Amerika Serikat Berencana Membatasi Penyusutan Jarak Antarbaris Kursi Pesawat

Sebuah rancangan undang-undang bipartisan sedang diusulkan di Kongres dan Senat Amerika Serikat yang akan menetapkan batas minimal lebar kursi di pesawat dan juga batas minimum jarak antarbaris (khususnya di kelas ekonomi).

RUU yang dinamai SEAT Act 2017 akan memberi wewenang kepada Federal Aviation Administration (FAA, sebuah badan pengatur penerbangan) untuk menentapkan batas minimum tersebut dan juga akan mewajibkan perusahaan penerbangan untuk menampilkan ukuran kursi di pesawat dan ruang untuk kaki pada situs web mereka.

Anggota Kongres dari Partai Demokrat Steve Cohen dari Tennessee, yang mengusulkan RUU ini menyebutkan bahwa penumpang sudah merasa bosan dipaksa duduk berdesakan. Ia juga mengatakan pada sebuah jumpa pers bahwa kursi yang ukurannya semakin menyempit bukan hanya soal kenyamanan saja tetapi juga merupakan masalah bagi kesehatan dan keselamatan penumpang. Pesawat harus mampu melakukan evakuasi yang cepat dalam situasi darurat.

RUU ini diusulkan oleh tujuh anggota Kongres yang mewakili dua partai, termasuk Pimpinan Senat dari Demokrat Charles Schumer dari New York dan Anggota Kongres dari Republik Adam Kinzinger dari Illinois.

Seat pitch adalah jarak antara satu sandaran kursi dengan sandaran kursi di baris depannya yang diukur dalam posisi tegak. Semakin kecil ukuran seat pitch semakin dekat jarak antara lutut penumpang dengan kursi di depannya.

Jarak antarbaris kursi atau biasa disebut seat pitch bervariasi di tiap-tiap penerbangan dan pesawat. Semakin kecil ukuran seat pitch semakin dekat jarak antara lutut penumpang dengan kursi di depannya. Mengurangi jarak antarbaris akan memberikan maskapai baris kursi yang lebih banyak sehingga otomatis akan menaikkan penjualan tiket. Jarak antarbaris menurun menjadi 31 inci (79 cm) dari 35 inci (89 cm) di tahun 1970 menurut siaran pers Cohen, dan penyusutan lebar kursi dari 18 inci (46 cm) menjadi 16,5 inci (42 cm).

Belum ada aturan pasti yang mengatur jarak antarbaris pada penerbangan kecuali pada baris kursi di dekat pintu keluar.

“Saat keuntungan maskapai meroket, kursi penumpang tetap menyusut,” kata Senator Demokrat Richard Blumenthal, dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan kali pertama Capitol Hill membahas mengenai penyusutan kursi pesawat. Cohen mengusulkan kebijakan yang mirip dalam bentuk amandemen atas UU FAA Reauthorization tahun lalu.

Bagaimana di Indonesia?

Di Indonesia belum ada peraturan khusus yang mengatur jarak antarbaris. Untuk penerbangan regional berikut adalah ukuran jarak antarbaris beberapa maskapai di kelas ekonomi yang dihimpun dari berbagai sumber:

Seat pitch Batik Air (sumber: batikair.com)

 

Maskapai Jenis Pesawat Seat Pitch (inci)
Airasia Airbus A320-200 29
Batik Air Boeing 737-900 32
Citilink Airbus A320-200 29
Lion Airlines Boeing 737-900 29
Lion Airlines Boeing 737-800 31
Lion Airlines Boeing 737-300 30
Sriwijaya Air Boeing 737-300 29
Sriwijaya Air Boeing 737-400 30
Sriwijaya Air Boeing 737-500 31
Garuda Indonesia Boeing 737-800 31-32
Garuda Indonesia Bombardier CRJ-1000 30
Garuda Indonesia ATR72-600 31

Bagaimana pendapat Anda tentang jarak antarbaris kursi di pesawat?

(*nfk/sumber CNN)

Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
 [Penilaian Rata-rata: 3.3]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Amerika Serikat Berencana Membatasi Penyusutan Jarak Antarbaris Kursi …

Redaksi 2 menit
0
Tags: Penerbangan
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Andy

Redaksi Yth., Menanggapi keluhan Bapak Andy Chang di Mediakonsumen.com (24/12) berjudul “Pesawat Batal Berangkat, Traveloka...

Tutup