Hati-hati Melakukan Pembayaran dengan Kartu Kredit di Tokopedia

Pada tanggal 30 Januari 2017, saya melakukan pembelian di Tokopedia dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit BCA. Saya melakukan pembelian gabungan dengan toko lain di Tokopedia dan saya bayarkan dengan cicilan 0%, dengan nomor invoice INV/20170130/XVII/I/67623664 sebesar 130.700 rupiah. Namun ternyata penjual melakukan cancel order, dan uang tidak kembali ke rekening Tokopedia. Hal ini disebabkan saya melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, sehingga mungkin akan kembali dikreditkan di tagihan kartu kredit saya di Bulan Februari.  Saya mencoba komplain, tapi karena belum 14 hari sehingga sistem Tokopedia langsung menolak surat yang saya kirimkan.

Saat tagihan Bulan Februari datang, saya kaget karena dari pihak Tokopedia belum mengembalikan dana saya ke kartu kredit. Kemudian saya mengirimkan email ke Tokopedia dan dibalas bahwa dana akan diproses 14 hari kerja dan akan dikreditkan di tagihan Bulan Maret.

Saat tagihan Bulan Maret datang, saya kesal sekali karena sepertinya komplain saya selama dua bulan terakhir tidak ditanggapi dengan serius. Uang yang saya belanjakan memang tidak banyak, mungkin dianggap oleh Tokopedia adalah transaksi recehan. Namun seharusnya Tokopedia sebagai e-commerce profesional harus segera mengembalikan dana saya apapun alasannya. Saya akhirnya email kembali, dan seperti biasa seperti email sebelumnya saya harus menunggu 14 hari kerja dan melihat di tagihan saya bulan ini yaitu Bulan April 2017.

Hingga saat ini uang saya belum kembali. Di tagihan kartu kredit bulan April 2017 tidak ada transaksi pengembalian limit dari Tokopedia. Saya sudah ajukan supaya dikembalikan saja ke rekening Tokopedia saya supaya cepat selesai, tapi sepertinya Tokopedia tidak mau karena sistem. Ya sistem Tokopedia tidak mau, tapi sistem saya juga tidak mau dana saya sudah 2 bulan lebih tidak kembali ke tangan saya.

Untuk para pelanggan Tokopedia, hati-hati melakukan transaksi menggunakan kartu kredit di Tokopedia.

Saya kecewa sekali dengan Tokopedia. Saya sudah beberapa kali bermasalah dengan kartu kredit di Tokopedia, mulai yang tertagih dobel dan proses pengembaliannya lama sekali. Apakah ini pertanda tidak boleh lagi melakukan transaksi dengan kartu kredit di Tokopedia?

Semoga pihak Tokopedia membaca surat ini dan segera melakukan perbaikan sistem

Salam,

Narita Susanty
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:17    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Hati-hati Melakukan Pembayaran dengan Kartu Kredit di Tokopedia

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Hati-hati Melakukan Pembayaran dengan Kartu Kredit di Tokopedia

oleh Narita Susanty dibaca dalam: 1 min
1