Masalah Penjualan di Tokopedia

Saya sebagai penjual di Tokopedia dirugikan karena masalah sistem di Tokopedia. Pada tanggal 15 Februari 2017 saya menerima pesanan speaker JBL2. Pesanan saya terima dan barang saya kirim di hari yang sama. Setelah kirim barang saya input no resi dan melakukan konfirmasi pengiriman. Keesokan harinya pada saat saya cek status penjualan, status penjualan hilang. Saya langsung menghubungi customer care Tokopedia dan info dari CS, pihak penjual yang menolak order. Sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa saya tidak pernah membatalkan/menolak order. Bagaimana mungkin saya sebagai pihak penjual menolak/membatalkan order setelah barang dikirim? Yang bermasalah adalah sistem dari Tokopedia.

Pihak Tokopedia pun sudah menghubungi pembeli dan pembeli sudah konfirmasi bahwa barang pesanan sudah diterima. Saya minta pihak Tokopedia untuk mengaktifkan lagi status penjualan saya tapi pihak Toped menolak dan menyarankan pembeli untuk transfer langsung ke saya atau melakukan order ulang. Pembayaran dari pihak pembeli mengunakan cicilan kartu kredit. Masalahnya pihak pembeli sudah di-charge kartu kreditnya dan baru mau untuk order ulang setelah dananya kembali. Info dari Tokopedia dana akan dikembalikan setelah 14 hari kerja dan saya disuruh menunggu sampai billing tagihan kartu kredit diterima. Pihak pembeli pun disuruh untuk membayarkan tagihan kartu kredit yang sudah tertagih.

Setelah saya tunggu 1 bulan dan konfirmasi ke pihak pembeli, dana yang sudah tertagih masih belum kembali. Berdasarkan hasil checking dengan CS Tokopedia info yang didapatkan mengenai pengembalian dana juga tidak sesuai. Nilai transaksi Rp680.050 via kartu kedit tapi info Tokopedia dana yang dikembalikan Rp697.000 dan metode pembayaran via transfer, bukan kartu kredit. Dari jumlah nilai uang dan metode pembayaran saja pihak Tokopedia sudah tidak konsisten. Setelah saya telepon ke CS Tokopedia, mereka baru mengirimkan screenshots sistem mereka untuk jumlah uang yag benar sebesar Rp680.050. Info yg saya dapat dari CS via telepone pengembalian dana ke pembeli gagal.

Terlampir screenshots email awal dengan cs Tokopedia.

No Layanan Pengguna #1740478. Kendala Pembayaran Transaksi dengan Nomor Invoice INV/20170215/XVII/II/70029128

Saya tunggu penyelesaian dari pihak Tokopedia untuk pengembalian dana saya. Terima kasih.

Hendry
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Berjualan di Tokopedia:
[Total:8    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Masalah Penjualan di Tokopedia

  • 30 April 2017 - (19:01 WIB)
    Permalink

    saya penjual di tokopedia pada tgl 6 april 2017 mendapatkan pesanan dari pembeli mengenai printhead epson dx5 grey dengan nomer invoice INV/20170406/XVII/IV/77234623 dan sebelum saya kirim saya penjual sudah memberikan video mengenai barang tersebut dan fisik barang tersebut tidakada cacat dan 100 persen baru dan tidak ada tinta setelah dikirim ke sipembeli akhirnya sipembeli complain minra barang di retur tapi tokopediamempunyai aturan maen sendiri
    ini aturan maennya ditokopedia Berdasarkan perkembangan dalam diskusi ini kami melihat dari bukti-bukti video yang dilampirkan oleh pembeli bahwa barang tersebut memang mengalami kendala. Kami cek pada deskripsi produk terdapat keterangan:

    “- Produk New & Original =
    NO Garansi / NO Komplain / NO Retur…”

    Kami informasikan kepada penjual bahwa penjual tidak diperkenankan membuat peraturan yang bersifat klausula baku. Hal tersebut sudah ada dalam syarat dan ketentuan Tokopedia pasal D nomor 4 yaitu:

    “Dalam menggunakan Fasilitas “Judul Produk”, “Foto Produk”, “Catatan” dan “Deskripsi Produk”, Penjual dilarang membuat peraturan yang bersifat klausula baku sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab, (vi) penyusutan nilai harga, (vii) penanggungan ongkos kirim oleh salah satu pihak, dan (viii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara ”

    Dari bukti-bukti yang sudah dilampirkan oleh pembeli dan terlihat jelas memang barang tersebut mengalami kendala maka kendala ini kami arahkan dengan solusi retur dan refund. Oleh karena itu kami harap penjual dapat memberikan informasi alamat lengkapnya kedalam diskusi ini agar nantinya pembeli dapat mengirimkan kembali barang yang berkendala tersebut.
    padahal kami hanya berjualan online ditokopedia dan memakai lapak di tokopedia setelah kami sipenjual mendapatkan retur dari sipembeli bahwa barang ( printhead ) tersebut sudah rusak ( mampet dikarenakan tinta yang sdh mampet dari tangan sipembeli dan tokopedia pun terus mengincar ke si penjual terus menerus dengan menyuruh memansang si mesin jika printhead sdh rusak mana bisa dilakukan pemasangan dimesin dan jika di lakukan pemasangan dimesin maka ada komponen bagian di mesin bisa rusak dan tokopedia tidak bisa menjaminnya juga. seharusnya jika meretur itu barang tidak boleh keadaan mampet dan harus dibersihkan tinta tersebut karena ulah dari sipembeli yang bandel dan nakal maka si penjual pun tidak mendapatkan payung hukum di tokopedia . apakah dengan cara begitu harus si penjual menanggung segala resiko akibat kelalaian si pembeli dan dimana payung hukumnya jika berjualan dilapak di tokopedia .
    Mohon tanggapan dari tokopedia karena masuk di pusat resolusi pun tidak bisa menyelesaikan masalah

  • 30 April 2017 - (19:13 WIB)
    Permalink

    dan keadaan printhead epson pada saat ini sudah tidak bisa dipakai dan rusak dan saya penjual mempunyai bukti barang tersebut benar benar sudah rusak dan jika semua penjual yang menjual barang yang sama seperti saya menjual printhead maka sipembeli dengan mudah mencoba merusak dan menukarnya kembali ke si penjual apa seperti itu aturan maen di tokopedia dan di sini saya hanya sebagai penjual ditoko online saja. tolong segera di berikan tanggapan nya barang baru di kasih barang sudah bekas pakai dan sudah ada bekas tintanya oleh sipembeli . kacau tokopedia ini . mana payung hukumnya ditokopedia mengenai si penjual. Mohon segera di selesaikan oleh tokopedia

  • 17 Mei 2017 - (00:17 WIB)
    Permalink

    lalu bagaimana jadinya? saya juga mengalami hal tersebut 2x ketika ditanyakan pada CS mereka malah mempermasalahkan kesalahan terletak di saya. Apakah tidak ada jalur hukum untuk ini?

 Apa Komentar Anda mengenai Berjualan di Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Masalah Penjualan di Tokopedia

oleh HENDRY dibaca dalam: 1 min
3