Surat Pembaca

Tidak Terima Cashback Tokopedia, Malah Dituduh Memiliki Akun Ganda

Saya adalah pengguna aktif Tokopedia. Pada tanggal 10 November 2020 saya melihat ada kupon cashback Tokopedia 5% untuk semua pembelian dengan menggunakan OVO Cash di Power Merchant dan Official Shop. Tertarik dengan kupon itu maka saya membeli emas senilai Rp4.746.000 dengan nomor invoice: INV/20201110/XX/XI/671785214.

Setelah barang dikirim dan diterima, ternyata cashback tidak saya terima. Saya komplain ke CS, dijawab oleh ROBOT TANYA: Tanya cek, transaksi Anda tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan Tokopedia untuk mendapatkan benefit promo cashback, sesuai syarat dan ketentuan poin M nomor 2 yaitu:

“Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Tokopedia untuk mengikuti setiap promo Tokopedia. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Tokopedia.”

Padahal saya tidak mempunyai akun lain, lalu saya tanya akun mana? Dijawabnya oleh CS yang bernama Bena:

Setelah Bena lakukan pengecekan bahwa cashback atas transaksi dengan nomor invoice INV/20201110/XX/XI/671785214 tidak bisa diteruskan kepada Ibu dikarenakan sistem kami mendeteksi pelanggaran syarat dan ketentuan promo dimana penggunaan promo melebihi limit penggunaan promo per orang dan/atau kesamaan identitas Bapak dengan pembeli lain dengan pemilik akun :
Atas nama : A***
Email : gagaksmag***b@gmail.com
Nomor Handphone : 085******603

Ternyata itu akun Tokopedia adik saya. Saya tanyakan ke adik saya apa ada pembelian tanggal 10 November pake kode promo? Lalu di-capture-nya history transaksi tanggal 10 November 2020, dia hanya beli pulsa Rp200 ribu.

Lalu CS Bena meminta verifikasi scan KTP saya dan adik saya. Setelah diberikan, dipermasalahkan lagi nama adik saya beda di KTP sama di Tokopedia. Di Tokopedia adalah nama panggilannya, sementara di KTP memang tidak ada unsur nama panggilannya tsb. Setelah saya jelaskan dibalas lagi:

Mengenai kendala Ibu yang tidak mendapat cashback, Bena infokan untuk saat ini kendala Ibu sudah Bena bantu teruskan ke Tim Investigasi Tokopedia Care. Mohon kesediaan waktunya untuk menunggu maksimal 2×24 jam ya. Jika ada perkembangan info, akan disampaikan melalui Pesan Bantuan ini. ini email tanggal 14 November

Sampai saat ini tanggal 18 november, sudah 4×24 jam tidak ada kabar, saya tanya terus ke CS tidak ada balasan.

Apakah begini cara Tokopedia untuk hidup? Mengiming-imingi konsumen dengan kupon cashback untuk membeli di power merchant/official shop agar Tokopedia mendapatkan fee dari penjualan tersebut, tetapi ingkar dalam memberikan janji dengan menuduh sembarangan?

Saya akan beritahu ke semua orang agar tidak percaya begitu saja dengan iming-iming cashback dari Tokopedia, dan sebaiknya jangan menggunakan Tokopedia.

Siti Adeliani
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Gw lebih setuju Toped ga usah jor2an kasi Cash back deh, cukup gratis ongkir aja buat buyer udah bagus bgt. Gw sbg seller terbantu sekali. Meski harus kepotong biaya gratis ongkir setidaknya ga rugi sbg seller

  • Penjual atau pembeli banyak yang melanggar S&K, lalu diberi sanksi.
    Saya mau tanya, bagaimana jika Tokopedia sendiri yang melanggar S&K?
    Ini terjadi pada saya sebagai penjual, dimana Tokopedia melanggar S&K yang akhirnya merugikan saya.
    Apakah ada sanksi untuk Tokopedia?

  • Menurut ku cashback hanya jebakan biar pada belanja di tokopedia,
    Kalou satu orang hanya boleh menggunakan satu akun,
    Kenapa tidak main di verifikasi KTP aja, satu orang kan hanya punya 1KTP,
    dan berikan cashback hanya untuk akun yg sudah vetifikasi