Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Hanya Dijadikan Bahan Komplain

Saya melakukan pendaftaran Bolt! Home Unlimited dengan paket 8 Mbps pada tanggal 22 Mei 2017, namun sampai sekarang belum ada pemasangan dari pihak provider. Sales-nya pun lepas tanggung jawab dan tidak ada konfirmasi apapun terkait masalah ini. Kronologisnya adalah sebagai berikut :

1. Saya mendaftar pada tanggal 24 Mei 2017, Bolt! Home Unlimited dengan Paket 8 Mbps seharga Rp 349.000,-. Sudah termasuk biaya pemasangan dan bulan berikutnya menjadi Rp 199.000,- /bulan.

2. Saya mendapat informasi dari sales Bolt! jika nomor saya yang saya gunakan sebagai nomor pendaftar tidak aktif, lalu saya gantikan dengan nomor baru yang masih aktif.

3. Setelah diberikan nomor yang sudah aktif, saya tidak mendapatkan telepon dari pihak mana pun. Lalu saya mengirim pesan kepada sales Bolt! perihal tindak lanjut pemasangan saya.

4. Sales menginfokan kembali BAHWA NOMOR SAYA TIDAK AKTIF. Ketika ditanya mengapa nomor yang aktif dianggap tidak aktif oleh tim verifikasi Bolt!, sales tidak bisa menjawab.

5. Lalu saya mengajukan refund dengan nomor rekening teman saya. Namun pihak sales mengatakan dari manajemennya “Bang ini nomor rekening bukan atas nama abang, jadi mohon gunakan surat kuasa”.

6. Saya tidak terima pernyataan tersebut sebab memang pihak sales tidak memberikan ketentuan perihal refund, lalu saya hubungi sales lainnya yang kebetulan 1 tim.

7. Sales yang lainnya terkejut karena sampai detik ini saya belum mendapatkan telepon atau pemasangan. Lalu dia mencoba mengkonfirmasikan hal ini ke teman 1 timnya.

8. Lalu sales yang kedua ini memberikan solusi dengan melakukan data ulang dan meminta nomor baru yang aktif, saya berikan nomor yang baru saja saya beli. Lalu sales mengatakan bahwa data sudah dikirimkan ke pihak manajemen.

9. Dia juga membagikan screenshot dari percakapan antara sales dan manajemen bahwa nanti saya akan ditelepon pada hari Senin untuk proses verifikasi.

10. Pada hari Senin kemarin saya tidak menerima telepon apapun dengan nomor yang baru saja saya beli, dan saat diminta konfirmasi soal ini kepada sales dia pun tidak bisa menjawab.

11. Saya komplain melalui layanan pelanggan via Fanpage resmi Bolt, namun hanya diberikan nomor laporan saja. Dan lusanya saya dikirimkan email dari BIGTV yang juga merupakan layanan dari PT. Internux bahwa mereka sudah melakukan perekaman terhadap penggunaan data. Di sini saya merasa tertipu karena pemasangan saja belum ada, namun mereka mengirim email seperti itu dengan nomor dan nama yang bukan merupakan milik saya.

11. Saya kembali ke sales pertama dan dia hanya memberikan solusi untuk saya langsung mendatangi kantor Bolt pusat di TB. Simatupang untuk bertemu langsung dengan manajemennya.

12. Sampai detik ini, pihak sales maupun layanan pelanggan online Bolt! tidak memberikan balasan apapun terkait masalah ini. Dan saya juga belum mendapatkan uang refund saya.

Ini adalah sisi terburuk perusahaan, saya merasa tertipu dengan pihak sales. Uang yang sudah dibayarkan tidak pernah di-refund, dan mereka hanya bisa diam. Jika mereka masih berdiam maka saya siap untuk melanjutkan masalah ini di tingkat selanjutnya.

Fadli Kurniawan
Depok

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bolt:
[Total:14    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

17 komentar untuk “Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Hanya Dijadikan Bahan Komplain

  • 14 Juni 2017 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Memang lebih baik kalau di refund pakai rekening sendiri supaya kedua belah pihak aman. Dalam bertransaksi jangan pernah menggunakan rekening orang lain agar tidak ada yang dirugikan…peace.

  • 14 Juni 2017 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Kalau mengajukan sesuatu atas nama sendiri maka kalau minta di refund harus pake rekening sendiri, dan kalau CS minta kita datang ke kantor bolt pusat, mending langsung datang aja biar permasalahannya cepat selesai dan tidak berlarut.

  • 14 Juni 2017 - (14:00 WIB)
    Permalink

    kalau dari sisi tertib administrasi sih pihak bolt udah bener…kan jaman sekarang banyak bgt penipuan yang mengatasnamakan rekening orang lain dalam hal refund dana, duduk damai aja cari jalan keluar, ga perlu saling ngotot

  • 19 Juni 2017 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya sudah sangat baguslah pelayanan bolt, disamping modemnya yang unik dan simple, bolt sngaat menunjang sekali apalagi dalam pekerjaan dilapangan,, trimakasih bolt tingkatkan pelayanan bila masih ada yg merasa kurang puasss

  • 25 Juli 2017 - (10:58 WIB)
    Permalink

    sama gan sy udh dr akhir april 2017 sampai sekarang masih hilang nya di proses, no. laporan saya dari 1706070000008487, kedua 1706130000010136, ketiga yg terbaru juli ini 1707200000020159, sy udh dpt surat cancel dr teknisi 2 lembar, diurus sama sales yg tanganin saya juga gak ada hasil, surat pengaduan di booth bolt terdekat, skrg lg di tindak lanjut sama supervisor, mudah2an bisa di tindak lanjut refund, refund sy katanya udah keluar per tanggal 26 mei hanya ditujukin list nama, sy minta bukti gak ada bukti, saya sudah cek di mutasi rek saya juga gak ada dengan jumlah sekian, belum ada konfirmasi apa2 dr pihak boltnya hanya ketika di kontak baru nyaut dan belum bisa memberi jawaban

  • 25 Juli 2017 - (15:37 WIB)
    Permalink

    berita buruk bolt jelas penipuan, baru saja saya konfirmasi ke supervisor bolt namanya mas sadam, menyatakan duit refund saya udh di refund dan udah clear tanpa mengetahui konsumen sudah mendapat duit refund tersebut, verifikasi penerimaan refund di checklist secara sepihak dan sekarang tiba2 kontaknya mati dan gak bisa dihubungi seperti hari sebelumnya

  • 3 Agustus 2017 - (13:35 WIB)
    Permalink

    saya coba di boltcare twitter juga masih disuruh nunggu dari pihak terkait, jelas bolt ini penupuan, mana ada verifikasi penerimaan refund tanpa konfirmasi ke konsumen, konfirmasi ke sales dan sales juga udah jelas nipu bukti2 bisa ke twitter boltcare atau ke twitter saya @farid_oweel

  • 10 Agustus 2017 - (15:02 WIB)
    Permalink

    melayani pemasangan internet BOLT HOME unlimeted. area tangerang dan sekitarnya (jakbar-jaksel)

    nikmati layanan internet rumah sepuasnya dan tanpa kuota.

    *promo khusus di bulan ini tanpa biaya instalasi tambahan 150k.
    *tanpa biaya tmabahan
    *tanpa biaya sewa
    *HANYA BAYAR PAKET SAJA

    minat :
    wa : 089699779956

  • 16 Maret 2018 - (17:26 WIB)
    Permalink

    PENIPUAN. SAYA SUDAH DAFTAR & MEMBAYAR LEWAT ALFA… UNTUK DI AWAL TERNYATA DI DATA MEREKA ADA TAGIHAN TV KABEL #bigtv SEBESAR 300RB!!!,, KALAU BELUM DI LUNASKAN SAYA TDK BISA PASANG #bolthome PADAHAL SAYA “TDK PERNAH PASANG SAMA SEKALI TV KABEL”. TERPAKSA SAYA TDK AKAN MEMBAYAR TAGIHAN ITU. SARAN DARI SALES BOLT UNTUK REFUND (pengembalian uang pendftaran). SYARAT NYA DGN MENGIRIMKAN FOTO KTP & BUKU REKENING BANK. SAYA SDH KIRIMKAN DARI BULAN JANUARI. TAPI SAMPAI SEKARANG TDK ADA KEJELASAN UNTUK REFUND.. SAYA WHATSAPP KE SALES SEPERTI MELEMPAR & TIDAK TANGGUNG JAWAB. TELEPON KE BOLTHOME NYA LANGSUNG.. JAWABAN NYA HANYA SEGERA KAMI REFUND.. “” UNTUK YANG LAIN TOLONG BIJAK MEMILIH MEMASANG KONEKSI INTERNET DI RUMAH”” ( SAYA KECEWA DGN BOLTHOME) #penipuan #bolthome #kecewa #tidaktanggungjawab

  • 21 Maret 2018 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Saya jg baru daftar 18 maret 2018 nih. Sampe sekarang tgl 21 juga ga ada teknisi bolt yg datang buat pemasangan. Sudah bayar pula 249rb unt yg unlimited 8mbps internet aja. Sales malah nyuruh sy yg tlpnin teknisinya.. Jadi bingung sy.. Ini kalo mau minta refund ke sales apa pengaduan boltnya langsung ya?? Kecewa sekali rasanya..

    • 22 Maret 2018 - (16:17 WIB)
      Permalink

      Akhirnya stelah penantian lama bolt nya sudah dipasang, langsung aktif. Untung sales mau update terus dan bantu mengurus biar cepat dipasang. Mudah2an lancar jaya..

  • 22 Maret 2018 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Saya jg mengalami hal yg sm dgn mas Adit Heryanto…. Sdh kita konfirmasi bolak balik ke sales bolt nya malah menerima jawaban yg tidak enak….kita dibilang melakukan penipuan pemalsuan data….dan sdh kena black list.
    Jelas kita tersinggung dgn hal tersebut…
    Bukannya monta maaf atas pelayanan mereka yg TIDAK BAGUS….malah menyakitkan hati blg kita melakukan penipuan…..ditanya ttg DANA REFUND…jawabannya berbelit belit.
    Kl mau jual produk,,,khusus bagi sales bicaralah yg jujur…bisa utk kejar target…tapi JAGA NAMA BESAR PERUSAHAAN YG KM JUAL PRODUKNYA..
    KECEWA…ITU PASTI.

  • 23 April 2018 - (10:34 WIB)
    Permalink

    saya pun mengalami kejadian yang sama.. sejak februari 2018 sampai saat ini 23 April 2018 , belum juga kunjung cair deposit saya saya merasa di tipu dan semoga dengan ada berita ini, bisa di tindaklanjuti. kita sebagai customer itu di lindungi oleh undang undang

  • 30 April 2018 - (23:37 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal yang sama, ini kronologis nya

    Kasusnya seperti ini :
    1. Saya mendaftar bolt tanggal 28 Januari 2018 di Gerai Bolt di Gajahmada Plaza, Jakarta
    2. Sales bernama Dwira, saya bertanya apakah bisa berlangganan per bulan saja? katanya BISA
    3. Setelah saya membayar DP 1 bulan, tidak lama saya ditelpon waktu perjalanan pulang, yang minta konfirmasi saya harus berlangganan 1 tahun, bila tidak, saya akan kena penalti, dan saya harus menjawab saat itu
    4. Saya bilang kalau saya tidak diinformasikan oleh pihak Sales, jadi nanti tolong hubungi saya lagi atau saya yang akan menelpon pihak Bolt, petugas yang menelpon mengatakan iya
    5. Saya menanyakan pada sales, dan ternyata dia bilang “lupa” memberitahu soal itu, padahal jelas2 saya menanyakan soal kontrak berlangganan
    6. Setelah saya pikir, akhirnya saya memutuskan berlangganan, tetapi setelah saya menelpon pihak Bolt, ternyata permohonan saya dibatalkan padahal saya belum konfirmasi
    7. Saya disuruh untuk melakukan proses2 pendaftaran kembali, yang akhirnya membuat saya tidak mau berlangganan Bolt dan saya minta proses refund
    8. Saya sudah menelpon CS bolt, dan bilang akan diproses refund, tapi saya tidak diberi tahu soal kirim ke email, dan katanya dalam 14 hari diproses
    9. Saya sudah menghubungi Sales Dwira kembali, dan saya sudah kirim bukti + data2 + fotokopi KTP + buku bank. dan katanya paling cepat 30 hari diproses, sudah berbeda, tidak profesional
    10. Saya tunggu 14 hari, dan Sales Dwira tidak ada kabar , saya hubungi WA dan telpon tidak bisa
    11. Tanggal 23 April mendadak ingat, dan saya telpon kembali CS Bolt, ternyata permintaan refund saya tidak pernah dicatat
    12. Email sudah terkirim bersama semua berkas yang diminta, tetapi minta bukti pembayaran terus menerus padahal sudah dilampirkan
    13. Hari ini saya coba hubungi Sales Dwira melalui WA istri saya, ternyata bisa, berarti WA saya diblokir
    14. Besok saya akan ke gerai Bolt Gajahmada Plaza meminta pertanggung jawaban, dan saya tidak akan pulang sebelum uang saya kembali bagaimanapun caranya

    Bila mereka tidak profesional, maka kesabaran customer pun ada batasnya

  • 11 Januari 2019 - (04:28 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga merasa di rugikan, pemasangan di resto untuk per 3 bulan dan sudah bayar kurang lebih 800 ribu,di debit di kantor bolt cinere depok ,tapi karena tidak ada jaringan akhirnya dari pihak bolt di refund tetapi sudah 3 bulan uang tidak kembali juga,padahal syarat untuk refund sudah lengkap apa yang mereka minta,pertama suruh nunggu 30 hari uang pasti kembali setelah 30 hari tidak kembali juga eh mereka minta lagi persyaratan untuk refund dan untuk ke dua kalinya aku kasih tapi sekarang sudah 3 bulan tidak ada juga uang saya di kembalikan,jadi harus bagaimana saya???

 Apa Komentar Anda mengenai Bolt?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Hanya Dijadikan Bahan Ko…

oleh Fadli Kurniawan dibaca dalam: 2 min
17