Surat Pembaca

Celah Penipuan di Fitur Tawar Aplikasi Shopee

Saya sudah pakai aplikasi Shopee sudah cukup lama. Saya termasuk customer loyal Shopee, karena suka dengan benefit yang ditawarkan oleh Shopee, seperti program gratis ongkir, Shopee PayLater dan Shope Pinjamnya. Namun saya kecewa dengan pelayanan customer Shopee. Saya mengadukan lewat live chat agar memblokir pengguna akun yang mencurigakan, tapi tidak dapat bantuan maksimal.

Berikut ini kronologinya:

  • Pelapak menjual iPhone XS Max seharga Rp11.000.000.
  • Pembeli dengan akun @indopride96 melakukan chat untuk menawar harga Rp10.800.000.
  • Pelapak mengiyakan tawaran tersebut.
  • Pembeli melakukan tawaran via fitur tawar seharga Rp10.800 (harusnya Rp10.800.000).
  • Penjual mengiyakan tawaran tersebut.

Bukan hanya satu atau dua kali saja kejadian ini, malah ada yang sampai sudah dikirim barangnya. Memang di sini tidak murni fiturnya yang salah, tapi tidak bisa dipungkiri kalau tidak semua pengguna berpengalaman/jeli/smart seperti yang diharapkan.

Mungkin Shopee bisa mencontoh fitur tawar di Bukalapak yang membatasi nominal tawar, tidak bisa menawar terlalu jauh dari harga yang diposting pelapak.

Saya sebagai pengguna setia Shopee hanya ingin menyampaikan keluhan yang dirasakan penggunanya dan agar Shopee tetap menjadi online shop yang bisa nyaman digunakan banyak orang.

Bambang Krisdiyanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Bnar sekali mba,,brg sy berbulan2 gak laku,,sistem penwrn pembeli sama ,sy lgsung senang akhirnya ada yg beli lgsung yes..pas ngirim bru sadar kurg 3 nolnya.

    • Bner skali mba,brg sy gak laku berbulan2,pas ada yg nawar seng bget la y lgsung diyeskan, dipesanny stlh itu bru sdar untg blm dikirim ?

      • harusnya emang dikasih batasan sm sistem biar gak terlalu jauh klo nawar harga. mirip kyk di aplikasi bukalapak. jadi penjualnya tidak merasa dirugikan dengan fitur tawar harga ini. dan pembeli juga tertarik karena adanya fitur tawar harga.

        oh iya shopee lama2 makin pelit nih. koin yg dibagikan sekarang makin dikit. ?

  • Zaman sekarang semua harus viral dulu baru ditindak cepat. Contohnya harus masuk ke mediakonsumen.com dulu baru ada tanggapan. Entah kenapa Customer Care tidak bisa cepat tanggap kalau ada keluhan.

  • Fitur tawar itu bisa di aktifkan maupun di nonaktifkan, lagian juga kalaupun nawarnya terlalu jauh dan sudah terlanjur disetujui dan pembeli sudah checkout, penjual bisa membatalkan pesanannya. Utk mendapatkan point pinalti 1 pun ada akumulasinya kalau tidak salah.
    Jadi yang salah mana? Ya yang salah adalah "ANDA".

    Soal batas waktu kirim di shopee lebih enak dari pada bukalapak menurutku pribadi. Di shopee batas pengiriman 2 hari tanpa Pre-Order dan tambahan 24 jam jika telat tapi ada point pinalti dan dapat memgajukan tambahan waktu ke pembeli jika ada kendala dg fitur "Tambah Masa Garansi".

    • Saya tidak mengklaim benar dan tidak menyalahkan fitur tawar di Shopee.
      Saya hanya ingin membantu agar Shopee memperbaiki celah yg bisa disalah gunakan.
      Memang fitur tawar bisa dimatikan.
      Mungkin saya atau anda termasuk org yg beruntung bisa jeli karena sudah sangat sering dan berpengalaman menjadi pelapak.
      Saya konsern kepada pelapak baru yg tidak tau akan fitur ini .
      Dan saya membahas faktanya bahwa di luar sana sudah banyak yg terkecoh dgn fitur ini. Coba baca lagi komentarnya satu satu biar anda paham lebih jauh bagaimana dan mengapa sistem Shopee ini perlu diperbaiki.

  • Saya pernah juga dapet kasus begini, yg peetama malah sdh saya terima, harga barang 800rb ditawar 750, tapi saat mau siapkan barang saya baru sadar, dengan polosnya sy konfirmasi lagi ke orgnya kemungkinan dia salah transfer, eh dia ngotot tf 750rb, yaudah langsung aja saha batalkan pesanannya ?
    Trus barusaaaaaan banget kejadian lagi, belajar dari pengalaman langsung aja saya tolak tawarannya

    Mereka beraksi tengah malam sampe subuh, tujuan mereka mungkin saat orang baru bangun dan masih 'setengah sadar' trus liat tawaran yg gak jauh dari harga aslinya langsung diterima, dan gak akan sadar sampai barang diterima

  • saya salah satu korban nya, HP harga 6.450.000 di tawar 6.450 saya iyakan, dan saya kirim, begitu saya kirim, iseng2 liat payment nya saya merasa ada yg ganjil, saya chat CS shopee malah bilang chat JNE ny aja kak.. gtu doang..

    akhir nya saya buru2 ke JNE nya, tapi sama aja, kata nya barang udah di tangan kurir, ga bisa di stop, udah contact pusat JNE juga ga bs jawaban nya muter2 terus, minta kontak kurir apalagi, ga bakalan di kasi.. jadi terkesan JNE harus membiarkan barang nya sampai ke pembeli dan hilang duluan, saya melapor padahal masih beberapa jam sebelum barang sampe ke lokasi pembeli, tapi tetep aja saya ga bs stop JNE nya, sama kacau nya ini sama shopee nya..

    jadi modus nya nawar dikurangin 0 nya 3 digit, mencari celah orang yg ga hati2, baru kali ini saya tertipu seperti beginian, padahal saya jg pembuat aplikasi, modus nya setelah itu si pembeli minta di kirimkan barang nya ke POPBOX locker, dan pembeli di akun nya masukin no hp abal2 sementara + alamat palsu, begitu dapet pin dari popbox nya, dia ambil barang nya, dan no hp nya langsung di buang di matikan, alamat pun palsu, jadi tidak bisa di tracking lagi..

    hilang hampir 7 jt, ini bener2 ngeselin minta ampun, dari pihak shopee dan jne, saya udah marah2 kaya apapun, jawaban ny cuman kita sedang lakukan investigasi investigasi bla3 sampe kiamat, sampe sdh 10 hari jg tetep ga ada jawaban lagi, malah menghilang JNE nya, Shopee nya juga hanya terkesan menyalahkan seller doang yg ga ati2..

    PADAHAL UDAH DIKASI SARAN, AT LEAST KASI FITUR WARNING KALO TAWARAN DI LUAR BATAS WAJAR, 6 jt di tawar 6 rb, harus nya ada alert / warning, apakah anda yakin barang anda 6 jt di tawar 6 rb ? ato semacem nya, intinya supaya seller lebih aware, tapi tetep aja ga di gubris, jawaban shopee cuman muter2 disana2 aja, prettt banget emang smua nya !!

  • Saya juga mengalami kejadian serupa mimggu lalu saya jual tab seharga 4,8 juta ditawar 4700 rupiah karena notifikasi yang muncul penawaran sebesar Rp 4700 .... tidak terbaca seutuhnya di layar notifikasi HP dan di klik yes karena anggapan bahwa itu Rp 4.700.000 & saat itu kantor sedang hectic sehingga kita acc penawaran

    Setelah kita kirim barang & selesai baru sadar untuk pembayaran hanya Rp 4700

    Yang jadi masalah adalah sistem di shopee dimana pembeli juga bisa menawar seenaknya dan link url penjual jadi tidak berlaku karena otomatis harga yang dipakai adalah harga penawar.

    Komplain ke shopee pun tidak bisa berharap banyak karena tidak akan ditindaklanjuti dan hanya meminta maaf dengan dalih itu sudah terjadi.

    Lubang yang fatal dari sistem tawar shopee ini sering dimanfaatkan oleh pembeli licik

    Untuk di tokopedia kalau ada yg menawar bisa via DM & yg merubah harga adalah penjual & link yg digunakan tetap dari link Tokopedia bukan dari link si pembeli

    Apalagi setelah melihat kasus terdahulu di Januari 2021 & sampai dengan saat saya mengalami musibah di Maret 2021 tidak ada perbaikan atas sistem shopee ini.