Pesanan Dibatalkan tapi Tetap Ditagihkan Cicilan oleh Tokopedia

Mohon pencerahan karena saya merasa tidak puas dengan pelayanan CS Tokopedia yang kesannya hanya copy paste jawaban untuk menjawab keluhan pelanggan.

Saya sebagai pengguna Tokopedia sudah lama sekali baru kali ini kesal dengan CS Tokopedia yang berbelit-belit. Pada bulan Agustus 2017 saya ada pembelian di 2 toko (pembayaran tergabung) dan saya gunakan cicilan CC untuk pembayaran akan tetapi ternyata dari salah satu toko pesanan saya dibatalkan. Jadi tentu pihak Tokopedia mengembalikan dana ke CC saya sebesar pesanan yang dibatalkan. Jadi waktu statement CC saya untuk bulan Agustus keluar saya sudah ditagihkan cicilan berjalan untuk bulan ke-1 (state di sini Tokopedia belum mengembalikan dana dari pesanan yang dibatalkan).

Lalu pada bulan September, dana oleh Tokopedia sudah dikembalikan TETAPI ada tagihan cicilan ke-2 dari pihak Tokopedia. Salahnya adalah saya sudah bayar CC saya dan baru sadar ada tagihan ke 2 yang seharusnya tidak ada. Segera saya kontak CS Tokopedia pada tanggal 5 September 2017 dan CS menyatakan kalau benar pesanan saya dibatalkan dan akan diklarifikasi ke tim terkait.

Dan di sini dalam pemikiran saya sudah tidak ada masalah, dan benarnya adalah Tokopedia akan menghentikan tagihan cicilan yang berjalan DAN mengembalikan dana untuk tagihan cicilan Ke-2. TAPI ternyata tidak. Bulan ini, bulan Oktober, saya lihat bukannya saya dapat pengembalian dana tapi saya masih ditagihkan cicilan ke-3. Hebat sekali Tokopedia, oleh CS sudah dinyatakan dibatalkan tapi masih ditagihkan pembayaran.

Saya sekali lagi mengontak CS Tokopedia pada tanggal 31 Oktober 2017. Dan dinyatakan pesanan dibatalkan dan disuruh menunggu. Tapi sayang setelah disuruh menunggu yang membalas CS yang hanya bisa copy paste yang menerangkan cara pengembalian dana oleh pihak Tokopedia. Ini sangat TIDAK MEMBANTU! Karena tidak cuma 1 CS saja tapi 2 CS yang menulis hal yang sama. Sudah lampirkan kronologis berserta foto atau screenshot tapi sepertinya tidak dibaca oleh CS.

Mohon dari Tokopedia saya minta penyelesaiannya! Kalau nilainya kecil tidak apa-apa tapi ini senilai Rp2 juta-an dan saya tidak terima (barang) apa-apa.

Henny Rossiana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Proses refund di Tokopedia:
[Total:3    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

10 komentar untuk “Pesanan Dibatalkan tapi Tetap Ditagihkan Cicilan oleh Tokopedia

  • 2 November 2017 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya belanja di eBay, ketika ada kasus seperti ini CS cepat tanggap dan ngasih solusi (bukan jawaban copy paste), walaupun komunikasi hanya melalui email. Dalam waktu 1×24 jam dana sudah di refund ke kartu kredit, gak perlu nunggu 3 minggu seperti di eCommerce2 Indonesia..

    Harusnya Tokopedia, Lazada dll bisa mencontoh mereka..

    • 2 November 2017 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Saya setuju, mungkin tokopedia ingin mengikuti e-commerce” luar tapi sayang masih belum bisa dilakukan karena prosedur kerja masih bertele”. Sekarang e-commerce luar tetap ada no kontak yang bisa dihubungi dan dulupun tokopedia ada no kontak yang bisa dihubungi tapi sekarang mereka mengganti dengan cara chat yang CS nya susah sekali untuk dijelaskan.

      • 12 November 2017 - (04:03 WIB)
        Permalink

        mungkin disitu lah kendala nya.
        Mungkin kita tidak tau itu CS betulan atau BOT (Silahkan cari di internet).
        tapi yang perlu kita ketahui adalah, orang indonesia masih tergolong Pemalas dalam hal Menjawab atau merespon cepat seperti kinerja yang dilakukan Pelapak Luar seperti yang dikatakan oleh saudara @Malvyn Argani Rahadian.
        dan saya hanya bisa tersenyum, untuk semua masalah layanan e-commerce indonesia. Semua e-commerce indonesia sekarang itu lagi banyak banyak nya masalah kepada Konsumen nya.
        dan kita harus berhati hati dalam menggunakan layanan internet.

  • 2 November 2017 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Kementerian Perdagangan menyebutkan berdasarkan data survei, Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia masih dianggap rendah berada di angka 30,86%. Indeks ini menunjukkan konsumen Indonesia belum mampu memanfaatkan hak dan kewajiban serta belum aktif memperjuangkan hak sebagai konsumen.

    Sementara itu IKK negara-negara di Eropa sudah mencapai 51,3%. Pemerintah berencana mendorong keberdayaan konsumen lewat Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.

    • 3 November 2017 - (06:58 WIB)
      Permalink

      Last resort aku itu.. Aku akan datangin tokopedia yang di gancit kalau mereka tidak juga membatalkan cicilan..

  • 23 April 2018 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Kasusnya mirip saya mbak. saya baru minggu kemarin,
    terdeteksi melanggar transaksi gestone ditokopedia,n dana saya 680.000 di potong tnpa pemberitahuan sblmnya.

    seolah-olah oknum tokopedia sengaja ngejebak saya biar keperangkap, dan mreka ambil uang saya.

    Sampe skrg saat g iklas mba, karena uang saya diambil begitu aja.

  • 28 April 2020 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal serupa di 2 e-commerce berbeda.
    Sepertinya ada modus baru dari e-commerce untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Transaksi cicilan ada tambahan biaya administrasi yang besarnya bervariasi tergantung berapa lama cicilannya. Jika hanya sekedar refund maka pihak e-commerce tidak akan mendapatkan apa2.
    Biasanya refund disamarkan dengan 2x refund, yg pertama refund beneran, yg kedua refund yang kemudian diubah ke cicilan.
    Umumnya kita tidak terlalu perhatian dan menganggap sudah beres karena sudah ada refund di CC, tapi hati2, ini seperti jebakan batman. Kita harus bayar biaya admin cicilan+ongkir padahal barang tidak kita terima.

 Apa Komentar Anda mengenai Proses refund di Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pesanan Dibatalkan tapi Tetap Ditagihkan Cicilan oleh Tokopedia

oleh Henny Rossiana dibaca dalam: 1 min
10