11 Tahun yang Lalu, Kami Hadir untuk Konsumen Indonesia

Pembaca yang terhormat,

22 Januari, 11 tahun yang lalu MediaKonsumen pertama kali hadir di dunia maya menemani konsumen Indonesia untuk dapat saling berinteraksi dalam wadah komunitas konsumen yang bisa diakses oleh siapapun dan di mana pun melalui koneksi internet. Semangat yang ingin diraih adalah menjadikan konsumen Indonesia yang semakin berdaya.

Saat situs ini pertama kali hadir, sebelas tahun yang lalu, media sosial belumlah semasif seperti sekarang, Facebook dan Twitter – dua dari media sosial paling populer di Indonesia saat ini, belum bisa dimanfaatkan oleh pengguna internet di Indonesia. Sehingga tidak heran, media atau wadah bagi konsumen Indonesia untuk bisa berinteraksi dengan murah dan mudah secara online masih terbatas. Maka kehadiran situs ini sebagai sebuah situs komunitas, berdedikasi untuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi seluruh pengguna untuk berinterasi dengan sesama konsumen Indonesia melalui media tulisan. Kami tidak membatasi jenis tulisan yang ingin disampaikan oleh pengguna situs ini, apakah itu berbentuk tulisan apresiasi atas sebuah produk atau pelaku usaha, keluhan atau kritik, saran, opini, ide, gagasan, pengalaman, wawasan, informasi, apapun itu, semua bisa menulis dan berbagi di MediaKonsumen.

MediaKonsumen bukanlah situs pengaduan atau hanya menampung keluhan atau unek-unek konsumen semata, keluhan hanyalah salah satu bagian situs ini. Bangunan besar dari rumah komunitas konsumen ini adalah tempat bagi konsumen untuk saling berbagi pengalaman. Artikel yang ditulis oleh seorang pengguna akan menjadi bahan rujukan bermanfaat yang akan dibaca oleh jutaan pengguna lainnya. Perilaku mayoritas konsumen di era digital sekarang, sebelum melakukan belanja konsumen akan mencari informasi atas suatu produk atau penjual dan setelah belanja mereka akan berbagi pengalamannya di media sosialnya. Maka kehadiran MediaKonsumen menjadi medium bagi terjadinya pertemuan secara maya, bukan saja antarkonsumen, tetapi juga antara konsumen dan penjual.

Meski 11 tahun bukan waktu yang singkat, kami sadar, kami masih jauh dari sempurna, kami masih terus belajar untuk memahami konsumen Indonesia, dan juga memahami kebutuhan pengguna situs ini. Karena itu kami selalu terbuka terhadap semua saran, kritik atau usul dari seluruh pengguna situs ini, kami akan mendengarkan itu semua. Banyak perubahan yang terjadi selama 11 tahun ini, namun satu hal yang pasti, cita-cita kami sejak awal untuk memberdayakan konsumen tidak akan pernah berubah. Kami percaya dengan saling berbagi informasi di MediaKonsumen, menulis, membaca dan berbagi adalah bagian dari upaya untuk mencerdaskan konsumen. Konsumen yang cerdas, akan mendorong para pelaku usaha untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanannya. Kualitas produk dan layanan yang meningkat itu artinya lebih banyak lagi konsumen yang siap menjadi pelanggan setia, sehingga tercipta hubungan saling menguntungkan. Sesuai misi sinergis kami: Konsumen Puas, Pelaku Usaha Untung!

Pada tahun 2015 MediaKonsumen melakukan revitalisasi situsnya dan juga menambahkan berbagai fasilitas yang memudahkan pengguna situs ini untuk terus saling berbagi informasi. Kini dengan tampilan situs yang lebih dinamis, responsif untuk setiap gawai yang digunakan, kemudahan untuk bergabung di komunitas hanya dengan satu klik, adalah beberapa dari revitalisasi yang kami lakukan. Pengguna juga sekarang bisa mengikuti (follow) pengguna yang lain dengan cara klik tombol “ikuti” di setiap tampilan profil pengguna, sama seperti jika Anda mengikuti seseorang di media sosial lain seperti Twitter, Instagram, Facebook dll. Dengan demikian pengguna bisa menambah lingkaran pertemanannya atau sekedar untuk mendiskusikan suatu topik yang spesifik. Anda juga bisa memilih untuk mendapatkan pemberitahuan otomatis di perangkat Anda, baik telepon pintar maupun laptop saat ada artikel baru yang terbit di MediaKonsumen. Peningkatan situs ini terus kami lakukan secara konsisten, semua itu demi kenyamanan Anda semua, pengguna situs yang kami hormati.

Disadari atau tidak, semua dari kita adalah konsumen, bahkan seorang pedagang sekalipun pastilah seorang konsumen terhadap pihak lainnya. Seorang pedagang mobil misalnya, dia adalah pelaku usaha bagi konsumen yang membeli mobil. Tapi saat dia menyimpan uang di bank, maka pedagang itu menjadi konsumen bank, saat menginap di hotel dia menjadi konsumen hotel, konsumen di restoran, konsumen di toko pakaian, dan seterusnya. Maka visi untuk memberdayakan konsumen Indonesia, sejatinya adalah untuk memberdayakan semua orang Indonesia. Maka kami sungguh meyakini apa yang menjadi visi kami: Memberdayakan konsumen berarti Memberdayakan Indonesia.

Salam hangat,
Redaksi

Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
 [Penilaian Rata-rata: 4.6]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

2 komentar untuk “11 Tahun yang Lalu, Kami Hadir untuk Konsumen Indonesia

  • 9 Oktober 2017 - (22:57 WIB)
    Perkataan tidak sopan DC BCA

    Dengan sadar saya tahu saya tidak bisa melakukan pembayaran kartu kredit seperti seharusnya. Itu kenapa saya sudah siap di blacklist BI. Niat saya tetap ingin bisa melunasi hutang kartu kredit saya dengan meminta reschedule jangka panjang pada bank saya berhutang. Tapi sungguh sangat disayangkan DC Bank BCA yang mengaku bernama donny meneror saya dengan tidak sopan bahkan dia mengatakan saya penipu. Sungguh sangat disayangkan Bank selevel BCA mempungai DC yang tidak ditraining secara benar seperti standart penagihan yang baik sehingga ada solusi untuk pembayarannya. Maaf DC Bank BCA saya tidak niat kabur dan menipu. Saya niat bayar sampai lunas hanya saja saya minta reschedule jangka panjang karena sudah berhutang di bank lain juga

    • 10 Oktober 2017 - (20:52 WIB)
      Bank BCA juga pake jasa penagihan yang ga bonafid.. hadeeeh murahan itu biaya DC nya cukup dikasih bala-bala dan teh pait

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

11 Tahun yang Lalu, Kami Hadir untuk Konsumen Indonesia

Redaksi 3 menit
2
Baca juga:
Kecewa Berat dengan Telkom 147 Indihome Fiber

Bermula pada tanggal 14 Januari 2017 Indihome tiba-tiba mati. Sampai hari ini 23 Januari 2017...

Tutup