Refund Dana JD.ID Tidak Jelas

Melalui surat pembaca ini saya ingin menyampaikan keluhan tentang “refund dana” JD.ID yang tidak sesuai keterangan di web dan janji dari CS yang menyatakan 3-5 hari dana akan dikembalikan. Berikut rincian order saya:

1. Tanggal 27 Februari 2018 saya melakukan pembayaran order dengan nomor pesanan: 225844421 sebesar Rp1,699,000 , atau dengan nama produk (XIAOMI Redmi 5 [2/16GB] – Black – Garansi Resmi [Hitam] [16G]). Tujuan pembelian produk tersebut adalah untuk hadiah ke istri saya karena mengidamkan Hp merk tersebut. Saya termasuk cukup sering bertransaksi di situs JD.ID untuk produk-produk kebutuhan rumah tangga.

2. Pada tanggal yang sama saya mendapatkan sms dan email pembayaran sudah diterima.

3. Saya mengecek melalui web maupun aplikasi bahwa tanggal 28 Februari 2018 jam 17:49:15 dengan status “Paket keluar DC MARUNDA , kirim ke SEMARANG , operator JX-Indonesia.”

4. Lalu pada tanggal 1 Maret 2018 saya mengecek pesanan masih dengan status yang sama, yaitu “Paket keluar DC MARUNDA , kirim ke SEMARANG , operator JX-Indonesia.”

5. Lalu pada tanggal 2 Maret 2018 atau selama 3 hari setelahnya status paket tidak berubah. Lalu saya menghubungi CS JD.ID menanyakan perihal tersebut, alangkah kagetnya CS JD.ID bilang bahwa pesanan tersebut ter-cancel karena tidak memenuhi syarat ketentuan JD.ID. dan akan dilakukan pengajuan “REFUND DANA” hari itu juga dengan estimasi waktu 3-5 hari. Dan dengan meminta data rekening saya.

6. Tanggal 3 Maret 2018 saya kembali menghubungi CS JD.ID dan mendapat jawaban tidak ada kepastian dari CS, jawaban yang muter-muter tidak jelas, dan disuruh mengecek berkala mutasi rekening saya.

7. Lalu pada tanggal 4 sampai tanggal 6 Maret 2018 saya cek mutasi rekening saya sehari 3 kali dan dana tersebut belum masuk juga. Dan selama 3 hari, setiap sehari 3 kali lebih saya selalu kembali menghubungi CS JD. ID dan hanya mendapat jawaban “DISURUH MENUNGGU”

8. Dan sampai saat ini ketika saya mengetik surat pembaca ini pada tanggal 6 Maret 2018. Saya baru menelpon CS JD.ID, dan mendapat jawaban disuruh menunggu lagi 2 x 24 jam, baru akan diproses lagi dan harus menunggu lagi 3-5 hari jam kerja.

9. Tapi saya mulai ragu karena banyak ulasan kurang bagus tentang refund JD.ID. karena saya sendiri tidak mendapat jawaban yang pasti dari pihak CS JD.ID. karena 2 kali saya diminta menunggu 3-5 hari kerja plus disuruh menunggu 2 x 24 jam. Dan kalau ditotal saya harus menunggu 12 hari, dan itu belum pasti juga tentang penyelesaiannya. Saya harap dana saya masuk sesuai ketentuan yang dimuat di web JD.ID.

Agus Nurruddin
Kendal, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:8    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Agus Nurrudin

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Agus Nurrudin pada 6 Maret 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Refund Dana JD.ID Tidak Jelas

  • 9 Maret 2018 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Tgl 7 maret saya tlp CS JD.ID memberikan informasi kepada saya bahwa Refund dana akan dilakukan paling lambat 2×24.
    dan kemarin tgl 8 maret 2018, saya tlp lagi CS JD.ID juga tidak memberikan kepastian refund kapan, hanya disuruh menunggu.

    Dan td pagi tgl 9 maret saya tlp lagi, katanya suruh menunggu 2×24 jam lagi. yang padahal harus nya hari ini sudah melewati batas estimasi.

    Dan barusan jam 14.55 tgl 9 maret 2018 saya ditlp CS JD.ID, memberikan info bahwa proses refund saya sudah dilakukan dan harus menunggu 3-5 hari lagi. waaaaww.. saya harus menunggu 3-5 hari lagi dgn batas akhir tgl 16 maret 2018, kalau ditotal dari saat pengajuan refund jumlahnya 14 hari, yang padahal menurut ketentuan JD.ID harusnya paling lama 5 hari, tapi ini muter-muter terus sampai 14 hari.

    dan saya gak begitu yakin saat tgl 16 maret 2018 juga bakal kelar refund dana saya, karena saya sudah tidak percaya dari pihak jd.id yang hanya muter-muter saja. bilang aja duit nya mau ditilep, pakai muter-muter segala.

    dan saya kapok belanja di JD.ID sebelum pelayanan ke konsumen tidak diperbaiki, tidak seperti onlineshop yang lain, paling lama juga hanya 3 hari, karena saya pun pernah mengalami refund dana di onlineshop lain, hanya butuh 3 hari sudah kelar.

    semoga saja dana saya bisa balik dan gak ditipu JD.ID.

    • 28 Juni 2018 - (14:08 WIB)
      Permalink

      Dear bpk Agus,

      Setelah membaca keluhan bpk sama seperti yang saya alami, diproses dari tanggal 11 juni 2018 sampai saat ini tgl 28 juni 2018 saya belum menerima dana refund, karna kepotong lebaran, diproses tanggal 22 juni 2018 suruh tunggu 1-3 hari tapi sudah sangat lama dari batas yang ditentukan. Jawabannya suruh sabar menunggu, telp cs juga suruh tunggu 2×24 jam. Apakah bpk Agus sudah dikembalikan dananya oleh pihak jd.id?

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Refund Dana JD.ID Tidak Jelas

oleh Agus Nurruddin dibaca dalam: 2 min
2