Bank Mandiri Lamban Merespon Kasus Penyalahgunaan NIK Saya

Saya mengucapkan terima kasih kepada Redaksi MediaKonsumen atas ditayangkannya keluhan saya ini.

Tanggal 31 Agustus 2018 saya meminta data ‘Informasi Debitur – Sistem Layanan Informasi Keuangan’ dari OJK dan ditemukan bahwa NIK saya 36710505117XXXXX dipakai oleh orang lain yang beralamat di Jl. Daan Mogot KM 16 Kalideres, Jakarta dan dengan tempat dan tanggal lahir yang sama dengan kredit pembiayaan sebesar Rp118.724.079,00. Saya menanyakan perihal ini kepada pihak OJK dan disarankan untuk menghubungi Bank Mandiri.

Lalu pada tanggal 10 September 2018 saya mendatangi Bank Mandiri cabang Lotte Avenue Jakarta dan menceritakan perihal tersebut kepada CSR Bank Mandiri dan memang setelah diperiksa di sistem Bank Mandiri terdapat nama orang lain yang menggunakan NIK saya dan dengan tempat dan tanggal lahir yang sama, saya menanyakan kenapa hal ini bisa terjadi dan bukannya setiap NIK mengacu kepada Dukcapil? Dari CSR Bank Mandiri meminta saya untuk mengisi sebuah form untuk ditindaklanjuti dan setelah itu saya dijanjikan akan dihubungi oleh pihak Bank Mandiri.

Waktu terus berlalu sudah 2 kali saya bolak-balik dan belum ada hasil, dan pada tanggal 1 Oktober 2018 saya mendatangi kembali dan masih belum membuahkan hasil investigasi dari Bank Mandiri dan dijanjikan akan dihubungi.

Mengapa untuk hal seperti ini prosesnya begitu lama dan panjang? Bukankah sekarang sudah zaman digitalisasi yang sebenarnya dalam proses pencarian data digital hanya memerlukan waktu dalam satuan detik/menit dan proses investigasi sendiri tidak memakan waktu sampai sekian minggu? Dan bagaimana bila ada kendala dari sisi debitur yang menggunakan NIK saya, apakah saya yang harus bertanggung jawab?

Untuk dokumen pendukung saya telah lampirkan untuk redaksi.

Terima kasih.

Didi Cendana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:5    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Bank Mandiri Lamban Merespon Kasus Penyalahgunaan NIK Saya

  • 3 Oktober 2018 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Wah kok bisa begitu? Padahal SOP bank harusnya ketat, apalagi ini untuk pengajuan kredit. ?

  • 4 Oktober 2018 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Bank Mandiri? ga kaget deh… cuma menang nama besar aja, rekening saya atas nama 2 org, tau2 berubah jadi 1 org, ketika saya komplain cuma diinfokan utk investigasi mulu.. bertahun2 ga ada kabar! Gila ga tuh merubah data nasabah seenak nya tanpa konfirmasi dan cm bs kasih solusi apa mau tetap 1 nama atau 2 nama, tanpa mereka mengakui kesalahannya! Hypocrite!

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Bank Mandiri Lamban Merespon Kasus Penyalahgunaan NIK Saya

oleh Didi Cendana dibaca dalam: 1 menit
2