Transfer Dana Tak Kunjung Dikonfirmasi, Tiba-tiba Pesanan Dibatalkan oleh JD.ID

Melalui mediakonsumen.com ini, saya ingin menyampaikan keluhan kepada JD.ID karena sudah dihubungi via Twitter, Facebook, livechat, e-mail, namun tidak ada penyelesaian sama sekali.

Tanggal 28 November 2017 saya melakukan pembelian di JD.ID dengan nomor pesanan 223418594, setelah menerima SMS yang berisi info pembayaran, saya pun melakukan transfer dengan virtual account ke Bank Permata pada hari yang sama.

Setelah ditunggu-tunggu pembayaran tak kunjung dikonfirmasi, saya pun menghubungi CS JD.ID via Twitter (tidak direspon), e-mail (disuruh hubungi livechat), livechat (saya disuruh tunggu 1 x 24 jam). Sesudah 1 x 24 jam kembali saya hubungi livechat, saya disuruh tunggu lagi 2 x 24 jam dan apapun pertanyaan saya, jawabannya selalu sama: “Mohon sabar, akan disampaikan ke pihak terkait, nanti dicek, akan dikabari via email.”

Yang lebih parah lagi, entah CS nya tidak pengalaman atau berbohong, CS JD.ID mengatakan bahwa pembayaran yang saya lakukan salah, nama rekening penerima untuk transfer ke Bank Permata BUKAN JD.PAYMENT, melainkan PT.JINDONG INDONESIA PRATAMA. Perlu diketahui bahwa saya bukanlah pertama kali belanja di JD.ID, sudah lebih dari 10 kali saya bertransaksi di JD.ID dan selalu melakukan pembayaran dengan cara yang sama yaitu via virtual account ke Bank Permata dan nama rekening penerima muncul JD.PAYMENT tidak pernah ada masalah, transaksi selalu berhasil. Lagipula saya membayar berdasarkan info rekening dari SMS yang dikirim JD.ID.

Hari ini saya cek ternyata status pesanan saya sudah dibatalkan oleh JD.ID, padahal saya disuruh tunggu, belum sampai batas waktunya transaksi sudah dibatalkan, jadi dana saya gimana?? E-mail penjelasan dari JD.ID yang dijanjikan sebelumnya pun tidak ada sama sekali.

Mohon keseriusan JD.ID dalam menanggapi hal ini. Pihak JD.ID boleh cek sendiri ke bank dan saya yakin dana transfer sudah diterima. Sekarang karena kelalaian CS JD.ID dan pihak bersangkutan lain, pesanan sudah dibatalkan dan alhasil dana saya tersangkut. Maka mohon tindak lanjut segera untuk refund biaya. Terima kasih.

Mely
Pematangsiantar
Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja Online di JD.ID:
[Total:9    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Ibu Mely

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Mely pada 1 Desember 2017 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Transfer Dana Tak Kunjung Dikonfirmasi, Tiba-tiba Pesanan Dibatalkan oleh JD.ID

  • 15 Desember 2017 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Hi. Bu Mely,
    bagaimana kabar permasalahan Ibu dengan JD ini. apa sudah ditindak lanjuti?
    kebetulan saya mengalami permasalahan serupa.

    • 15 Desember 2017 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Yth. Pak Suherman,
      Masalah terkait pihak JD.ID belum juga selesai, dan semakin mengesalkan. Begini kelanjutannya, semoga pihak JD.ID menanggapi dan yang paling penting yaitu kembalikan dana saya!
      Pada 2 Desember, saya menerima email dari CS JD.ID, Fiqha, bahwa pesanan saya tercancel krn keterlambatan konfirmasi pembayaran dan menanyakan apakah saya mau reorder atau dana refund saja. Saya balas bahwa dana di-refund saja.
      Tanggal 4 Desember saya mengirim email dan twitter menanyakan apakah dana susah direfund, pihak JD.ID via twitter malah menyuruh saya hubungi bank saya (OCBCNISP) dan meminta bukti mutasi rekening bhwa transaksi berhasil terdebet, dan sesuai permintaan mereka yang TIDAK MASUK AKAL, saya minta tolong kepada pihak OCBC untuk mengecek apakah dana sudah diterima JD.ID (rekening bank Permata). Pada 8 Desember, CS JS.ID, Gufron, kembali meng-email saya, disebutkan bhwa dana memang sempat tertahan dan untuk saat ini dana sdh diberi kepada JD.ID. Kali ini kembali mereka menanyakan apakah saya mau reorder atau refund dan saya tegaskan bhwa saya mau refund. Pada 11 Desember JD.ID via twitter meminta info rekening untuk refund, dan setelah saya memberikan info bank, mereka suruh tunggu proses refund 3-5 hari kerja.
      Hasil penantian saya sangat mengesalkan, pada 14 Desember CS JD.ID (kali ini ganti orang lagi), Nur Aswandi via email menyebutkan bahwa JD.ID sudah melalukan pengajuan refund dan hasilnya bahwa transaksi saya gagal, serta meminta screenshot billing statement mutasi saldo saya. Saya perjelas kepada pihak JD.ID dan para pembaca surat konsumen bahwa setelah pihak bank OCBC melakukan pengecekan antar bank ke bank Permata, MEMANG DANA SUDAH DITERIMA PT. JINDONG INDONESIA PERTAMA PADA TANGGAL 28 NOVEMBER. Untuk alasan transaksi saya gagal, bukankah itu karena kelalaian JD.ID dalam konfirmasi pembayaran sehingga pesanan saya otomatis dibatalkan oleh sistem JD.ID, bagaimana bisa JD.ID masih mempermasalahkan hal ini! Dengan ini saya kembali sampaikan kekesalan saya, dan MEMOHON kepada JD.ID, kembalikan dana saya, sudah cukup kuat dan banyak bukti yg saya berikan. Jika seperti ini cara JD.ID menanggapi permintaan refund, saya ragu dan curiga, apakah pihak JD.ID ingin ‘menggelapkan’ dana saya, atau ada staf internal JD.ID yang melakukan ‘manipulasi’ atas dana tersebut.

      • 19 Desember 2017 - (13:32 WIB)
        Permalink

        Akhirnya per tanggal 18Desember dana sudah direfund. Terima kasih walaupun hampir sebulan masalah baru selesai.

      • 14 Maret 2019 - (20:15 WIB)
        Permalink

        Bu konfirmasinya lewat email yah..saya konfirmasi kecs sangat berbelit2..doakan yah bu semoga dana saya kembali

  • 19 Desember 2017 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Waah…. selamat ya, Bu… saya ikut senang.
    kalo saya pertama komplain tgl 12 des, baru dapat respon kemarin, 18 des. dan masih harus menunggu 3-5 hari kerja. semoga lancar dan dimudahkan.

  • 23 Juni 2018 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Hmm sepertinya saya akan jadi korban berikutnya, pembayaran saya belum dikonfirmasi, setiap ditanyakan disuruh tunggu

  • 6 Juli 2018 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Sy juga mengalami hal serupa kemarin. Sy melakukan 2x order, pembayaran sy lalukan via alfamart dan sampai skrg notifikasi di akun sy blm berubah, masih terlihat “menunggu pembayaran”. Bahkan salah satu orderan sy telah dibatalkan pihak jd.id, padahal sy sdh melakukan pengaduan dan diharuskan menunggu 2×24 jam. Hari ini sy menanyakan progress pengaduan sy, tapi setelah sy menyampaikan nomor orderan saya, pihak jd.id tidak memberikan respon lg. Sy jd khawatir mgkn sy akan jadi korban berikutnya.

  • 8 Agustus 2018 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Waduh,,, jadi ragu dengan marketplace JD.ID padahal pengen belanja di jd.id,, kalau systemnya kek gini jadi ragu.

  • 14 Maret 2019 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama..saya transfer sejak 26-2-2019..saya heran kenapa barang g nyampe2 biasanya cepat..eh pas cek sttus ternyata dibatalkan..saya konfirmasi dics ktx disrh dana saya tdk terbaca disistem mrk..minta bukti transfer..pada hal saya sdh daat sms dr jd.id bahwa pembayaran saya sdh diterimA..apa mmg mrk niatnya mw nipu yah

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja Online di JD.ID?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Transfer Dana Tak Kunjung Dikonfirmasi, Tiba-tiba Pesanan Dibatalkan o…

oleh Melymely dibaca dalam: 1 min
10