Sistem JNE yang Parah, Kacau Balau Sangat

Selamat malam,

Saya membeli barang di Tokopedia dengan nomor resi TJC0855884858726 dari Bogor ke Gresik. Paket sampai Gresik tanggal 23 Desember pukul 03.15 (dini hari). Saya mengira pada tanggal tersebut bisa sampai ke rumah. Saya tunggu sampai malam, belum diantar. Bahkan trackingan belum berubah sama sekali.

Tanggal 24 Desember pagi status belum berubah. Saya telepon CS JNE pusat, saya minta untuk ambil paket sendri karena barang itu radiator mobil dan akan saya pasang dan mobil saya pakai untuk mudik tanggal 24 pagi. Akhirnya saya tunda mudik malam saja. CS JNE menginfokan akan memberi nomer pengambilan dan alamat warehousenya dan akan segera dtelepon kembali, sekalian saya konfirmasi nama, alamat lengkap, nomer hp biasa dan nomer WA.

Tidak lama jam 08.51 status berubah paket dikirim, dan CS telepon saya untuk info kalau paket proses kirim ke alamat, sekalian saya konfirmasi lagi nama, alamat lengkap dan 2 nomer telepon saya. Saya mnta diprioritaskan agar saya tetap bisa mudik hari ini, diiyakan sama CSnya.

Sampai sore paket belum datang, sedangkan saya juga harus memanggil montir untuk memasangnya, akhirnya mudik saya tunda sehari. Sampai magrib pun paket belum datang, status paket saya berubah kalau alamat saya tidak jelas. Saya langsung datang ke JNE dekat rumah dan diberi alamat warehousenya.

Di sana kurir menerangkan bahwa alamat saya tidak jelas dan WA saya centang 1. Dan kurir bilang dia sudah ke alamat saya tapi tidak ada yang kenal. Dia juga bilang tidak bisa telepon karena JNE tidak memberi uang pulsa, hanya dapat pulsa buat WA aja.

Yang saya kecewakan, keluhkan dan tanyakan:

  1. Apakah CS tidak konfirmasi ke cabang alamat dan nomor telepon saya padahal sudah saya kasih dengan jelas, 2x malah.
  2. Apakah CS tidak menyampaikan kejelasan alamat saya ke cabang? Kalau tidak ada saling konfirmasi, barang saya bisa-bisa gak bakalan dkirim
  3. Kurir bilang di perum saya tidak ada yang kenal, saya bukan sekali dua kali ngirim paket, dan kalau memang gak jelas bisa tanya ke security. Karena saya yakin kurir belum berusaha datang ke perum saya
  4. Kurir tidak bisa menghubungi via WA, karena nomer yang tercantum tidak ada WA. Dan saya sudah konfirmasi ke CS 2 nomer yang ada WA. Dengan alasan JNE tidak memberikan uang pulsa.
  5. CS bilang paket saya 5-6 hari sampainya. Memang gak bisa dkirim langsung kalau lebih cepat dari estimasi?
  6. Paket 24jam lebih tidak ada perubahan, stuck di warehouse
  7. Kurir bilang CS banyak yang libur, saya tadi telepon 2x sama siapa kalau gitu. Apakah keluhan saya ke CS tidak disampaikan hanya iya iya aja.
  8. Keterangan di sistem tidak jelas, setelah “received at warehouse (Manyar Gresik)” kemudian jadi “delivery courier (Surabaya)” cust jadi bingung nyampe di Gresik tapi yang ngirimnya dari Surabaya??

Akhirnya saya ambil sendiri ke warehouse yang jauh dari alamat saya dan tanpa nomor pengambilan seperti yang diinfokan CS. Andai tahu gitu dari kemarin saya bisa ambil sendiri. Bahkan CS tidak tahu dimana alamat warehouse paket saya berada

Saya harus berpikir beberapa kali untuk memakai jasa ini lagi.

Fitri Dinda Emilia
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:39    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan JNE atas Surat Sdri. Fitri

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 25 Desember 2020 berjudul “Sistem JNE yang Parah, Kacau...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Sistem JNE yang Parah, Kacau Balau Sangat

  • 25 Desember 2020 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Waduuh turut prihatin
    Lain kali pakai kurir yg profesional saja
    Saya recommended singa terbang
    Mantap tap…

    5
    3
    • 25 Desember 2020 - (18:48 WIB)
      Permalink

      JNE LAGI… JNE LAGI…. Sudah berapa banyak kasus JNE yg masuk media konsumen. Seharusnya kurir inisiatif untuk menelepon… Berapa sih biaya untuk menelepon beberapa menit saja. Jangan karena alasan tidak diberi uang pulsa terus nggak mau menelepon. Kan sudah tanggung jawab dari kurir untuk mengantarkan paket sampai tujuan.

      4
      4
    • 28 Desember 2020 - (15:50 WIB)
      Permalink

      Memang alamat tidak lengkap dipaket. Sedangkan saat saya order lewat tokopedia, saya menulis alamat dengan lengkap (ada ‘tokopedia note’) tapi diresi tidak tercantum ‘tokopedia note’nya. Dan saya memberitahukan ke CS JNE PUSAT, NOMER TELPON SAYA 2 NOMER, WA DAN NOMER BIASA, SERTA ALAMAT SAYA DENGAN LENGKAP. Berarti CS JNE pusat tidak menyampaikan info saya ke cabang gresik kan.
      Saya telpon CS JNE katanya saya memakai paket yang sampainya 5-6hari, sedangkan paket saya sudah tiba dikota tujuan hanya 2 hari. Haruskah menunggu sampe 5harian kalau gitu?? Barang ditandon di gudang??
      Saya yakin digudang tidak akan ada pembagian mana paket yg sampainya sehari, 3hari, 5hari, seminggu dll. Karena saya lihat sendiri gimana keadaan gudang.
      Memang paket sudah sampai, itupun SAYA AMBIL SENDIRI DI GUDANG.

  • 26 Desember 2020 - (00:52 WIB)
    Permalink

    seperti jasa paket kemarin sore.. ntar lama lama bisa bangkrut seperti pt pos
    ..dunia digital tp gak di gunakan atau di sepelekan ya nunggu hari akan di lintas zaman…

    2
    1
  • 26 Desember 2020 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Saya kiriman ke jkt nyasar ke batam karena kesalahan petugas yg input resi.kataya barang mau dkrm ke saya lagi karena pembeli cancel pesanan karena urgent.tp sama jne dinyataka. Hilang.GA MASUK AKAL BARANG BESAR TINGGI HMPR 80CM,LEBAR 20CM PANJANG 60CM DINYATAKAN HILANG.AKAL2AN AJA KRN TDK MAU BYR PAJAK BARANG KLR BATAM.PERISTIWA TGL 28 OKTOBER SAMPAI SKRG BLM SELESAI2 MASIH DIDISKUSIKAN UTK PENGGANTIAN DANA…

    3
    1
  • 26 Desember 2020 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Gini amat JNE paket saya juga gk sampe sampe padahal estimasinya 3 – 7 sampe hari
    Dari tanggal 17 desember 2020 sampe sekarang tanggal 26 desember 2020
    Belum ada kejelasan resi juga gak update
    Padahal kata seller yang ngirim paling lama 7 hari paket datang ,tapi sampe saat ini belum terlihat khilal nya itu paket saya

    3
    1
  • 26 Desember 2020 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Saya seorang seller,dah lama ga pakai tu kurir,dl nya langganan,tp karna sering di kecewakan,semakin mahal,dan semakin ribet,ahirnya ganti xpedisi.
    Dl nya ga percaya xpedisi lain,ehh ternyata sy salah,ternyata xpedisi lain malah lbh cepat dan lbh profesional.
    Dan sudah 1 tahun terahir sy sm sekali ga pakai tu kurir,udah kapok pok.

    5
    1
  • 26 Desember 2020 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Seumur2 sya blm pernah ada masalah pakai JNE. Pengalaman saya pernah masalah JnT 1x barang ilang, Sicepat 3x barang ilang, Antnraja 1x barang hilang. Tapi ya semua ekspedisi diganti sesuai nilai barang jadi ya sudah lah haha

  • 26 Desember 2020 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Kami sudah lama jadi penjual dan pembeli online.
    Semua jasa kurir punya masalah masing-masing.
    Sebagai penjual pelanan jne di daerah kami sangat bagus dibanding jasa kurir lainnya dan ada banyak kelebihan tapi itu tidak berlaku di daerah lain sehingga kami lebih suka memakai jne .
    Saat kami kirim paket ke jne sudah ribuan kali belum pernah ada yg hilang.
    Tapi saat kami yang order via jne jtr pernah 1X hilang, ulah oknum yg nakal. Dan ga masuk akal hilang di jalan karena ukurannya separuh kulkas.
    Bila kami kirim pakai jasa kurir saingan terbesar jne sudah lebih dari 10X paket hilang dan baru hari ini saya diganti rugi.
    Dan itu kembali pada karyawan masing-masing wilayah.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Sistem JNE yang Parah, Kacau Balau Sangat

oleh Fitri Dinda Emilia dibaca dalam: 2 min
13