Pembayaran Berhasil tapi Pemesanan Dibatalkan oleh Tiket.com

Saya adalah seorang anggota komunitas PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) yang setiap minggu selalu naik Kereta Api.

Saya mencoba melakukan pembelian tiket kereta api via tiket.com karena tergiur dengan promo diskon potongan harga Rp20.000,- setiap transaksi. Mulai tertarik, karena pada beberapa hari sebelumnya saya berhasil membeli tiket kereta api Gajayana dengan potongan harga tersebut (lumayan secara PJKA uang segitu sangat berarti). Kemudian saya melakukan proses pemesanan dan pembelian tiket kereta api lagi pada tanggal 24 Januari 2017 via tiket.com, dengan nomor transaksi 32768695, dan syukurnya berhasil mendapatkan e-ticket via email.

Atas dasar 2 (dua) transaksi sebelumnya yang berhasil, maka di tanggal yang sama (24 Januari) saya melakukan proses pemesanan dan pembayaran tiket kereta api lagi via tiket.com dengan nomor transaksi 32827429 dengan pembayaran melalui metode transfer via BRIVA dengan nomor VA 8878 8000 0801 0129. Kemudian saya melakukan pembayaran dengan segera karena memang dibatasi pembayaran kurang lebih hanya 1 jam setelah pemesanan, melalui internet banking dan transaksi dinyatakan berhasil. Atas transaksi dimaksud, saya menyimpan screenshoot rekening koran pada internet banking dan pihak bank melalui email juga telah menyatakan bahwa transaksi tersebut dinyatakan berhasil.

Setelah saya menunggu kiriman e-ticket seperti transaksi saya sebelumnya, ternyata begitu saya cek pada folder status pemesanan, order saya dengan nomor transaksi 32827429 dinyatakan kadaluarsa karena dianggap belum melakukan pembayaran. Saya masih tenang, karena SAAT ITU masih percaya dengan profesionalitas Tiket.com, sehingga saya menyampaikan keluhan tersebut melalui email cs@tiket.com, nomor telepon +62 21 2963 3600, serta melakukan chat live melalui alamat web tiket.com dengan selalu mengirim bukti rekening koran. Dan dari semuanya menyatakan hal yang sama bahwa dana dari saya atas pembayaran dimaksud belum masuk, dan saya diminta untuk menghubungi pihak bank.

Selanjutnya, menyikapi hal tersebut, demi rasa keadilan dan keterbukaan, saya pada tanggal dan hari yang sama melakukan laporan ke Bank BRI dengan nomor laporan 12822402, dan pada tanggal 25 Januari 2017, pihak Bank BRI telah menghubungi saya bahwa Bank BRI telah melakukan pengecekan dan dinyatakan bahwa dana melalui pembayaran BRIVA dengan Nomor VA 8878 8000 0801 0129 telah berhasil dan dana seharusnya sudah masuk ke pihak ketiga (tiket.com). Kemudian setelah itu saya mengirim email kembali kepada cs@tiket.com untuk memberitahukan hal dimaksud dan 1 jam kemudian dijawab bahwa dana belum masuk serta saya diminta kirim buktinya. Untuk menjawab kembali, saya sudah kirim email beserta bukti rekening koran pada tanggal 25 januari 2017 pukul 15.44 WIB, dan tidak mendapat balasan apapun sampai sekarang. Saya juga sudah memohon agar tiket.com dapat menghubungi pihak BRI juga (saya sudah kirim nomor transaksi/referensi) untuk pengecekan.

Sungguh kecewa hati ini, alih-alih ingin mendapatkan diskon Rp20 ribu, tapi malah kehilangan uang Rp200 ribu. Mungkin buat tiket.com uang segitu tidak berarti banyak, namun buat saya yang notabene seorang PJKA yang ketemu istri dan anak hanya seminggu sekali, uang segitu bisa buat ngajak jalan-jalan dan makan bersama anak saya.

Pelajaran berharga buat saya, jangan terlalu mudah percaya dengan promo, jangan ketagihan kalau transaksi promo yang pertama berhasil, karena MUNGKIN saja semua itu hanya “jebakan”.

Terima kasih.

Tri Budiarta
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tiket.com:
[Total:8    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Tiket.com untuk Surat Pembaca Bapak Tri Budiarta

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com yang dikirim oleh Bapak Tri Budiarta pada Hari Kamis, 26 Januari 2017 dengan Judul...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Pembayaran Berhasil tapi Pemesanan Dibatalkan oleh Tiket.com

  • 26 Januari 2017 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah.. Pihak Manajemen Tiket.com telah menghubungi saya, dan mengklarifikasi semuanya termasuk menginfokan bahwa pembayaran saya sudah dinyatakan masuk. Sebagai bentuk tanggung jawab, tiket.com telah menawarkan pemesanan ulanag atau refund dana, serta diberikan kompensasi berupa voucher diskon yang cukup lumayan. Terima kasih.

    thanks mediakonsumen.com

  • 24 Agustus 2017 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Saya juag baru mengalami masalah dengann refund tiket.com. Mereka menyampaikan informasi bahwa refund saya belum diproses karena belum menerima dari Garuda Indonesia. Dua kali saya konfirmasi ke GI dan mengirimkan email ke tiket.com, dua kali di balas lagi bahwa mereka belum menerima dari GI. Setelah saya tanyakan dua kali (lagi) melalui email ke pihak tiket.com, baru mereka mengakui bahwa GI sudah membayarkan sejak 9 Agustus 2017. Dan setelah saya kirim email bertubi-tubi dari tanggal 18 – 23 Agustus, akhirnya proses refund selesai. Tapi bagaimana dengan informasi palsu yang disampaikan oleh cs tiket.com melalui email dan telp? Saya yakin kalo saya menerima informasi begitu saja, sampai hari ini saya belum menerima refund ke limit kartu kredit saya. Agar semua berhati-hati menerima informasi dari cs tiket.com. Tanyakan nama yang melayani, catat waktunya dan catat semua informasi yang diterima. Hak konsumen dilindungi oleh Undang-undang.

 Apa Komentar Anda mengenai Tiket.com?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Berhasil tapi Pemesanan Dibatalkan oleh Tiket.com

oleh Budi Arta dibaca dalam: 2 min
2