Mystery Box JD.ID Seharga Rp11 Juta yang Mengecewakan

Saya sangat kecewa dengan promo Mystery Box yang diselenggarakan JD.ID dalam rangka program 11.11 Hari Belanja Online (Harbolnas).

Semua bermula pada promosi yang diadakan JD.ID untuk memeriahkan Harbolnas. Mulai dari promo Golden Ticket, beli setengah harga, dsb, sampai satu promo paling menggiurkan: Mystery Box. Promo Mystery Box ini berlangsung 3 kali, mulai tanggal 9, 10, dan 11 November 2018. Promosi dan iklan yang dibuat JD.ID terhadap Mystery Box benar-benar menggiring banyak orang untuk ikut serta.

Pada tanggal 9 dan 10 November, JD.ID membuat iklan dengan janji produk yang diterima mempunyai harga berkali lipat dibanding harga pembelian. Dari dua hari itu, penikmat belanja online macam saya melihat sendiri bagaimana dengan box yang dibeli seharga Rp11 ribu (9 November) dan Rp111 ribu (10 November) pembeli Mystery Box memperoleh barang dengan nilai kisaran 2-5 kali dari harga Mystery Box-nya.

Keberhasilan itu membuat saya ingin mencoba membelinya, dan ternyata, itu menjadi pengalaman yang cukup buruk.

Saya membeli Mystery Box seharga Rp11 juta (nomor pesanan: 241670799) yang diselenggarakan pada tanggal 11 November, tentunya dengan harapan yang sama seperti Mystery Box sebelumnya, memperoleh barang senilai berkali lipat dari harga Rp11 juta tersebut.

Dengan bekal contoh keberhasilannya pada tanggal 9 dan 10 November, saya dan tentu saja banyak orang menanti-nantinya. Apalagi tanggal 11 November seperti puncak dari acara. Membeli box seharga Rp11 ribu bisa dapat produk seharga ratusan ribu, apa kabar dengan box seharga Rp11 juta?!

Antusiasme orang terhadap Mystery Box ini sangat mencengangkan, tidak sampai 1 menit Mystery Box JD.ID habis terjual dan kala itu saya orang yang berhasil mendapatkannya.

Nyatanya, setelah Mystery Box saya terima, barang yang saya dapatkan sungguh mengecewakan, saya mendapat Samsung Note 9 128 GB dengan RAM 6 GB. Jika ditelusuri di JD.ID sendiri, barang tersebut bernilai sekitar Rp11,5juta, sedangkan di Tokopedia sekitar Rp11,8 juta, Bukalapak sekitar Rp11,6 juta, dan penelusuran Google mulai dari Rp10,8 juta sampai dengan Rp12,2 juta.

 

Dengan selisih yang tidak terlampau besar yakni sekitar Rp500 ribu – Rp1 juta, pastinya membuat saya sangat kecewa, karena modal yang saya keluarkan tidaklah sedikit. Di samping itu, barang yang saya dapatkan berjenis Smartphone yang memiliki nilai penyusutan relatif cepat.

Berhubung JD.ID tidak bersedia me-refund barang ini, saya mencoba untuk menjual sendiri. Saya telah menanyakan beberapa counter handphone untuk membantu menjual barang ini, namun mereka hanya berani menaksir harga Rp10,5 juta, dari sini berarti saya bisa rugi Rp500 ribu.

Melalui surat ini, saya mohon:

  1. Jika tidak bisa refund dananya, mohon bantuan pihak JD.ID untuk dapat menjual barang tersebut dengan nilai minimal seharga Mystery Box-nya Rp11 juta, paling tidak saya bisa balik modal.
  2. Agar pada promo Mystery Box selanjutnya sertakan informasi nilai persentase keuntungan barang yang akan didapatkan, sehingga para pembeli Mystery Box tidak gambling dan berekspektasi setinggi langit.

Kepada JD.ID, gunakanlah logika dalam memberikan dan mempromosikan promo semacam ini, coba kalian rasakan jika berada di posisi saya. Yang saya tahu, prinsip berdagang yang benar ialah saling menguntungkan baik pihak pembeli maupun penjual. Beretikalah dalam menjalankan bisnis, karena membangun kepercayaan konsumen tidaklah mudah dan membutuhkan investasi yang tidak sedikit.

Terima kasih.

Salam,

Yudha Profitian
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Yudha Profitian

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Bapak Yudha Profitian pada 19 November 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Mystery Box JD.ID Seharga Rp11 Juta yang Mengecewakan

  • 19 November 2018 - (09:20 WIB)
    Promo JD.ID ini emang gak jelas. Kemarin coba2 ikutan gak pernah ada yg dapat. Nungguin promo Golden Ticket, begitu dibuka gak nyampe sedetik udah habis. 😂😂😂

    Promo mystery box jg seperti beli kucing dalam karung, gak jelas dapatnya apa. 😁 Btw Mas Yudha dapat produk apa dari mystery box yg 11 ribu dan 111 ribu?

    • 19 November 2018 - (10:53 WIB)
      Tidak berkesempatan mendapatkan Mystery Box yg harga segitu mas. Sy dapat review dari kolom komentar sosmed JD.ID, sama teman sy.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Mystery Box JD.ID Seharga Rp11 Juta yang Mengecewakan

Yudha Profitian 2 menit
2