iPhone 6 Baru Pakai 1 Bulan Mati Total, Pelayanan Garansi iBox Mall Kelapa Gading Sangat Mengecewakan

Yth. Media Konsumen,

Saya ingin membuat pengaduan tentang garansi penggantian HP merk iPhone 6 yang saya beli di iBox Mall Kelapa Gading – Jakarta akhir tahun 2015. Saya baru pakai iPhone tersebut sekitar 1-2 bulan dan tiba-tiba iPhone tersebut black out tidak nyala sama sekali (mati total). Saya mengajukan klaim garansi ke tempat beli yaitu iBox Mall Kelapa Gading (iBox MKG). Namun sudah lebih dari 4 bulan trnyata iPhone saya belum diproses klaim garansi oleh pihak iBox.

Berikut ini kronologis kejadiannya:

Saya membeli iPhone 6 di iBox MKG akhir Desember 2015. Setelah sekitar 2 bulan pemakaian, secara tiba-tiba terjadi kerusakan pada HP tersebut, layar hitam dan HP tidak mau nyala lagi. Akhirnya saya kembali ke iBox MKG tgl 7 Februari 2016. Pihak iBox mengatakan iPhone akan dicek dulu apakah bisa diperbaiki di iBox atau akan diberi penggantian unit baru. Saya pun diberi service order resmi dengan nomor MKG-2-29870. 3 minggu kemudian saya datang lagi ke iBox untuk bertanya kejelasan status iPhone saya. Pihak iBox mengatakan iPhone sudah dikirim untuk proses penggantian unit baru tanggal 18 Februari 2016, dan dijanjikan akan datang 3-4 bulan maksimal.

2,5 bulan kemudian saya datang lagi ke iBox berharap iPhone saya sudah tersedia. Namun ternyata belum ada kabar. Tapi karena masih 2,5 bulan maka saya tidak masalah.

3 bulan kemudian yaitu tanggal 22 Mei 2016 saya ke iBox untuk menanyakan status iPhone saya namun jawabannya masih sama, yaitu unit sedang dalam proses di pusat.

Tanggal 29 Mei 2016 saya ke iBox untuk menanyakan status iPhone saya, namun jawabannya “Maaf Ibu sekarang server kami lagi down jadi kami tidak bisa mengecek status iPhone ibu. Ibu bisa tinggalkan nomor handphone yang bisa kami hubungi, besok akan kami kabari,”. Namun tidak pernah ada kabar dari pihak iBox.

Tanggal 4 Juni 2016 saya kembali ke iBox menanyakan status iPhone saya karena memang sudah lebih dari 3 bulan sejak iphone diproses. Namun jawaban yang diberikan hanya jawaban klasik seperti “Selamat siang Ibu, mohon maaf sebelumnya, namun unit masih diproses di pusat dan kami ada sedikit kendala terkait pengiriman unit pengganti namun kami janji dalam 3 minggu lagi unit pengganti sudah tersedia. Ibu bisa tinggalkan nomor handphone untuk dihubungi,”. Namun saya sudah tidak percaya karena sebelumnya saya tinggalkan nomor handphone dan tidak dihubungi. Setelah saya memaksa untuk bertemu manajer atau atasan yang bertanggung jawab mengurus service di iBox MKG, akhirnya saya diberikan alamat email yang memproses klaim iphone saya, yaitu dengan teknisi bernama Riyan. Untuk saat itu saya masih bisa menerima dan cukup sabar menunggu kabar iPhone saya.

Tanggal 21 Juni 2016 saya email ke Pak Riyan menanyakan kabar iPhone saya namun sama sekali tidak ada balasan apa-apa. Akhirnya tanggal 23 Juni 2016 saya kembali ke iBoxuntuk menanyakan status iPhone saya. Namun saya kaget karena jawaban yang saya peroleh ternyata masih sama yaitu “Selamat malam Ibu. Mohon maaf kami tidak bisa mengecek status iPhone Ibu karena server kami sedang down sekarang. Mbak bisa tinggalkan nomor telepon dan akan langsung saya hubungi besok,”.

Saya curiga dan tidak percaya karena CS lainnya yang ada di sana saat itu bisa melayani customer lain dengan mengakses laptop yang ada di hadapannya. Kalau memang server down seharusnya dia pun tidak bisa mengakses data di laptopnya.

Lalu saya bilang ke mbak nya begini “Mbak saya sudah pernah meninggalkan nomor HP dengan janji akan dihubungi namun saya tidak pernah dihubungi. Mbak tolong cari tahu kejelasan iPhone saya, saya tidak percaya server down. Saya mau ngomong sama manajer mbak sekarang juga untuk tahu kejelasan handphone saya,”. Lalu 10 menit kemudian ada teknisi yang mengurus klaim iPhone saya keluar. Ternyata dia adalah Pak Riyan yang alamat emailnya diberikan ke saya beberapa waktu lalu.

Hal yang tidak pernah saya duga terjadi.

Pak Riyan keluar dengan membawa iPhone saya yang masih rusak dengan alasan iCloud belum di-sign out sehingga proses klaim garansi belum bisa diproses. Pak Riyan mengatakan kalau dia sudah pernah menelepon saya untuk memberitahukan hal tersebut namun tidak dijawab. Saya sungguh sangat amat kecewa dengan pelayanan iBox ini. Mengapa?

1. Saya tidak merasa ditelepon oleh pihak iBox. Kalau pun pihak iBox telepon dan saya tidak angkat, seharusnya mereka bisa menginfokan via email. Saya ingat betul janji dari iBox di awal saya mengajukan klaim bahwa saya akan dihubungi via email jika iPhone sudah selesai diproses.
2. Saya sudah ke iBox beberapa kali untuk menanyakan status iPhone saya namun jawaban yang diberikan selalu iPhone sedang diproses di pusat. Berarti kata-kata tersebut adalah BOHONG belaka, karena faktanya iPhone saya sama sekali belum diproses dan masih disimpan di iBox MKG. Seharusnya di beberapa kali kedatangan saya ke iBox, masalah iCloud belum sign out bisa diinfokan ke saya supaya iPhone saya bisa segera diproses.

Kemudian pihak iBox menjanjikan lagi bahwa iPhone akan segera diproses dan akan selesai tanggal 3 Juli 2016. Saya sudah tidak percaya lagi dengan janji manis iBox, untuk itu saya minta dibuatkan surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa iPhone saya akan selesai sesuai janji yaitu tanggal 3 Juli 2016 dan jika belum selesai juga maka saat itu juga saya akan diberi 1 unit iPhone baru sebagai gantinya. Namun pihak IBOX menolak membuat pernyataan karena katanya tidak sesuai SOP dan bahkan mengeluarkan statement kalau ibu tidak terima dengan cara kerja kami, ibu bisa mengurus service ini di tempat lain.

Saya amat sangat kecewa dengan pelayanan iBox. saya membeli iPhone di iBox dengan harga jauh lebih tinggi daripada harga di pasaran karena saya juga membeli jasa service dan garansi remsi dari iBox. Namun ternyata saya diperlakukan dengan tidak baik dan permintaan service saya tidak diproses sebagaimana mestinya.

Dari situ saja saya merasa dibodohi dan dibohongi. Padahal iPhone sendiri bukan barang murah, bahkan boleh dibilang barang yang sangat MAHAL dan iBox menjual dengan harga yang jauh lebih tinggi dari pasaran dengan menjago-jagokan bahwa merekalah tempat garansi resmi produk Apple di Indonesia. Dengan ini saya mohon ada perhatian, karena pihak penjual (iBox) sudah melanggar hak saya sebagai konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Elvita
Kelapa Gading – Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai iBox:
[Penilaian Rata-rata: 2.9]
Tanggapan iBox atas Surat Ibu Elvita Atas Pelayanan iBox Mall Kelapa Gading

Menanggapi surat dari Ibu Elvita mengenai pelayanan iBox Mall Kelapa Gading yang telah mengecewakan di Mediakonsumen.com tanggal 24 Juni 2016,...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “iPhone 6 Baru Pakai 1 Bulan Mati Total, Pelayanan Garansi iBox Mall Kelapa Gading Sangat Mengecewakan

    • 21 Juli 2016 - (01:00 WIB)
      Layanan purna jual di Indonesia yang sangat buruk dan mengecewakan. Kalau layanan di Apple Store aslinya luar biasa bagus sis. Tidak ada yg namanya tunggu 4 bulan
    • 24 Juli 2016 - (12:20 WIB)
      Sebenarnya bukan applenya yg salah. Tp “agen” penjual pihak ketiga yg sucks. Kalo apple store resmi diluar negeri cpt kok pelayanannya.
  • 21 Juli 2016 - (00:58 WIB)
    Memang pelayanan iBox hancur banget sis.. Oleh sebab itu saya gak pernah mau lagi untuk membeli iPhone dengan garansi resmi. Lebih baik membeli iPhone dengan garansi international (seperti yang kebanyakan dijual di OL Shop atau e-commerce). Percuma kalau membeli garansi resi iPhone. Claim nya makan hati.
  • 23 Juli 2016 - (09:42 WIB)
    Pelayanan service disini mengevewakan sekaki ya mba.. beda banget sama di australia. Saya beli iphone sudah 1 tahun dan batre nya mengembung. Lalu saya komplen lgsg di ganti baru hari itu juga.. mudah2an masalahnya celat selesai ya mba.. iphone 6 khan ga murah hargnya.
  • 23 Juli 2016 - (23:36 WIB)
    Coba ibu translate langsung ke bahasa inggris dan lapor ke pusatnya beneran (tcook@apple.com) dengan menyebutkan garansi di indonesia di cover oleh PT apa. Biar sekalian di geser distributor resmi Indo dengan menunjuk PT yg baru. Mudah2an dapet respon langsung dari Bp Tim Cook nya
    • 30 April 2017 - (13:30 WIB)
      Saya juga mas beli iphone 5s di central park belum sebulan pake blue screen mati tiba2.
      Saya bawa ke cp nya janjinya 7 hari saya cek nomor ESO nya ga ada kelanjutan dan saya ga dapat konfirmasi apa2 sampe sekarang udah tanggal 30 april.
      Saya juga udah email ke tcook yg mas sarankan juga belum ada respon apa2
      Sumpah ibox parah banget di indonesia
  • 24 Juli 2016 - (12:32 WIB)
    Hati2 deh jgn beli disini. Iphone gw py layar pernah pecah jg dicuekin ga mau dibetulin sm ibox, disuruh pergi ke luaran untuk servis sendiri. Sakit hati banget, pdhl sy bilang gpp kok saya bayar, tp tetep ditolak. Mau ga mau sy servis diluaran. Trs sebelumnya pas kamera iphone rusak udah hampir setahun, kebetulan pas lg jalan2 ke singapore, saya langsung ke apple singapore 15 mnt masalah kelar. Ga pake babibu dan alesan2 lgsg hp mau dituker baru. Mending beli iphone dr luar negeri aja deh percuma beli di indo dah jauh lbh mahal, garansinya tempe. Saya ga bakalan lg mau beli produk2 apple di Indonesia. Amit2 cabang bayi, udah lebih mahal, pelayanan kayak gitu.
  • 24 Juli 2016 - (18:36 WIB)
    Toko2 jaringan grup ini memang menjual brg kurang oke, meskipun Apple products, tp kualitasnya payah. Saya pernah beli iphone 5 di grup retail ini, pakai 1,5 thn batere rusak dan cpt drop.
    Saya beli ipad di HK dan KL, sampai hari ini ipad 1 sdh 6 thn, ipad 3 sdh 4 thn, tidak ada mslh dgn batere msh sangat sehat dan bisa dipakai seharian.
    Selama belum ada Apple shop asli jgn pernah ambil mobile device dr reseller ini. Tg jwb nya kurang. Sewkt saya tanyakan mslh penggantian batere dan saya akan bayar spare part nya, mereka tidak bisa lakukan dan minta cari tukang servis di ITC ambass. Crazy!!
  • 25 Juli 2016 - (10:39 WIB)
    waktu itu beli ipad mini 2 di HK, tp pas smpe di indo baru di cek2 untuk speaker dkk.
    trnyata speaker ada masalah karena terlalu kecil kalau tdak pakai headset, dan saya kepikiran untuk service di ibox. setelah muter2 ampir seluruh ibox mereka cuma nyaranin ipad saya ditinggal di ibox mereka untuk service lbh lanjut, dan saya tanyakan bisa brapa hari untuk kepastian apakah ipad saya bisa diperbaiki atau ganti baru. CS nya bilang kalau cek paling 1-2minggu, tapi kalau ganti bisa 6bln lbh. akhirnya saya ga jadi taro ipad saya di ibox, dan lbh memilih ke KL untuk service. ternyata sampai di tempat service apple di KL mereka cuma bilang suruh nunggu 2 jam untuk diliat apakah bisa diperbaiki apa tidak, bila tidak bisa akan diganti baru lgs. dan ternyata cuma diotak atik 2 jam bisa bener ipad saya tanpa harus ganti..
  • 15 Oktober 2016 - (10:59 WIB)
    wah kasus yg sama dengan saya, iphone saya jg sudah 4 bulan ga di ganti dr pihak ibox
    saya mohon info akhirnya saat ini ibu sudah menerima iphonnya kmbali blm dr iboxnya
    • 26 Maret 2017 - (21:29 WIB)
      mau nanya mba, lalu keadaan iphone nya gmn sekarang? soalnya iphone saya jg begitu, dan katanya akan diganti baru setelah 3 bulan pengiriman
  • 22 Oktober 2016 - (10:31 WIB)
    Saya baru join di Media Konsumen, karena saya mau coba lihat toko yang jual Iphone yang purna jualnya bagus. Tadinya mau beli di Ibox kelapa gading. Sekarang sudah tahu ketidak bagusan Ibox. Mohon info juga kepada saya toko yang jual Iphone asli yang layanan purna jualnya bagus. Terima kasih
  • 24 Oktober 2016 - (00:08 WIB)
    Waduh, saya baru mau ke iBox MKG nih hari ini tanggal 24 Oktober 2016.
    Semoga saja pelayanannya sudah membaik.
    Masalahnya Iphone 5S saya bermasalah setelah logo apple malah mati layar hitam, black out lah.
  • 9 Januari 2017 - (13:32 WIB)
    Whaaduh.. layanan IBOX sevice nya PUAARAAH ternyata .. baru aja mau masupin ke ibox service ternyata seperti ini semua gak ada yang puas.. iphone 6 plus saya garansi resmi Ibox Indonesia mati , baterei habis dan tidak bisa di chagre.. klu gitu mending bawa ke service swasta di itc cempaka kayaknya gak pake lama tapi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan daripada makan ati gak ada obatnya dan harganya ….. kemaren iphone 6 plus anak saya garansi international tapi sudah habis , saya ganti lcd di itc cempaka mas … harga spare part plus pasang 1 jt lcd bikinan taiwan/ china , proses 1 jam sudah selesai dan berfungsi kembali.
  • 28 April 2017 - (23:26 WIB)
    Yatuhan , masalah nya sama banget, beli di ibox bandar lampung, baru SEBULAN iphone 6+ gue mati TOTAL gabisa di charge. Claim kesana mereka bilang ga ngerti banyak alasan, alhamdulillah pake asuransi AMtrust, smoga klo rusak bisa lgsg di ganti… Gue kira kenapa kok bisa gitu, pas liat artikel ini kualitas barang di IBOX kayaknya emang parah… Padahal janji manis diawalnya mereka bakal bantu klo ada masalah… Mending beli di Istore, bener2 terjamin kualitasnya, iphone dan ipad gue uda ribuan kali kebanting sampe ga pernah rewel, bahkan ipad adek gue, asuransi sehari lagi expired masih bisa di ganti baru sama Istore. Sayangnya di bandar lampung ga ada I store, cuma ada Ibox. Tapi giliran beli di Ibox, sebulan langsung bobrok. Gue kira awalnya sama kualitasnya… Parah lah.
  • 30 April 2017 - (13:36 WIB)
    Bukan cuma IBOX Kelapa Gading doang, seluruh IBOX indonesia ga ada yg bener saya beli 5s tanggal 6 maret 2017 kemarin di ibox central park tanggal 5 april mati mendadak blue sceen saya bawa ke cp katanya 7 hari kerja dikonfirmasi sampe sekarang saya ga dapat konfirmasi apa2 saya dikasih bomor hp store manager central parknya dan saya gubungi ga pernah diangkat katanya dia mau bantu bohong semua jualan manis pelayanan sedikitpun ga bagus, klo emang ga bisa layanin mending ga usah jualan ibox diindonesia yg ada malah jelekin nama ibox nya juga padahal di luar negri pelayanan nya ga begini.
    Nyesal beli iphone di ibox mending beli di online sekalian ketauan ga ngarep garansi
  • 1 Mei 2017 - (22:22 WIB)
    Betul banget kasus saya juga sama ipone5s “black out / blue screen , bukti video dan photo sudah di lampiri , ke email aasp ibox, saya sudah tunggu hampir 2 blom ada tanggapan dari ibox , status di aasp. Menunggu part. Sampai hari ini gak jelas statusnya. Semoga keluhan konsumen dapat di respond dengan baik dan cepat, Agar citra ibox baik dimata konsumen. Jika berkelanjutan pasti akan hilang kepercayaan oelh konsumen.
  • 11 Juli 2017 - (13:06 WIB)
    Kasus saya lebih parah lagi, baru beli iphone 6 di erafone pada tanggal 30 Juni 2017. Baru di coba di rumah (dalam hitungan jam dari beli), unit selalu restart. Sampai hari ini unit masih dalam proses rawat inap di service center. Dan sama sekali tidak ada pertanggung jawaban dari erafone sebagai penjual unit yang rusak/cacat produksi tersebut.
    Kualitas iphone 6 yang dijual sangat jelek. Seumur2 gak akan mau lagi membeli produk di erafone 🙁
    • 12 Juli 2017 - (08:44 WIB)
      sama dengan teman saya dari Perancis waktu liburan, beli iphone baru di Erafone Bali karena iphonenya yang lama hilang.. baru dipake seminggu iphonenya sudah kayak setrikaan ja, panas dan baterainya cepat habis. Kemudian setelah itu dia balik ke Perancis dan ngecek ke toko resmi apple di sana, dan ketahuan bahwa iphone yang dia beli itu adalah barang bekas dan komponen baterainya dan sudah ganti, hati2 dah belanja di Erafone
  • 20 Juli 2017 - (12:01 WIB)
    kok sama ya , saya baru beli 2 bulan udah rusak padahal lagi di pake foto tiba tiba mati ternyata backligt , eh tau nya 3 hari kemudian matot , saya klaim melalui toko untuk masuk garansi . tapi sebelum itu saya coba tlp apple care di kuala lumpur untuk menanyakan imei saya apakah speknya sesuai dengan hp saya ternyata beda , warna hp saya gold pas di cek imei nya ternyata hp saya warna sebenernya silver bukan gold , dan ternyata hp yang saya pake mesinnya sudah pernah di aktifkan dari tatahun 2015 , pantesan aja iphone skg ga sekuat dulu , banyakan yang ngeluh mati total dalam hitungan bulan jelas aja org banyak iphone rekondisi di indonesia skg ,
  • 8 Agustus 2017 - (19:15 WIB)
    Saya baru pake 3 minggu dan udah restart terus menerus aja selama berhari-hari. Dibawa ke service centernya (AASP iBox Dago Bandung) dapet ESO Number yang justru pas di cek di web malah “Data tidak ditemukan” tiap telpon kesana ga pernah diangkat, kirim email ke customer care iboxnya memang dibales 1x tapi setelah itu ga ada info lagi. Padahal udah banyak keluhan dan komplain tapi ko iBox nya malah begitu. Bikin kecewa
  • 18 Agustus 2017 - (07:17 WIB)
    iphone saya baru beli 9 hari langsung rusak , touch screen tidak berfungsi, lalu disuruh restore and update software, yg terjadi black out alias mati total. Mau diganti yg baru, kudu nunggu validasi dari singapura yg katanya kalau digantipun cuman bentuk batangan (unit only), jadi box asli dan unit hp berbeda tuh IMEI nya….

    berikut artikelnya : https://mediakonsumen.com/2017/08/17/surat-pembaca/baru-beli-iphone-7-ibox-mall-kelapa-gading-9-hari-kemudian-rusak-total

    pesan : jgn beli di authorized reseller indonesia deh, payah service-nya… beli aja di Sg / Us sekalian… lebih murah dan udah jelas kalau rusak harus ngapain.. bkn tergantung sama ibox service center yg payahhhh

  • 17 September 2017 - (03:37 WIB)
    Klau gw malah udah kapokkkk pake iPhone..
    Beli 6s baru seminggu baterai gembung, tuker baru ke iphone7 128GB otomatis nambah duit lgi.. trus baru 2 minggu kedapetan layar dead pixel.. trus diganti unit baru tpi adanya 256GB.. mau gak mau jadi nambah duit lagi kann..
    Baru dipake belum genap sebulan, Boot Loop logo apple terus gak mau masuk menu..
    Di servis ehh dibilang mesin nya rusak, udah dr bulan agustus awal bulan sampe sekarang gak kelar2.. asli udah kapokkk pake iPhone..
    Bener2 nyesel kenapa dulu kepincut ganti samsung S6 ane ke iPhone, pdhl tuh S6 gak pernah problem, skrg akhirnya pake S8+, dan entah tuh iphone 7 mau kaya gimana, berasa udah kaya duit 11juta hilang melayang aja.. mau diikhlasin sakit hati juga, tpi ditanya kejelasan service udah kaya t4i
  • 3 Desember 2017 - (07:56 WIB)
    Hai bapak/ibu/mba/mas. Buat kalian yg pusing dengan masalah Apple Devices kalian, service rumit di service center maupun gk punya waktu ke service center diluar dr resmi. Kalian gk perlu repot repot keluar rumah macet macetan antri service. Mr.FixGadgef bisa bantu kalian dengan memperbaiki gadget kalian dalam sati waktu dan transparan. Cukup stay dirmh atau kantor atau tempat nongkrong lainnya kami akam kirimkan teknisi ketempat kalian. Dengan service yg baik, teknisi profesional, bergaransi & kualitas terbaik pastinya. Yuk kepoin kami di http://Www.mrfixgadget.com or Call / wa / sms 085810656069

    Jangan lupa follow juga instagram kami .fixgadget

  • 20 April 2018 - (14:18 WIB)
    Ibox indonesia Itu SAMPAH!!!!! Ga layak ada!!! Why? Karena klaim garansi lebih ribet! Masa speaker ip 7 plus saya rusak dia bilang ga ada kerusakan! Kan anxxxx ibox

 Apa Komentar Anda mengenai iBox?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

iPhone 6 Baru Pakai 1 Bulan Mati Total, Pelayanan Garansi iBox Mall Ke…

elvita maria goretti 4 menit
29