Refund JD.ID Terlambat Lebih dari 2 Bulan, Salah Siapa?

Saya adalah member Gold dari situs belanja online JD.ID. Pada awal bulan Agustus 2019, saya telah mengajukan proses refund untuk transaksi dengan nomor pesanan 272300082, tetapi sampai sekarang dana refund belum masuk ke rekening bank BRI saya. Kronologinya sebagai berikut:

Saya pesan tanggal 06 Agustus 2019, senilai Rp1.859.000 dengan payment lewat debit online BRI Mastercard. Saya melakukan pembatalan pemesanan dengan mengajukan refund karena kesalahan alamat. Ketentuannya, pengajuan pengembalian dana akan masuk 7-14 hari kerja, tapi sampai tanggal 27 Agustus yang mana sudah lebih dari 14 hari kerja, dana tidak masuk juga.

Tentunya saya komplain via live chat dibuktikan dengan upload mutasi rekening. Kemudian di-follow up dengan mengirimkan data rekening dll via e-mail dan dijanjikan kirim ulang sejak 28 Agustus 2019 oleh CS, disuruh menunggu 1-3 hari kerja.

Apa yang terjadi kemudian? Setelah 4 hari kerja, pada tanggal 3 September 2019, belum masuk juga.
Saya komplain lagi via live chat, ganti CS lagi berulang pertanyaan sama, menjelaskan sampai capek, mengapa belum masuk juga? Ternyata yang CS sebelumnya infokan salah, harusnya “menunggu sampai 7-14 hari kerja”.

Oke, saya bersabar. Saya tunggu lagi 7-14 hari kerja dari tanggal 28 Agustus 2019. Namun sampai sekarang, tanggal 17 Oktober 2019 (yang sudah lebih dari 14 hari kerja yang dijanjikan, bisa dibayangkan dari 6 Agustus 2019 sampai hari ini) belum juga masuk! Menurut CS JD.ID yang saya hubungi, diinformasikan bahwa pengembalian dana sudah berhasil dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2019. Padahal dana tersebut belum diterima dan sudah dibuktikan dengan menunjukkan rekening koran.

Yang lebih mengecewakan saya adalah pihak JD.ID tidak bersedia tracking dana yang ditransfer dan meminta saya untuk tracking dana yang dikirimkan oleh JD.ID. Saya harus melapor ke siapa lagi? Karena uang segitu berarti buat saya, yang hanya sekedar buruh pemerintah gaji pas-pasan.

Terima kasih untuk perhatiannya, saya menunggu feedback dan solusi dengan masuknya dana ke rekening saya dari pihak JD.ID. Karena kalau disuruh menunggu, saya rasa penantian ini ada batas kewajarannya.

Fino Rizki Mubarak
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Fino Rizki Mubarak

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Fino Rizki Mubarak pada hari Jum’at, 18 Oktober 2019 lalu di halaman...
Baca Selengkapnya