Gramedia.com Kembali Kecewakan Pelanggan

Setelah berulah dengan promo Hari Belanja Online di akhir tahun 2017, kini Gramedia.com kembali berulah dengan Promo Clearance Sale 10, 20, 30-ribu-nya.

Perilaku penundaan pengirimannya masih sama, syarat dan kondisi promosi juga sama-sama disembunyikan dari pengetahuan publik. Akhirnya penundaan pengiriman pun terjadi, dan customer service yang menangani masalah juga masih dengan cara yang sama.

Promosi harga buku 10, 20 dan 30 ribu diumumkan oleh Gramedia.com sejak sekitar 21 September, dan saya baru mengaksesnya pada 24 September 2018. Saya membuka pesanan sejumlah buku dengan nomor order BI24D09885SB26. Pembayaran pesanan selesai dilakukan beserta ongkos pengiriman pada 25 September 2018.

Sampai saat surat ini dibuat, status pesanan saya belum juga berubah “Pesanan Disiapkan” padahal sudah memasuki hari ke-empat. Khawatir dengan pengalaman sangat buruk pada Hari Belanja Online tahun lalu, saya menanyakan kepada customer support sebanyak 5 kali dan terakhir diterima oleh seseorang bernama Endah.

Dari Endah saya baru tahu bahwa ternyata order saya Nomor BI24D09885SB26 tercatat untuk mengambil di pameran, padahal saya sudah membayar ongkos kirim sebesar Rp.45.000. Ketika akhirnya saya berkeras untuk dikirimkan, Endah baru menjawab bahwa Gramedia.com butuh waktu untuk menyiapkan order “Clearance Sale” yang saya buat.

Anehnya, syarat dan kondisi sebagaimana Endah katakan sama sekali tidak tertulis pada informasi promo. Padahal ada kewajiban bagi penyelenggara atau produsen untuk memberitahu informasi yang jelas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika harusnya tegas terhadap penyelenggara Gramedia.com agar jangan terus menerus menipu pelanggan dengan menyembunyikan informasi penting bahwa setiap pesanan yang memperoleh potongan harga harus melalui penyiapan selama 10-20 hari dan pengiriman baru akan dilakukan setelah hari ke-30.

Surya Ferdian
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gramedia.com:
[Total:7    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Gramedia.com atas Surat Pembaca Bapak Surya Ferdian

Menanggapi keluhan yang disampaikan oleh Bapak Surya Ferdian sebelumnya pada hari Sabtu, 29 September 2018, mengenai keterlambatan pengiriman pemesanan buku...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Gramedia.com?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Gramedia.com Kembali Kecewakan Pelanggan

oleh Surya Ferdian dibaca dalam: 1 min
0