Surat Pembaca

Saldo Dana Tertahan Massal, Tidak Dapat Melakukan Transaksi dan Terjadi Log Out Otomatis Tanpa Bisa Login Kembali

Sabtu, 26 Desember 2020 saya mendapat kabar dari teman mengenai aplikasi dompet digital, DANA tidak dapat melakukan proses transaksi kemanapun, transfer sesama dana, transfer rekening bahkan pembelian pulsa dan layanan lainnya.

Awalnya saya mengira ini hanyalah masalah server sibuk atau adanya upgrade fitur ke versi terbaru sehingga terjadi bug/error. Kemudian karena tidak kunjung pulih, sorenya saya memutuskan untuk menghubungi Dana Care di aplikasi WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Tetapi respon yang didapatkan sungguh lamban karena alasan dalam antrean. Lalu kemudian dijawab dengan nomor tiket antrean Dana care #1112643 bahwa ia akan mengecek kendala atas keluhan yang saya alami dan segera memberikan info.

3 hari berlalu, kabar baik tak kunjung datang. Dan semakin hari semua teman-teman saya dicicil (bergiliran) satu persatu mengalami hal serupa. Tapi anehnya, hanya mereka yang memiliki banyak saldo yang mengalami hal tersebut. Tapi saya tetap tidak mau berburuk sangka (mungkin hanya kebetulan saja).

Akhirnya saya mencoba untuk menghubungi Dana melalui instagram resminya, tapi hasilnya sama. Bahkan tak kunjung memberikan respon apa-apa. Setelah mengecek komentar-komentar pada postingan akun instagram Dana tersebut, akhirnya saya melihat ternyata begitu banyak masalah yang terjadi. Bukan hanya proses transaksi yang tidak dapat dilakukan, atau log out massal yang tidak dapat diakses kembali tapi juga beberapa kasus seperti saldo Dana yang tiba-tiba hilang sendiri, proses refund dan yang paling marak adalah kasus yang saya alami. Tapi pihak Dana juga tak kunjung memberikan klarifikasi mengenai hal tersebut yang membuat customer semakin bertanya-tanya alasan dari penganggalan transaksi ini. Dan yang lebih mencurigakan adalah saldo dapat ditambahkan/top Up tapi tidak bisa dicairkan melalui transfer kemana pun.

Tidak sampai di sana, teman saya mencoba menghubungi call center DANA melalui telfon dan anehnya ketika di tanyakan mengenai akun yang tidak dapat melakukan transaksi pihak Dana langsung mematikan telepon secara sepihak.

Tolong kepada Pihak Dana, agar segera menindaklanjuti hal ini. Mengingat bahwa hak kami (saya dan teman-teman yang lain) ada pada saldo dana tersebut.

A. Dhea Afifah Renata
Maritengngae, Sidrap, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu A. Dhea Afifah

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu A. Dhea Afifah Renata di Media Konsumen, “Saldo...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga mengalaminya,hari Minggu dgrop wa banyak yg mengeluh Dana error,sy cek akun dana saya masih aman2 saja karna banyak teman juga masih normal akun dana nya,disitu saya masih mikir mungkin lagi maintenance aja,hari Senin pagi saya baca komenan dgrop lagi makin rame akun dana yang error,dan saya pun mencoba memindahkan saldo saya ke bank,alhasil punya saya juga ternyata tidak bisa melakukan transaksi, coba transaksi lainnnya juga sama tidak bisa, Sya menghubungi cs jga tidak mendapatkan hasil yg memuaskan. Tolonglah bagaimana nasib saldo saya. Kalaupun ada perbaikan tolong pihak dana kasih penjelasan agar kami semua yg bermasalah akun dananya tidak was2 begini. Mohon diperhatikan nasib akun kami yg bermasalah.terimakasih.

  • Wah untung bgt mindahin gaji 5jt via dana tgl 26 des jam 19.43 lancar jaya. Kalo nyangkut di DANA, wah ga tau deh gmn ceritanya

    • Alhamdulillah ya mas, saya juga sudah pindahkan sblmnya. Cuma karena bbrp org tidak tau bahwa dana error mereka lngsng ngirim uang ke dana. Alhasil terjebak 1jt-an. Karena takut mengalami automatis logout tanpa bisa login, saya akhirnya cari informasi. Krn tdk dapat, akhirnya saya lah yg bkin informasi. Karena mungkin di luaran sana banyak juga yg cari informasi tapi tidak dapat, karena pihak dana sndri tidak melakukan klarifikasi mengenai apa yang terjadi secara terbuka.

  • gagal paham banget saya sama surat nya, bilangnya tgl 26 dapat kabar terus dilaporin, terus bilang nya 3 hari berlalu tanpa kabar..

    nulisnya dari masa depan kah artikel ini? sudah pasti tidak, artikel nya tanggal 28 tuh, asumsi terbaik lah tulis 28 pagi, 28 malam di upload sama media konsumen, berarti 1 stgh hari menanti jawaban.

    sabar dikit kenapa? teman teman kamu g bisa laporan sendiri kah? kok dilaporin sama kamu, kalau saya lihat suratnya sih masalah nya ada di teman2 kamu kok, kamu g bicara banyak masalah saldo km, transaksi km

    • Tgl 26 dapat kabar dari teman kalo dana error.

      3 hari kemudian tetap error.

      Yang bikin masnya pusing gmana?
      Kami speak Up karena kami sudah hubungi cs tapi tidak kunjung membuahkan hasil. Tapi makin lama makin banyak yang kena.

      Kami agency management yg bergerak d sosial media marketing dimana beratus2 talent dan owner pakai aplikasi dana. Jadi kami tau perkembangannya. Makanya kami berani menulis artikel karena semua yg saya sampaikan benar adanya.

    • Tgl 26 saya dapat kabar, terhitung 3 hari dengan hari saya menulis artikel ini kak. Dan hari ini tanggal 29 artinya 4 hari dgn hari ini.

      • itu cara ngitungnya gak umum bun, biasanya tanggal 26 gak ikut dihitung, jadi 28-26 = 2 hari, kalo sekarang tanggal 29, baru dihitung 3 hari

        • Iya, aku itung tanggal 26 nya juga -_- Knpa malah masalah in tanggal si. Yg jelas saldo ku weiiiiiiiii gimanaaaa??

          • lha itu ada mas nya yg kebingungan itungan tanggalnya ?
            ya, gw cuma bisa berdoa semoga cepat normal lagi ?
            tp berdasarkan pengalaman gw error di sistem bank, duitnya baru balik sebulan woyy ?

        • BetuuuLLL...
          Kalau sudah bisa melakukan pemindahan Saldo DANA nya jangan lupa di beritahu kpda media konsumen ya kak.
          Terima kasih

  • Pihak OJK harus tinjau ulang aplikasi dompet satu ini. Sudah banyak keluhan sana sini. CS tidak profesional. Saya cuma minta refund 10rb karena transaksi kadaluarsa padahal sudah dikirim mutasi rekening dan data detail tetap diminta lagi data pribadi seperti tanggal lahir, data KTP, dll. Ini sih lebih parah dari Gopay dan OVO. Itu data pribadi mau dijual apa gimana??? Akhirnya saya tegaskan ke CS 10rb tidak perlu dikembalikan. Anggap saja sumbangan atau donasi.

      • Itu kan berlaku buat akun premium. Kalau akun basic untuk sekedar refund transaksi gagal mana ada minta data pribadi. Cukup cek history transaksi. Coba cek IG DANA bejibun keluhan di sana.

  • Lagi lagi DANA. Haha. Udah gak heran. Langganan surat pembaca media konsumen selain Akulaku. Kebanyakan ngasih promo sampe kalap. Pelayanan buruk apalagi CS kayak robot.

  • Saya transfer ke bank BRI BRIVA, Awalnya seharian ga kekirim terus. dan hari selanjutnya terkirim dan sukses tapi uangnya TIDAK Sampai ke bank BRI yg dituju.
    Keteranganya sukses tapi sama sekali uangnya tidak ada dan saya hubungi dana lewat WA, dibalasnya pesan otomatis aja tapi pas dibalas sama Customer nya jam 12 malam pas saya tidur. Trs katanya ikut ke menu awal ? Hubungi G mail lambat, hubungi IG nya blm direspon. Kira kita uangnya bisa bik lagi enggak ya ??? uang saya kemanaaaa