Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Tidak Diproses Hingga 3 Bulan

Saya melakukan pendaftaran Bolt! Home Unlimited dengan paket 8 Mbps pada tanggal 24 Mei 2017, namun sampai sekarang belum ada pemasangan dari pihak provider. Sales-nya pun lepas tanggung jawab dan tidak ada konfirmasi apapun terkait masalah ini. Kronologisnya adalah sebagai berikut :

1. Saya mendaftar pada tanggal 23 April 2017, Bolt! Home Unlimited dengan Paket 8 Mbps di Bolt Zone Bogor.

2. Tanggal 23 April 2017, sales datang ke rumah untuk verifikasi, saya ingin membayar via kartu kredit supaya simple, tetapi sales tidak membawa mesin EDC sehingga ditunda keesokan harinya.

3. Tanggal 24 April 2017, saya bertemu sales, yang ia jujur masih baru dan kesulitan dengan sistem Bolt yang sekarang dengan menggunakan pendaftaran online. Bahkan ketika menggunakan mesin EDC sambil menelepon atasan pun tidak bisa. Ia pun bilang kalau alamat KTP berbeda dengan alamat pemasangan, agak kesulitan tapi akan diusahakan. Saya tidak ada pilihan dan saya bayar cash dengan nominal 349.000,-. Sudah termasuk biaya pemasangan dan bulan berikutnya menjadi Rp 199.000,- /bulan yang saya bisa bayar langsung ke Bolt Zone tiap bulannya.

4. Sales bilang dalam satu minggu akan ada tim verifikasi, benar, saya ditelepon pihak verifikasi yang bilang ternyata alamat KTP saya berbeda dengan alamat pemasangan, tetapi tim verifikasi tidak bilang kalau saya tidak lolos verifikasi.

5. Tidak ada kabar dari sales maupun tim verifikasi dalam 1 minggu setelah telepon dari tim verifikasi. Saya tanya sales, dia minta surat rekening listrik atau rekening air yang tertulis alamat sesuai tempat pemasangan Bolt. Saya bilang tidak ada karena rumah dinas, dan awalnya saya pikir akan bisa karena sales sudah meng-iya-kan dan alamat berbeda nama jalan dan RT/RW antara di KTP dengan tempat pemasangan tetapi masih satu area.

5. 2 minggu tidak ada kejelasan, saya disarankan untuk refund dan diminta menunggu 14 hari, serta mengirimkan foto buku tabungan. Tetapi karena waktu itu saya tidak sempat jadi, saya screenshoot internet banking saya dan sales bilang OK akan segera diproses.

6. Sudah 1 bulan hingga sekitar tanggal 24 Mei, saya mendapat info ternyata data dari admin dan finance ternyata sudah ditransfer tanggal 16 Mei 2017. Tetapi ketika saya cek m-banking, tidak ada dana masuk di tanggal tersebut.

7. Saya sudah tanya pihak admin, sales, FB fan page berkali-kali tetapi tidak ada jawaban yang pasti. Sales hanya bisa bilang mohon menunggu, admin juga tidak memberikan kepastian kapan refund akan diproses, FB fan page pun hanya menjawab dengan template yang sama tetapi orang yang berbeda.

8. Saya mendapatkan telepon tanggal 5 Juni 2017 kalau refund akan segera diproses dalam waktu 30 hari, dan dia menyebutkan nomor rekening saya tetapi salah. Saya akhirnya diminta foto buku tabungan sampai harus menggunakan waktu istirahat kantor untuk mengambil buku tabungan karena saya mau diproses cepat. Rekaman pembicaraan pun saya simpan. Saya juga mendapatkan info dari CS kalau ternyata sales yang bertanggung jawab untuk mengembalikan uang saya, tetapi dari sales bilang kalau finance yang seharusnya memproses ini.

9. Saya sempat kesal dan posting di fan page Bolt untuk berhati-hati agar kalau membeli paket Bolt unlimited karena dari pihak sales pun tidak ada kepastian mengenai dan solusi dari masalah ini alias uang saya belum kembali. Saya juga sempat berdebat di Whatsapp. Mungkin 349.000 rupiah tidak seberapa, tetapi kalau ternyata ada banyak proses refund yang tidak jelas, lalu akan diapakan uang tersebut? Karena saya juga melihat beberapa orang mengalami hal yang sama. Saya diminta bertemu langsung atau langsung datang ke Big TV. Di sini yang aneh, saya kan pesan Bolt unlimited, tetapi mengapa disuruh komplain ke Big TV.

10. Sampai tanggal 17 Juli saya cek transaksi buku tabungan tidak ada. Saya datangi Bolt Zone Kebon Jeruk dan ada sales yang berusaha membantu dengan menelpon sales yang waktu itu menjual paket ke saya, tetapi ternyata dia sudah pindah divisi ke Bolt Zone dan bukan sales lagi. Tetap saya diminta follow up ke sales tersebut. Saya juga sudah mengirimkan kembali email berisi data transaksi rekening saya yang menunjukkan tidak ada CR senilai Rp. 349.000,- yang masuk dari bulan Juni kepada admin yang menjawab email saya dan Bolt care.

Sampai sekarang tidak jelas kapan Bolt akan melakukan refund. Bahkan care@bolt.id tidak pernah membalas email saya langsung. Saya hanya mendapatkan balasan dari admin (email pribadi) yang kontaknya pernah diberikan kepada saya lewat sales.

I Putu Eka Prana Yoga
Bogor – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bolt:
[Total:7    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Tidak Diproses Hingga 3 Bulan

  • 18 Juli 2017 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Komplain terkait:

    1. Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Hanya Dijadikan Bahan Komplain
    https://mediakonsumen.com/2017/06/13/surat-pembaca/bolt-lepas-tanggung-jawab-permintaan-refund-dijadikan-bahan-komplain

    2. Menunggu Refund dari Bolt untuk Dana Salah Transfer
    “Semoga surat ini dibaca oleh bagian CS dan Finance Bolt yang sangat tidak profesional dalam layanan.”
    https://mediakonsumen.com/2017/06/10/surat-pembaca/menunggu-refund-bolt-dana-salah-transfer

    3. Apakah Saya Tertipu BOLT Pascabayar yang Belum Aktif dari 25 Mei 2017?
    https://mediakonsumen.com/2017/06/30/surat-pembaca/apakah-tertipu-bolt-pascabayar-belum-aktif-25-mei-2017
    – BOLT Pascabayar Belum Aktif dari Tanggal 25 Mei 2017 https://mediakonsumen.com/2017/06/09/surat-pembaca/bolt-pascabayar-belum-aktif-tanggal-25-mei-2017

    4. Permohonan Refund “Free Trial BOLT 7 Hari” yang Tak Kunjung Diterima
    https://mediakonsumen.com/2017/05/08/surat-pembaca/permohonan-refund-free-trial-bolt-7-hari-tak-kunjung-diterima

    5. Penantian Belum Berakhir! Service Bolt Sangat Mengecewakan!
    https://mediakonsumen.com/2016/09/19/surat-pembaca/penantian-belum-berakhir-service-bolt-sangat-mengecewakan

    6. Membeli Kuota di Web Boltsuper4g
    “Hati-hati membeli kuota di web boltsuper4g. Saya punya pengalaman pahit dalam transaksi ini.” lanjut di http://print.kompas.com/baca/opini/surat-pembaca/2015/10/25/Ruwetnya-Belanja-Daring

    7. Kecewa dengan BOLT mohon tindaklanjuti dong BOLT!!
    “malam saya ada keluhan tentang bolt pada tanggal 12 agustus saat saya sedang jalan di lippo plaza medan, saya ketemu stand bolt, disana ditawarkan bolt” lanjut di https://www.kaskus.co.id/thread/55e8680012e257da0f8b4569/kecewa-dengan-bolt-mohon-tindaklanjuti-dong-bolt/

    8. Kecewa dengan Pelayanan BOLTcare yang Don’t Care
    “Hari ini tepat 5 bulan Saya menjadi pelanggan Bolt Super 4G LTE, provider jaringan internet nirkabel yang kemudian merambah jualan perangkat telepon genggam.” lanjut di http://suarajakarta.co/suara-pembaca-2/kecewa-dengan-pelayanan-boltcare-yang-dont-care/

  • 18 Juli 2017 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Kejadian seperti banyak terjadi bukan hanya di bolt saja…bukan maksud membela, tapi dalam hal ini sebagai konsumen memang harus lebih bersabar dalam menghadapi permasalahan. mending kita lebih proaktif menghubungi CS nya supaya bisa lebih cepat selesai permasalahannya..

    • 20 Juli 2017 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Nah coba mas yang ngalamin bagaimana? Kalau dari saya, daripada uangnya harus ada di Bolt, lebih baik disumbangkan ke orang yang membutuhkan. Apalagi sampai 3 bulan. Saya juga sudah sebutkan, saya sudah menghubungi CS via email maupun telepon. Bahkan saya ditelpon beberapa kali dari CS Bolt maupun big TV itu saya bilang tidak berminat karena sampai sekarang uang saya pun belum kembali.

    • 9 Agustus 2017 - (09:49 WIB)
      Permalink

      iya betul bukan hanya di bolt aja, tapi maslahnya kalo di bolt karena kurang profesionalnya para pekerjanya, kualitasnya kurang, jadi kadang di CS Care sama di Bolt zone itu aturan nya bisa beda. Sebagai contoh saya pernah berhenti dari bolt home unlimited, karena saya blm setahun di kenakan finalti, aturan finalti maksimal 500rb kenapa saya di debet 3 juta di bolt Zone Pluit Village, karena waktu itu saya hanya nyuruh org pakai surat kuasa ya akirnya di bayar juga yg 3 juta itu,, dan ini sudah hampir sebulan minta Refaund susahnya minta ampun, ngambil duit saya sendiri saja kok sulit

  • 20 Juli 2017 - (15:48 WIB)
    Permalink

    kok bisa ada masalah dengan bolt ya, lebih simple nya kan tinggal beli bolt plus kartu, kemudian beli paket udahhh jalan,,, selama menggunakan bolt belum pernah ada keluhan sih, lancar terussss maju terus bolt

    • 20 Juli 2017 - (16:23 WIB)
      Permalink

      Kalau mau tahu masalah terkait bisa lihat komentar saya sebelumnya mba Delimbong.
      Saya dulu sih begitu, beli modem sama kartu, tapi saya butuh yg unlimited, makanya saya pesan paket dengan router untuk adik, bapak dan ibu saya di rumah tapi ternyata gagal dan uang saya belum kembali hingga sekarang.

      Saya lihat postingan mba itu mengagung-agungkan lippo group, matahari mall maupun bolt, curiga nih kalau anda salah satu pegawainya, saya sih tahu bolt emang ada mou sama lippo. Saya sih bukan mau menjelek-jelekkan mereka ya, tapi saya mau kasus saya ditangani, gitu aja kok, saya gak akan komplain kalau tidak ada masalah.

  • 24 Juli 2017 - (10:31 WIB)
    Permalink

    sama gan sy udh dr akhir april 2017 sampai sekarang belum di proses, no. laporan saya dari 1706070000008487, kedua 1706130000010136, ketiga yg terbaru juli ini 1707200000020159

    tggl 22 april 2017,

    2 orang karayawan bolt mas tri untung dan mas satria mendatangi rumah saya untuk pengecekan sinyal bolt dan mengatakan sinyalnya bagus, dan saya lanjutkan ke pembayaran sejumlah 549rb + 50rb = 549rb dari 399rb harga paket per bulan dan 150rb instalasi dan 50rb untuk administrasi dibayar secara cash itu berdasarkan pemberitahuan karyawan bolt mas tri untung. Malamnya teknisi mas Ario Bando dan temannya selaku teknisi datang ingin memasang dan coba mengecek jaringan, jaringan kurang stabil dan tidak sesuai diharapkan, berikut dengan korlapnya pun datang malamnya dengan nama mas sigit hingga jam 11 malam dirumah saya untuk pengecekan sinyal, karna gak berhasil makanya keluar surat cancel pemasangan,

    tanggal 23 april 2017,

    tengah malam mas satria whatsapp dan ngaku kalo temennya mas untung tidak bawa alat untuk tes dan mau bantu tindak lanjut refund

    tanggal 4 mei 2017,

    mas tri untung br mencoba untuk mengurus refund

    kabarnya tanggal 26 mei keluar, saya cek mutasi rekening saya buat bulan april dan mei gak ada yg masuk dengan jumlah yg mendekati sama dengan pembayaran saya, sy udh coba nelp. 4 kali bolt care dan coba hubungin sales dan sampai sekarang hanya disuruh nunggu aja,

    kalo misal udh bayar buktinya mana dan tanggal persisnya mana?

    bukti percakapan dan pengaduan dan surat kerja yg cancel ada dilampiran,

    mohon bantuannya

    best regards,

    farid

    • 25 Juli 2017 - (17:17 WIB)
      Permalink

      Yaampun itu uang 549ribu bisa saya pake buat bayar paket bolt mifi unlimited 30mbps buat 2 bulan (600ribu). Sampai sekarang, sudah 6 orang yang handle laporan saya, awalnya sama sales namanya Otin Surpiyadin, dioper ke admin namanya Eva Ristiyani, lalu ke finance namanya Sri Agri W. Gulo, lalu saya juga lapor ke facebook admin, nomor laporannya 1706030000001636 dengan admin namanya SO. Lalu dengan admin email 1707210000014377 dan sudah ada 3 orang yang handle dengan inisial SK, ES dan DK, cape sendiri saya lama2 nanyain ga ada penyelesaiannya. Kualitas pelayanan bolt sampai sekarang terus merosot nih.

      • 25 Juli 2017 - (20:25 WIB)
        Permalink

        senasib mas, makanya saya lampirkan nama aja mas, soalnya bukti chat dan bukti pendukung lain sudah saya cantumkan ke email, hingga sore ini saya malah gak bisa menguhubungi admin dan supervisor dan kabarnya menyalahkan sales yang menangani saya

  • 25 Juli 2017 - (16:05 WIB)
    Permalink

    setelah dari layanan bolt care gak jelas ujungnya di proses, saya kembali bertanya ke sales dan dia pun memberi 2 kontak, admin dan supervisor, admin saya telpon yang angkat orang lain dan bilang admin tidak mengurusi urusan refund, oke say lanjut ke supervisor, katanya di proses pas kemarin 24 juli 2017, hari ini saya coba konfirmasi ulang. Alhasil jawab dari supervisor ambigu, supervisor bernama Sadam ini malah melempar kembali ke sales dan katanya “sales yang salah”, saya bertanya soal tanggung jawab malah no. tlp tidak aktif lagi, mohon para pembaca atau selaku pihak bolt, saya farid selaku pelanggan yang telah mencoba untuk memproses refund saya secara baik2 ini tidak di gubris, penanggung jawab bolt dari bolt ciledug Jl. kh. hasyim, sales tri untung dan satria, admin lely dan sadam, teknisi mas aryo korlap sigit dari bolt wtc serpong, tolong dipertanggung jawabkan bila tidak mau refund produknya yang bener dikasih ke konsumen jangan ada tidak tahu menahu sesama rekan kerja dan yang direpotkan konsumen

  • 3 Agustus 2017 - (13:33 WIB)
    Permalink

    saya coba di boltcare twitter juga masih disuruh nunggu dari pihak terkait, jelas bolt ini penupuan, mana ada verifikasi penerimaan refund tanpa konfirmasi ke konsumen, konfirmasi ke sales dan sales juga udah jelas nipu bukti2 bisa ke twitter boltcare atau ke twitter saya @farid_oweel

  • 8 Agustus 2017 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga sudah disuruh nunggu 2minggu, tapi sampai skrng sudah 3minggu lebih belum ada kejelasan sama sekali. Saya menghubungi salesnya berkali kali tapi cuma diminta untuk menunggu karna katanya itu dari pusat, bukan dari sales. Tadi saya sudah coba menghubungi bolt care di twitter, tapi belum ada balasan. Apa ada yang sudah mendapatkan refund?

  • 13 Agustus 2017 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Hi semuanya, setelah penantian yang cukup panjang akhirnya Bolt saya direfund juga, ditransfer dengan informasi LLG cimb niaga 20170802596268888 sebesar 349.000 pada tanggal 7 Agustus 2017. Terima kasih Bolt.

    • 5 September 2017 - (13:03 WIB)
      Permalink

      selamat mas, kalo saya belum nih, udah jalan 5 bulan terkahir di kasih no. laporan aja ngadu via twitter disuruh nunggu 30 hari, gmn caranya mas bisa ke refund?

  • 1 Mei 2018 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Tolong dong kasih tips dan trik refund bolt home, saya baru aja ngalami musibah pasang bolt home dan tidak dipasang, mana bayar setahun lunas lagi, terima kasih

    • 1 Mei 2018 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Btw alasan tidak dipasangnya apa ya?

      Tips berikut ini perlu dicoba ya, jangan lupa catat nomor hp CS, chat2nya discreenshoot sekalian, kwitansi 1 tahun itu disimpan baik2 dan discan agar mudah untuk memprosesnya.
      1. Tanya terus CSnya mengenai kapan itu uang akan dikembalikan
      2. Tanya via email, jelaskan kronologinya sedetail mungkin, kalau ada nomor komplain, disimpan untuk melanjutkan komplain. Tanya kapan refundnya diproses (biasanya 1 bulan)
      3. Ke kantor bolt zone tempat transaksi/terdekat, tiap 2 minggu sekali kalo bisa, kalo respon sama terus coba mba/mas ke kantor yang lain.
      4. Cara terakhir tidak direkomendasikan, lakukan ketika 3 bulan komplain tidak ditanggapi, yaitu VIRALKAN di media konsumen spt berikut ini.

      • 1 Mei 2018 - (16:09 WIB)
        Permalink

        tidak dipasang menurut sales pengadaan alat untuk langganan selama satu tahun tidak semudah untuk 1,3, or 6 bulan, dan tidak ada teknisi yang mau memasang.
        sudah minta sales untuk membantu refund dengan mengirim foto halaman awal buku tabungan
        untuk CS, CS yg mana, boltzone or bolt care?
        Terimakasih sarannya

 Apa Komentar Anda mengenai Bolt?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Tidak Diproses Hingga 3 …

oleh IPutu Eka Prana Yoga dibaca dalam: 3 menit
19