Saldo Dana Tertahan Massal, Tidak Dapat Melakukan Transaksi dan Terjadi Log Out Otomatis Tanpa Bisa Login Kembali

Sabtu, 26 Desember 2020 saya mendapat kabar dari teman mengenai aplikasi dompet digital, DANA tidak dapat melakukan proses transaksi kemanapun, transfer sesama dana, transfer rekening bahkan pembelian pulsa dan layanan lainnya.

Awalnya saya mengira ini hanyalah masalah server sibuk atau adanya upgrade fitur ke versi terbaru sehingga terjadi bug/error. Kemudian karena tidak kunjung pulih, sorenya saya memutuskan untuk menghubungi Dana Care di aplikasi WhatsApp untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Tetapi respon yang didapatkan sungguh lamban karena alasan dalam antrean. Lalu kemudian dijawab dengan nomor tiket antrean Dana care #1112643 bahwa ia akan mengecek kendala atas keluhan yang saya alami dan segera memberikan info.

3 hari berlalu, kabar baik tak kunjung datang. Dan semakin hari semua teman-teman saya dicicil (bergiliran) satu persatu mengalami hal serupa. Tapi anehnya, hanya mereka yang memiliki banyak saldo yang mengalami hal tersebut. Tapi saya tetap tidak mau berburuk sangka (mungkin hanya kebetulan saja).

Akhirnya saya mencoba untuk menghubungi Dana melalui instagram resminya, tapi hasilnya sama. Bahkan tak kunjung memberikan respon apa-apa. Setelah mengecek komentar-komentar pada postingan akun instagram Dana tersebut, akhirnya saya melihat ternyata begitu banyak masalah yang terjadi. Bukan hanya proses transaksi yang tidak dapat dilakukan, atau log out massal yang tidak dapat diakses kembali tapi juga beberapa kasus seperti saldo Dana yang tiba-tiba hilang sendiri, proses refund dan yang paling marak adalah kasus yang saya alami. Tapi pihak Dana juga tak kunjung memberikan klarifikasi mengenai hal tersebut yang membuat customer semakin bertanya-tanya alasan dari penganggalan transaksi ini. Dan yang lebih mencurigakan adalah saldo dapat ditambahkan/top Up tapi tidak bisa dicairkan melalui transfer kemana pun.

Tidak sampai di sana, teman saya mencoba menghubungi call center DANA melalui telfon dan anehnya ketika di tanyakan mengenai akun yang tidak dapat melakukan transaksi pihak Dana langsung mematikan telepon secara sepihak.

Tolong kepada Pihak Dana, agar segera menindaklanjuti hal ini. Mengingat bahwa hak kami (saya dan teman-teman yang lain) ada pada saldo dana tersebut.

A. Dhea Afifah Renata
Maritengngae, Sidrap, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu A. Dhea Afifah

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu A. Dhea Afifah Renata di Media Konsumen, “Saldo...
Baca Selengkapnya

44 komentar untuk “Saldo Dana Tertahan Massal, Tidak Dapat Melakukan Transaksi dan Terjadi Log Out Otomatis Tanpa Bisa Login Kembali

  • 28 Desember 2020 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Sama saya mengalami juga sampai saat ini eror dan uang saya masih diakun tsb…siapa pun yg disana tolong dengarin keluhan kita

    11
    • 29 Desember 2020 - (09:36 WIB)
      Permalink

      Sama persis dengan saya apa yg terjadi sekarang,alhasil saldo dana dan saldo di dana bisnis nyangkut semua,dah menghubungi CS DANA via ig,twitter,wa,email, semua jawaban sama,belum juga ada kepastian

      • 29 Desember 2020 - (11:12 WIB)
        Permalink

        Sama punya saya juga error bener² ini dana padahal sudah banyak saldo didalamnya katanya aman trnyta pihak dana bikin kecewa !! Parah banget ngecewain padahal pengguna nya banyak banget terus saldo dana saya kalo error mau dikemanain hello?? Pihak dana dimohon baca ini yaa wajib!! Karna saya dan konsumen banyak sangat kecewa dengan semua pihak dana karna masalah error dan saldo dana saya tidak bisa di transfer kemana² dimohon untuk ditindak lanjuti terimakasih !!

        • 29 Desember 2020 - (19:31 WIB)
          Permalink

          Saya pengguna DANA,selama menggunakan DANA tidak ada masalah…saran saya anda donlod MITRA BUKALAPAK,terus di kaitkan akun DANA nya dan verifikasi pakai KTP,kalau verifikasi sukses,Kamu bisa transfer uang ke Rekening Bank manapun…mudah”n bisa berhasil…Sukses

  • 28 Desember 2020 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Asli awalnya biasa aja rame² ngumpl di grup wa, lalu 1 temen saya mencoba mentransfer ke temen saya yang lain
    Lalu tidak bisa, di kira cuma dia yang error biasa malam² eh ternyata temen saya yang lain jg mencoba, dan ternyata Error jg, lalu saya pun mencoba jg, seh sama jg tdk bisa, ada apa kah gerangan ini? Saldo saya di sana ada sekitar 1,5 jt, itu tidak bisa di transfer ke bank atau pun sesama dana jg, jadi bagaimana ini, punya saya udh hampir 4 hari ttp aja tdk bisa, padahal itu hasil kerja keras keringat saya selama 2 bulan, tpi knp Error begini, Sungguh membuat saya kecewa banget?

    11
    1
    • 29 Desember 2020 - (12:44 WIB)
      Permalink

      Siang.. beberapa hari yang lalu DANA saya juga error. Transfer dari J***** ke DANA tidak masuk ke akun saya. Akhirnya saya memutuskan untuk chat customer service nya. Lalu bsk nya bisa sih, cuma saya blm tau lg eror lg atau ga nya

  • 29 Desember 2020 - (03:38 WIB)
    Permalink

    Sama juga, akun saya juga begitu.
    Tanpa ada kejelasan apapun.
    Saldo saya di dalam malahan ada 2,415jt, mau saya gunakan untuk berobat orang tua lagi.

    • 29 Desember 2020 - (06:36 WIB)
      Permalink

      untung sempet liat ini, saldo dana minim sih, gak nyampe 100rb, biasa buat belanja di bukalapak.
      kemungkinan masalah maintenance akhir tahun, semoga cepat normal lagi

  • 29 Desember 2020 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan besar masalah server yg lagi error’, biasanya kalau lagi akhir tahun ada pembukuan (Kalau nggak salah…). Yg punya saldo agak lumayan pastinya was-was, takutnya akun dibobol. Sepertinya masalah ini akan memakan waktu beberapa hari.

    5
    1
  • 29 Desember 2020 - (10:01 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca surat pembaca ini, aku langsung buka aplikasi DANA, sepertinya tidak ada masalah tuh. Coba melakukan transaksi pembelian paket data juga lancar saja.

    7
    3
    • 29 Desember 2020 - (11:10 WIB)
      Permalink

      Saya gak tau, kenapa ada yang bisa dan ada yg tidak. Yang jelas saya dan teman-teman yang jumlahnya ada ratusan sdh berkumpul d wa. Semakin lama , semakin banyak (saat ini sudah 2 group full)

      Coba kakak jalan-jalan ke komentar ig resmi dana untuk liat ada berapa banyak org yg mengalami hal serupa:) tidak jarang malahan tiba-tiba saldo berkurang dengan sendirinya.

        • 29 Desember 2020 - (21:25 WIB)
          Permalink

          Aamiin kak, kami sangat membutuhkan kepastian saldo dana tsb. Semua pekerjaan jadi terhambat. Karena saldo juga d pake berputar buat modal.

  • 29 Desember 2020 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Saya sebenarnya punya account DANA juga, tapi paling hanya untuk pembelian di bawah 100 rb itupun saya tidak top up tetapi setiap kali saya transaksi saya daftarkan kartu kredit saya, pembelanjaan langsung mengambil dari Kartu Kredit. Selesai transaksi, kartunya dihapus lagi.

  • 29 Desember 2020 - (11:22 WIB)
    Permalink

    akun saya juga gtu gabisa membeli paket pulsa kuota dan lain lain bahkan tidak bisa login sama sekali, tolong pihak dana minta kerja samanya untuk cepat tanggapi masalah ini jangan dianggap sepele ??

  • 29 Desember 2020 - (11:52 WIB)
    Permalink

    JUJUR AKU KECEWA BANGET PAKE DANA UDAH 6 hari akun temen aku gk balik dan akun aku baru 1 HARI JUJUR DANA SELALU UPLOAD FEED CUMAN LAYANI PENGGUNANYA SAMPAI AKUNNYA BALIK LAGI..MOHON MAAF UNTUK PIHAK DANA KEBIJAKANNYA DI TUNGGU KITA MAU AKUN KITA KEMBALI TBTB LOG OUT GT AJA BUAT YANG BILANG AKU GK ADA MASALAH APA APAAN KOK DI DANA AKU NAH ITU MUNGKIN KALIAN JARANG MELAKUKAN TRANSAKSI SETELAH SAYA TELITI TERNYATA Banyak akun dana yang bermasalah karena mereka sering melakukan transaksi..jadi buat yang akunnya aman mungkin kalian jarang transaksi..panik banget ada 5 juta di dalemnya?duit hasilku sendiri dana paling mentok di email terus di suruh tunggu sampe Skrng blm juga ada kabar ya Allah?

  • 29 Desember 2020 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalaminya,hari Minggu dgrop wa banyak yg mengeluh Dana error,sy cek akun dana saya masih aman2 saja karna banyak teman juga masih normal akun dana nya,disitu saya masih mikir mungkin lagi maintenance aja,hari Senin pagi saya baca komenan dgrop lagi makin rame akun dana yang error,dan saya pun mencoba memindahkan saldo saya ke bank,alhasil punya saya juga ternyata tidak bisa melakukan transaksi, coba transaksi lainnnya juga sama tidak bisa, Sya menghubungi cs jga tidak mendapatkan hasil yg memuaskan. Tolonglah bagaimana nasib saldo saya. Kalaupun ada perbaikan tolong pihak dana kasih penjelasan agar kami semua yg bermasalah akun dananya tidak was2 begini. Mohon diperhatikan nasib akun kami yg bermasalah.terimakasih.

  • 29 Desember 2020 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Wah untung bgt mindahin gaji 5jt via dana tgl 26 des jam 19.43 lancar jaya. Kalo nyangkut di DANA, wah ga tau deh gmn ceritanya

    • 29 Desember 2020 - (14:03 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah ya mas, saya juga sudah pindahkan sblmnya. Cuma karena bbrp org tidak tau bahwa dana error mereka lngsng ngirim uang ke dana. Alhasil terjebak 1jt-an. Karena takut mengalami automatis logout tanpa bisa login, saya akhirnya cari informasi. Krn tdk dapat, akhirnya saya lah yg bkin informasi. Karena mungkin di luaran sana banyak juga yg cari informasi tapi tidak dapat, karena pihak dana sndri tidak melakukan klarifikasi mengenai apa yang terjadi secara terbuka.

  • 29 Desember 2020 - (12:51 WIB)
    Permalink

    gagal paham banget saya sama surat nya, bilangnya tgl 26 dapat kabar terus dilaporin, terus bilang nya 3 hari berlalu tanpa kabar..

    nulisnya dari masa depan kah artikel ini? sudah pasti tidak, artikel nya tanggal 28 tuh, asumsi terbaik lah tulis 28 pagi, 28 malam di upload sama media konsumen, berarti 1 stgh hari menanti jawaban.

    sabar dikit kenapa? teman teman kamu g bisa laporan sendiri kah? kok dilaporin sama kamu, kalau saya lihat suratnya sih masalah nya ada di teman2 kamu kok, kamu g bicara banyak masalah saldo km, transaksi km

    3
    1
    • 29 Desember 2020 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Tgl 26 dapat kabar dari teman kalo dana error.

      3 hari kemudian tetap error.

      Yang bikin masnya pusing gmana?
      Kami speak Up karena kami sudah hubungi cs tapi tidak kunjung membuahkan hasil. Tapi makin lama makin banyak yang kena.

      Kami agency management yg bergerak d sosial media marketing dimana beratus2 talent dan owner pakai aplikasi dana. Jadi kami tau perkembangannya. Makanya kami berani menulis artikel karena semua yg saya sampaikan benar adanya.

    • 29 Desember 2020 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Tgl 26 saya dapat kabar, terhitung 3 hari dengan hari saya menulis artikel ini kak. Dan hari ini tanggal 29 artinya 4 hari dgn hari ini.

      4
      1
      • 29 Desember 2020 - (15:04 WIB)
        Permalink

        itu cara ngitungnya gak umum bun, biasanya tanggal 26 gak ikut dihitung, jadi 28-26 = 2 hari, kalo sekarang tanggal 29, baru dihitung 3 hari

        6
        2
        • 29 Desember 2020 - (16:38 WIB)
          Permalink

          Iya, aku itung tanggal 26 nya juga -_- Knpa malah masalah in tanggal si. Yg jelas saldo ku weiiiiiiiii gimanaaaa??

          4
          2
          • 29 Desember 2020 - (17:07 WIB)
            Permalink

            lha itu ada mas nya yg kebingungan itungan tanggalnya ?
            ya, gw cuma bisa berdoa semoga cepat normal lagi ?
            tp berdasarkan pengalaman gw error di sistem bank, duitnya baru balik sebulan woyy ?

          • 30 Desember 2020 - (09:45 WIB)
            Permalink

            Apakah per hari ini tgl 30 DANA-nya masih error?

        • 13 Januari 2021 - (20:52 WIB)
          Permalink

          BetuuuLLL…
          Kalau sudah bisa melakukan pemindahan Saldo DANA nya jangan lupa di beritahu kpda media konsumen ya kak.
          Terima kasih

  • 30 Desember 2020 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Pihak OJK harus tinjau ulang aplikasi dompet satu ini. Sudah banyak keluhan sana sini. CS tidak profesional. Saya cuma minta refund 10rb karena transaksi kadaluarsa padahal sudah dikirim mutasi rekening dan data detail tetap diminta lagi data pribadi seperti tanggal lahir, data KTP, dll. Ini sih lebih parah dari Gopay dan OVO. Itu data pribadi mau dijual apa gimana??? Akhirnya saya tegaskan ke CS 10rb tidak perlu dikembalikan. Anggap saja sumbangan atau donasi.

      • 30 Desember 2020 - (22:46 WIB)
        Permalink

        Itu kan berlaku buat akun premium. Kalau akun basic untuk sekedar refund transaksi gagal mana ada minta data pribadi. Cukup cek history transaksi. Coba cek IG DANA bejibun keluhan di sana.

  • 30 Desember 2020 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Lagi lagi DANA. Haha. Udah gak heran. Langganan surat pembaca media konsumen selain Akulaku. Kebanyakan ngasih promo sampe kalap. Pelayanan buruk apalagi CS kayak robot.

  • 18 April 2021 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Saya transfer ke bank BRI BRIVA, Awalnya seharian ga kekirim terus. dan hari selanjutnya terkirim dan sukses tapi uangnya TIDAK Sampai ke bank BRI yg dituju.
    Keteranganya sukses tapi sama sekali uangnya tidak ada dan saya hubungi dana lewat WA, dibalasnya pesan otomatis aja tapi pas dibalas sama Customer nya jam 12 malam pas saya tidur. Trs katanya ikut ke menu awal ? Hubungi G mail lambat, hubungi IG nya blm direspon. Kira kita uangnya bisa bik lagi enggak ya ??? uang saya kemanaaaa

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Saldo Dana Tertahan Massal, Tidak Dapat Melakukan Transaksi dan Terjad…

oleh Adhea dibaca dalam: 1 menit
44