Kurir J&T Melakukan Manipulasi Data Penerimaan Barang

Saya membeli koloni lebah madu di Tokopedia pada tgl 28 Jan 2021 dan menggunakan layanan kurir J&T, no resi JT6486644359 dengan alamat delivery ke sebuah kantor di Ubud-Bali, dengan catatan bahwa delivery hanya dapat dilakukan pada jam dan hari kerja.

Pada tanggal 1 Feb 2021, pukul 18.48 di sistem Tokopedia terlihat status barang telah diantar dan diterima oleh Bu Asti. Ini tidak mungkin terjadi karena alamat tsb tidak mungkin buka di jam itu.

Pelacakan paket di Tokopedia
Pelacakan paket di Tokopedia

Keesokan siangnya, tgl 2 Feb 2021, berulang kali kami menghubungi CS J&T untuk membantu melacak paket, menghubungi kurir dan meminta agar barang diantar segera karena isinya adalah hewan hidup. Namun staf CS sangat tidak membantu dan hanya bisa mengatakan akan menghubungi kantor cabang untuk menyampaikan keluhan. CS memberikan nomor telepon kurir, namun kurir mematikan telponnya begitu tahu bahwa kami menghubungi karena adanya keluhan.

Belakangan kurir mengakui dia melakukan manipulasi status pengantaran paket di sistem karena jika barang gagal antar dia akan kena denda Rp200 ribu dari kantornya. Untuk menghindari denda, paket ditulis telah diantar di sistem padahal barangnya dibawa kembali ke kantor. Kuernrir kemudian berbohong bahwa hari itu paket akan diantarkan oleh temannya. Tapi kenyataannya paket tidak diantar.

Tanggal 3 Feb 2021 kami menghubungi CS kembali dan tidak mendapatkan bantuan apapun. Kami mencoba menghubungi kurir dan akhirnya ybs bersedia mengantar barang ke alamat tujuan. Barang diterima pada sore hari pukul 15.45.

Paket diterima dalam kondisi lebah banyak yang mati karena terlalu lama di perjalanan. Barang harusnya telah diterima tgl 1 Feb, tetapi karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab dan ketidakpedulian CS J&T paket baru diterima tanggal 3 Feb! Terlambat 3 hari!

Dalam proses melacak paket, kami mencoba mencari nomor telpon kantor cabang J&T di Peliatan Ubud. Review di Google Maps ternyata memperlihatkan banyaknya keluhan yang persis sama dengan insiden di atas: bahwa status paket menurut sistem telah diantar, padahal kenyataannya belum sama sekali. Disinyalir praktek yang terjadi memang suatu kelaziman untuk kurir2 J&T di lokasi ini.

Kami sangat kecewa dengan ulah kurir yang sangat tidak bertanggung jawab, ketidakpedulian CS dan staf di kantor cabang J&T di Peliatan dan pelayanan secara keseluruhan. Sangat-sangat memalukan bahwa setelah terbukti adanya manipulasi data pengiriman sama sekali tidak ada bantuan dari staf yang lain untuk melakukan tindakan yang mengurangi dampak negatif. Malah terkesan ada unsur pembiaran!

Djunadi Satrio
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:10    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Kurir J&T Melakukan Manipulasi Data Penerimaan Barang

  • 22 Februari 2021 - (09:09 WIB)
    Permalink

    SOP J&T sangat buruk..SOP yg tertera Resmi dan di lapangan berbeda.. itu dikarenakan system Frences.. Setiap Cabang J&T punya aturan sendiri tanpa memperdulikan SOP aslinya.. berbeda dengan Expd Lainnya.. saya bisa ngomong begini karena teman saya kerja bagian input barang dan akhirnya resign, karena tidak tahan dengan aturan yg ketat dan tekanan dari atasan.

  • 22 Februari 2021 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Yg saya suka dgn jnt, kurir tidak pernah gonta ganti, 5 tahun terakhir belum pernah ganti, sampai hafal. Kedua pengambilan paket lebih dekat, tidak harus ke kantor pusat spt jasa kirim lainnya, ini dikarenakan adanya pembagian drop point/cabang. Misal drop point A, membawahi paket di kecamatan A,B,C,D.

  • 23 Februari 2021 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Telat sehari seharusnya gan, karena tgl 1 kan juga tutup kantornya, gak bisa kirim kan.
    Kalo sesuai sop dan catatan harusnya dikirim tgl 2nya, karena kantor tutup bukan kesalahan kurir.
    Jadi telat 1hari, dr tgl 2 jadwal, smpnya tgl 3.

    4
    3
    • 23 Februari 2021 - (08:08 WIB)
      Permalink

      Seperti judul keluhannya, masalah utamanya adalah manipulasi data pengiriman! Barang BELUM DIANTAR, akhirnya juga diakui oleh kurir bahwa masih di gudang dan sama sekali blm diantarkan, tetapi sdh di log di antar kan dan diterima oleh orang fiktif. Dan ternyata ini adalah kejadian yang berulang kali terjadi dengan pelanggan lain di cabang yang sama. Ada sesuatu praktek yang jelas2 tdk benar di situ!

      4
      3
    • 23 Februari 2021 - (17:20 WIB)
      Permalink

      sdh jelas² di system tgl 1 Februari paket sdh delivered. itu artinya barang sdh dibawa kurir. dan tgl 1,2,3 itu kan bukan hari libur…. knp dibilang kantor ttup???? 🤔🤔🤔🤔

      1
      3
      • 24 Februari 2021 - (10:03 WIB)
        Permalink

        ya demikian lah. saya kejar2 lewat call center, kurir dll tidak membuahkan hasil. Bahkan kurir sempat berbohon bahwa barang akan diantarkan temannya, tapi tidak terjadi juga. Lalu waktu di konfrontasi dia bilang temannya tiba2 ada acara lain. heh?!

  • 24 Februari 2021 - (10:04 WIB)
    Permalink

    ini pengiriman dari Jawa Timur ke Bali. tidak mungkin menggunakan layanan delivery ojol gan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kurir J&T Melakukan Manipulasi Data Penerimaan Barang

oleh Djunadi dibaca dalam: 2 min
8