Kredit (tidak) Pintar

Saya adalah salah satu pengguna Kredit Pintar, dengan username Diana, nomor telepon terdaftar 08**2277****. Sudah setahun lebih saya terdaftar di jasa layanan keuangan ini, alhamdulilah tidak pernah ada kendala (memang tidak terlalu sering digunakan, hanya keadaan tertentu saja). Bahkan saya mendapat kenaikan limit peminjaman, menandakan akun saya sehat & tidak bermasalah.

Transaksi/pinjaman yang saat ini sedang berjalan dimulai dari bulan Desember 2019, dengan cicilan awal di bulan Januari 2020. Namun nomor telpon saya yang terdaftar, terblokir di awal tahun ini. Sudah saya proses dengan mendatangi gerai provider yang bersangkutan, hanya saja memang tidak bisa diaktifkan lagi.

Hal ini sudah saya bicarakan dengan CS Kredit Pintar melalui telpon 021-50598882. Sayangnya akun di Kredit Pintar tidak bisa diperbaharui dengan nomor telpon baru, harus sesuai dengan yang sudah terdaftar di awal pembuatan. Ini yang membuat saya bingung. Saya tidak bisa membuka aplikasi Kredit Pintar via HP & juga tidak bisa menerima info via sms, dikarenakan nomer yang terdaftar sudah tidak aktif lagi.

Akhirnya saya meminta tolong CS untuk membantu saya melakukan pembayaran, dengan cara menanyakan jumlah tagihan yang harus dibayarkan & virtual account untuk pembayaran. Saya bantu verifikasi dengan menyebutkan nama lengkap sesuai KTP, nomor telepon terdaftar & nama ibu kandung.

Hal ini saya lakukan tiap bulan. Setiap awal bulan saya menelpon CS Kredit Pintar & alhamdulilah selalu dibantu dengan baik, sehingga pembayaran selalu lancar. Bahkan di bulan April 2020, saya mendapat potongan pembayaran, kurang lebih sebesar 25%. Alhamdulilah…

Di bulan Mei ini saya mengalami kendala dikarenakan nomor telepon CS yang biasa saya telepon, tidak bisa dihubungi. Beberapa kali saya menelpon selalu terputus. Saya mulai menelpon CS dari tanggal 1 seperti biasa.

Tanggal 2 Mei saya minta tolong suami untuk kirim email ke cs@kreditpintar.com menanyakan tagihan (dikarenakan saya baru melahirkan & masih harus mengurus bayi yang belum genap sebulan, maka saya minta dibantu oleh suami). Sayangnya pihak CS Kredit Pintar sangat lambat & berbelit-belit dalam merespon email-email saya.

Saya baru benar-benar mendapat jawaban (info tagihan & nomer VA) ditanggal 8 Mei 2020 & jumlah tagihan saya sudah membengkak dikarenakan terkena denda keterlambatan. Lucunya, setelah tanggal ini pihak Kredit Pintar rajin kirim email ke saya untuk memberitahukan tagihan yang makin bertambah setiap hari (email terakhir tanggal 12 Mei).

Pertanyaannya, kemana saja selama ini? Dari tanggal 2-8? Kok “pintar”-nya telat?

Saya menghubungi Kredit Pintar dari awal bulan supaya bisa langsung bayar cicilan & tidak terkena denda, tapi nyatanya menghubungi Kredit Pintar saja susahnya minta ampun. Bagaimana mau bayar kalau saya tidak tahu berapa jumlahnya & dibayarnya kemana. Saya berpikiran Kredit Pintar lambat merespon email saya supaya tagihan saya “sengaja” membengkak. Toh buktinya tiap saya kirim email, balasannya selalu berbelit-belit & tidak pernah langsung menjawab pertanyaan saya. Tiba-tiba tanggal 8 Mei (6 hari setelah email pertama saya) saya dapat email pemberitahuan jumlah pembayaran yang sudah terkena denda karena terlambat.

Walaupun saya mengalami kendala karena nomor telpon yang terblokir, tapi saya tetap beritikad untuk melakukan cicilan pembayaran sesuai kewajiban saya. Tapi kalau untuk melakukan hal ini saja dipersulit, saya juga keberatan kalau malah kena denda keterlambatan. Toh yang membuat saya terlambat adalah pihak Kredit Pintar sendiri yang sulit dihubungi & berbelit-belit tiap membalas email saya (hal ini juga sudah saya utarakan di beberapa email yang saya kirim)

Saya berharap bisa melakukan pembayaran seperti bulan-bulan sebelumnya tanpa kendala, dengan tetap dibantu oleh CS Kredit Pintar. Mudah-mudahan hal seperti ini bisa cepat terselesaikan & tidak terjadi lagi, untuk saya & juga nasabah yang lain.

Terima kasih.

Diana D.
Cimahi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:16    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Ibu Diana

Kepada Yth Ibu Diana, Menanggapi surat Ibu Diana melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 16 Mei 2020 berjudul “Kredit (tidak) Pintar”,...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Kredit (tidak) Pintar

    • 18 Mei 2020 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Sy heran y bu, knp nomor kita ga bisa di update pd sistem mereka, kalau sy pernah mengajukan pinjaman Kredit pintar melalui Toko****a, namun karena ada keterlambatan, ketika sy hendak membayar tertulis billing sudah kadaluarsa, sy mencoba menghubungi CS kredit pintar untuk minta billing code baru tp tdk tidak terdaftar. Aneh nya, sy pun di telp sm Debt collector mereka. Entah mereka menggunakan sistem seperti apa ya, sehingga menyulitkan customer untuk membayar, atau membiarkan agar bunga berjalan lebih besar. Sy kapok semenjak hal itu. Saran sy, lebih baik di selesaikan buru2 bu, dan jauh2 dr kredit (tidak)pintar

    • 19 Mei 2020 - (04:01 WIB)
      Permalink

      Iyah parah bener tuh kredit pintar blom 90hari ajah udh d’datangin debt colector pdhal kan disitu ada tulisannya setelah 90hari GX bayar baru didatengin debt colector 🙏🙏🙏

  • 18 Mei 2020 - (03:42 WIB)
    Permalink

    Musnahkan pinjol dari Indonesia!
    jangan hanya cari keuntungan saja OJK!! masyarakat sudah banyak jadi korban!!

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kredit (tidak) Pintar

oleh diana d dibaca dalam: 2 menit
6