Kacau Sistem Gramedia.com, Pelanggan Ditendang

Tiba Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) adalah waktu yang ditunggu para online shopper di Indonesia. Apalagi belakangan, marketplace dan toko online pun makin memperbaiki sistem dan jasa layanannya. Sudah banyak perubahan positif yang dilakukan oleh penjual online saat ini.

Namun ternyata perbaikan tersebut tidak berlaku bagi Toko Online Gramedia.com sebagai toko “dunia maya”-nya Toko Buku Gramedia. Kritik yang disampaikan para pelanggan Gramedia.com tahun 2016 lalupun masih belum ada perubahan di Harbolnas 2017 ini. Janji pengiriman yang diundur-undur, hingga pengiriman yang tidak sesuai pesanan masih menjadi masalah yang seakan tidak ada pemecahan masalahnya dari manajemen Gramedia.com. Sungguh sangat berbeda jauh dengan kesiapan toko offline-nya.

Saya membuat 3 pesanan terpisah pada 12-12-2017 di Gramedia.com. Oleh sistemnya dijanjikan 1-2 hari pesanan akan dikirim. Tiba saat seharusnya barang tiba, namun pesanan tersebut belum satupun tiba. Saat dipertanyakan kepada layanan pelanggan, jawaban mudah yang disampaikan adalah “paling lambat tanggal 22 Desember.” Karena sudah percaya, kembali saya menunggu pengiriman pesanan. Sampai tanggal 24 Desember, ternyata status pesanan pun masih “Pesanan Diproses.”

Seolah tidak ingin dipersalahkan, Gramedia.com pun memberitahu melalui surat elektronik bahwa salah satu pesanan (order No. AL121N05IHGB75) nomor dikirimkan sebagian (1 dari 5 buku) pada tanggal 24 Desember. Selanjutnya ada lagi surel tanggal 26 Desember yang mengatakan ada pengiriman untuk order lainnya (No. Order AL121N25BD0B73) juga dikirimkan sebagian (2 dari 8 buku). Dan tiba-tiba pada tanggal 28 Order lainnya pun berubah status “Pesanan Dikirim” padahal tidak ada sama sekali bukti pengiriman yang diinformasikan.

Sialnya, sampai saat ini, tidak satupun buku yang telah dipesan melalui 3 nomor order terpisah sampai dialamat saya. Rasa kecewa saya ini ternyata juga dialami oleh banyak orang seperti yang diluapkan di akun Instagram @gramedia_com. Bahkan ada pelanggan yang mengatakan bahwa dari tahun lalu pun memang sudah seperti ini buruknya layanan Gramedia.com.

Sangat disayangkan, unit usaha digital PT Kompas Gramedia yang begitu besar kapasitasnya, ternyata carut marut dan lamban dalam menangani masalah promosi Harbolnas yang diselenggarakannya. Bahkan untuk sekedar memastikan proses order pun, pelanggan seperti saya harus bolak balik menghubungi email, chat, dan akun Instagram yang lebih banyak tanpa tanggapan dan jawaban berarti.

Era yang harusnya makin melipat batas ternyata Gramedia.com justru merentang berbagai batas hingga pelangganpun ditendang kiri-kanan hanya untuk memperoleh kejelasan pesanannya.

Sangat mengecewakan.

Surya Ferdian
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gramedia.com:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan atas Surat Sdr. Surya Ferdian terkait Layanan Toko Online Gramedia.com

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Surya Ferdian pada 28 Desember 2017 di MediaKonsumen.com, kami dari Gramedia.com...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Kacau Sistem Gramedia.com, Pelanggan Ditendang

 Apa Komentar Anda mengenai Gramedia.com?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kacau Sistem Gramedia.com, Pelanggan Ditendang

oleh Surya Ferdian dibaca dalam: 1 min
2