Surat Pembaca

Penipuan Mengatasnamakan Kredivo

Saya Agung, pengguna Kredivo dari tahun 2018 dan beberapa kali melakukan transaksi kredit atau pinjaman tunai. Saya akan menceritakan pengalaman yang saya alami pada tanggal 20 April 2021. Saya melakukan pinjaman melalui aplikasi Kredivo pada pukul 23.37 WIB sebesar Rp2.500.000,- jangka waktu pinjaman 6 bulan. Transaksi dinyatakan berhasil di aplikasi Kredivo, sehingga muncul tagihan baru.

Setelah itu saya cek di rekening saya belum ada dana yang masuk. Kemudian ada email dari kredivo pada pukul 23.38 WIB tanggal 20 April 2021, yang isinya “Pinjaman tunai disetujui dan dana akan ditransfer ke akun rekening saya. Kalau mau lebih cepat beri kami 5 bintang di sini “Nilai Kami”“. Karena pinjaman berhasil dan tagihan sudah muncul, tetapi dana belum masuk ke rekening saya, maka saya klik link “Nilai kami” dan saya berikan ulasan bintang 5.

Selang beberapa menit, sekitar pukul 23.44 WIB tanggal 20 April 2021 saya mendapatkan email dengan foto profil Kredivo dan tulisannya Cs@kredivo.com yang langsung memberitahukan kalau dana yang sudah kami cairkan jangan dulu digunakan karena sistem kami mengalami gangguan, dan jumlah pinjaman saya terjadi double pembayaran/penagihan dan tidak tertera di aplikasi Kredivo. Sekarang Kredivo sedang dalam melakukan reboot date/memulai ulang data dan saya diminta nama, nomor handphone/whatsapp, jumlah pencairan, nomor rekening dan nama bank.

Berhubung waktunya berdekatan, saya respect dengan pelayanan Kredivo karena cepat tanggap. Saya balas email tersebut dengan mengisi data seperti nama, nomor handphone/whatsapp, jumlah pencairan, nomor rekening dan nama bank.

Kemudian ada yang menelepon saya melalui telepon whatsapp dan mengatakan kalau dia dari customer service Kredivo. Karena suara kurang jelas akhirnya berlanjut melalui chat whatsapp. Pertama, saya diminta hapus ulasan di Playstore Kredivo dan jika ada yang menghubungi saya diharapkan tidak membalas karena sudah ditangani oleh dia.

Saya percaya saja karena saya takut terjadi double dana atau pembayaran. Dia chat saya kalau dana sudah cair diharapkan ditransfer balik dan nanti saya akan ditransfer lagi agar tidak terjadi double pembayaran/tagihan.

Saya selalu cek dari pukul 23.38 WIB setelah mendapatkan email, sampai pukul 01.11 WIB saya mendapatkan email kembali kalau dana pencairan berhasil. Karena saya takut terjadi double pembayaran/tagihan, saya diminta untuk transfer kembali dana tersebut dan dana langsung akan ditransfer kembali oleh dia.

Ketika dia mengirimkan data nomor rekening, saya sempat bertanya kenapa bukan rekening Kredivo? Dia jawab karena sedang dalam perbaikan. Ya mau tidak mau, saya percaya saja. Setelah saya transfer kembali dan saya kirim bukti trasnfernya, dia minta foto KTP dan ATM saya.

Saat itu saya baru mulai curiga, kenapa harus foto ATM? Saya minta foto KTP saja yang saya kirim. Akhirnya saya kirim foto KTP saya. Setelah itu dia minta saya agar menginstal aplikasi “Dana Now” dan mengisi data sesuai seperti di Kredivo agar dana segera cair kembali. Sebenarnya di sini saya sudah yakin saya sudah tertipu, tetapi saya masih berharap agar uang saya ditransfer kembali. Jadi saya mengisi data saya di aplikasi “Dana Now”.

dana now

Setelah saya mengisi data di “Dana Now”, saya tanyakan kembali kapan dana akan ditransfer kembali dan dia jawab nanti, tunggu saja. Saya terus menanyakan, sampai akhirnya dia jawab besok pagi saja, dan nomor saya langsung diblokir.

dana now

Di sini saya lemas dan mencoba melihat aplikasi Dana Now, ternyata dia melakukan pinjaman ke beberapa pinjaman online. Untungnya dari 5 transaksi, 3 gagal dan 2 harus menambahkan data.

Semoga tidak ada lagi yang mengalami hal seperti saya. Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa penipu ini bisa mengetahui email saya dan saya sedang melakukan pinjaman di Kredivo, juga dananya belum masuk? Karena dari semua transaksi yang saya lakukan melalui Kredivo, setelah pinjaman tunai berhasil itu pasti langsung masuk ke rekening tidak lama sekitar 5-10 menit. Namun yang saya alami saat ini, transaksi di aplikasi berhasil, langsung muncul tagihan, tapi dana belum masuk ke rekening saya dari jam 23.38 wib – 01.11 WIB.

Saya berharap dengan cerita ini saya mendapatkan solusi, karena saya sudah menghubungi customer service Kredivo saya tetap harus melakukan pembayaran. Saya berharap Kredivo dapat berbesar hati untuk membantu saya untuk mendapatkan kembali hak saya, dengan melakukan mencari data si penipu tersebut melalui akun rekeningnya, dimana dia melakukan tarik tunai dan cabang mana. Karena sebenarnya di sini saya dirugikan secara materi dan pihak kredivo dirugikan secara nama baik oleh si penipu tersebut.

Saya berharap masalahnya harus dapat diselesaikan dan mendapatkan penipu tersebut, agar tidak ada penipu lain yang bisa mengatasnamakan Kredivo untuk melakukan penipuan. Semoga tidak ada lagi yang tertipu seperti saya.

Kerugian saya, email saya dimiliki oleh penipu dan uang sebesar Rp2.350.000. Data penipu:

Email : kredivo.pst.bantuan@gmail.com
Nama di email : Dedy Ardiyansyah
Nomor handphone : +6285768349606
Akun bank : Permata Bank (013)
Nama rekening : DNID DEDX MUHXXXXX S
Nomor rekening : 8528085609541810

Terima kasih banyak atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih untuk semuanya.

Agung Isginanzar
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Agung Isginanzar

Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Agung Isginanzar di Media Konsumen pada tanggal 23 April 2021 yang berjudul “Penipuan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya baru saja ketipu juga. Modusnya seperti itu juga. Apakah hal seperti ini bisa di laporkan ke pihak yang berwajib?

  • Waduh kasus sama kaya saya tpi untung penipu tahu akun dana saya trs ambil uang saya 3jt tidak sampai ke pinjol ini harus di hukum gara2 mereka akun dana saya tidak bisa dibuka sama kredivo

  • saya juga sama kena penipuan beratas nama kredivo kw ..saya liat facebook ...terus ada iklan kartu kredivo lalu dia suruh login terus saya disuruh masukkan no hp nama ibu saya sama pin ..terus dia nelpon ke saya dengan nomer 085771614168 dan 087726374617 pokoknya data saya secara tidak saya sadari bocor otp nya segala berapa kali ...saya ga nyangka ini penipuan tp setelah itu di akun kredivo saya ada pemberitahuan ada pemakaian akun saya untuk beli hp dan telkomsel di aplikasi blibli..aduh sedih banget deh ...sialan kata saya ..rugi hampir 3 juta yg satu cicilan 3 kali yang satu lagi cicilan sekali ....30 hari ..aduh langsung lemes saya .......saya udah ngadu ke kredivo ke blibli juga .....tp diminta macam macam saya juga bingung..kredivo sudah diblokir .......ga tau deh ntar gimana ....