus paham bagaimana prosedur klaim asuransi yang baik dan benar. kondisi barang yang bisa dibilang tidak permanent rusak (kadang benar kadang hang), membutuhkan sekiranya bukti kuat yang bisa meyakinkan pihak penyedia asuransi/garansi untuk approve klaim anda. pihak aasp sudah memberikan saran terbaiknya dengan meminta anda untuk mendokumentasikan (dengan cara apapun) kejadian tersebut. percuma ngotot dengan petugas yang didepan karena flowchart barang ga sesimple “kasih barang terus proses”. di internal mereka, barang anda dan dokumen klaim asuransi/garansi anda diurus oleh orang yang berbeda-beda dan kalau anda tidak bisa kasih kronologi yang jelas secara tertulis tanpa ada bukti pendukung yang kuat, jangan harap aplikasi klaim anda diproses lebih lanjut. untuk proses replacement memang lama karena produk yang dipasarkan di indonesia tidak ambil di pabrik lokal, tapi di apple amerika yang minimum pabriknya ada di cina ditambah kita punya birokrasi expor impor plus urusan intern kantor lokal ditambah lagi yang klaim ga cuman anda aja. so three-months-long waiting time is somewhat fair i guess. nah sekarang kalo produknya sudah matot atau paling ga punya konkret proof, coba bawa lagi ke aasp-nya seperti yang disarankan petugasnya, insyaallah diterima 🙂

  • 25 Januari 2017 - (10:02 WIB)
    Permalink

    saya beli iphone 5s pada waktu 26 juni 2016 di erafone. baru 1 bulan tbtb layarnya bergaris dan blue screen. saya kembali lagi ke erafone lalu hp saya di restore. setelah 4 hari, blue screen lagi. yaudah lah saya diemin aja. blue screen nya hilang sndri tp hpnya mati2an. 26 desember 2016 saya memutuskan untuk klaim garansinya. katanya paling lama 1 bulan atau lebih. trs pas udh 1 bulan katanya blm selesai plg lama 3 bulan atau lebih. melihat komentar diatas saya jadi takut hp saya tidak kunjung selesai :”)

  • 9 Maret 2017 - (03:18 WIB)
    Permalink

    ipad air 2 saya rusak total karena kecelakaan dan karena ada asuransi (bukan garansi) jadi masih bisa klaim ganti unit dengan ketentuan pembayaran premi own risk sebesar 2 juta sekian. perlu diketahui di jakarta hanya ada 3 aasp (authorized apple service provider). jadi untuk klaim garansi langsung saja ke aasp yang terdekat tanpa harus ke ibox (walaupun aasp biasanya satu lokasi dengan ibox). pada saat klaim lancar dan langsung approved oleh pihak penyedia asuransi (jangan disamakan petugas admin di depan dengan teknisi dan juga asuransi) dan barang diambil oleh pihak aasp kemudian sebagai bukti kita terima service order yang bisa di cek online statusnya. alhamdulillah setelah kelengkapan barang sudah diterima lengkap oleh aasp (charger saya menyusul), saat saya cek status, pihak asuransi sudah kirim dokumen klaim saya ke apple amerika serikat. di service order tertera estimasi 90 hari kerja yang artinya sekitar 4 bulan. saran saya, sebelum membeli, kita harus tau product knowledge barang tersebut tidak terbatas pada barangnya saja namun juga after sales serta lainnya sehingga apabila kedepan ada masalah jadi tidak salah langkah yang menyebabkan keluhan kita tidak terlayani dengan maksimal sebagaimana harusnya 🙂

  • 26 Juli 2018 - (13:04 WIB)
    Permalink

    kalo pendapat gw, apapun barang elektonik anda. kalo dah rusak buang aja. mengapa ? karena hidup kita akan “ikut rusak”. Beli aja lagi yang baru. Hidup ini singkat dan simple teman. Jangan anda diperbudak oleh barang, apapun tak ada yang abadi di dunia ini. Manusia aja pasti mati, apalagi barang.

    Gw pernah stress berat ampe sakit akhirnya berhenti kerja gara-gara barang gw rusak dan garansi dipersulit. Atas kejadian itu gw rugi berlipat-lipat bahkan masa depan gw nyaris hancur. Itulah pelajaran buat gw, jadi kalo barang gw rusak, gw buang atau gw kasih ke orang lain. Beli lagi barang baru (kalo ada duit). Nikmati hidup dengan bahagia teman….karena hidup di dunia tidak lama.

  • 7 Januari 2021 - (04:07 WIB)
    Permalink

    Saya mah apa atuh, hanya remah-remah rengginang yang cuma bisa pake android aja 🤭

 Apa Komentar Anda mengenai Apple Service Center?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

iPhone 6 Plus Rusak, Pelayanan iBox dan Erafone (TAM) Metropolitan Mal…

oleh Aphit Pramugiono dibaca dalam: 2 min
21