Kategori: Surat Pembaca

Kecewa dengan Kurir Anteraja

Saya berbelanja keperluan obat harian jantung dan kolesterol melalui e-commerce Tokopedia di Apotek resmi berlisensi ungu menurut marketplace tsb.

Penjual merespon dan memproses dengan baik, pesanan dikirim dari Medan menuju Jakarta. Nomor invoice Tokopedia: INV/20210406/MPL/1154563297, nomor resi Anteraja: 10001082954148. Mengapa saya memesan dari jauh? Seperti umumnya pelanggan lain, saya mencari harga terbaik dari list dan melihat lisensi toko.

Pesanan sampai Jakarta tepat waktu tanggal 8 April 2021. Tanggal 9 April 2021, ada 1 nomor telepon asing yang tidak terangkat, saya rasa nomor kurir untuk konfirmasi. Namun hingga malam tanggal 24 April 2021 nomor tidak aktif, tapi itu dugaan saya. Selama ini beberapa kali saya mengirim paket dengan berbagai jenis brand kargo tidak pernah ada masalah selama petunjuk alamat dibaca dengan jelas.

Antara alamat, petunjuk alamat dan lokasi pengiriman jauh berbeda

Alhasil karena waktu luang saya baru ada pada tanggal 22 April dan 23 April, saya menghubungi pihak Aneraja, tapi hanya dikirimkan foto dengan bukti paket sudah diterima. Lalu apakah tidak mengakui salah alamat? Garansi? Sudahlah baik dari Tokopedia maupun Anteraja menjawab klaim sudah tidak berlaku (harus dalam 2×24 jam, 3×34 jam).

Ya saya memang cukup telat merespon dan mengeluhkan, tapi itikad baik apa dari service kurir Anteraja selain minta maaf dan kirim foto konfirmasi sudah diterima? Iya diterima, tapi di rumah yang salah. Kenapa tidak ditanyai saja tetangganya? Oh tentu saja sudah, pada tanggal 23 April 2021 pukul 17.00.

Lalu apa yang saya dapat? Paket saya entah di mana, hebat bukan? Bersitegang? Tentu saja, itu obat jantung untuk konsumsi harian. Paket dengan nama penerima dan alamat yang bukan pada lokasinya, serampangan tidak terurus dan baik pembantu maupun majikan tidak mengetahui di mana paket itu. Pembantunya mengakui menerima saat saya datangi, pun baju yang dikenakan sama persis dengan baju yang dipakai saat menerima paket di foto terlampir. Sedangkan majikannya menyatakan diri tidak menerima paket.

Inilah efek dari kurir abai terhadap petunjuk lokasi alamat yang jelas-jelas tertulis PAGAR BIRU, tapi diserahkan ke PAGAR COKLAT, atau kurir buta warna? Entah. Petunjuk kedua, alamat saya tulis seberang rumah nomor 27, kembali depan pagar coklat bukan rumah nomor 27. Kurir lelah? Entah.

Yang saya tahu, tindakan kurir mengakibatkan kerugian, saya tidak menerima paket, entah di mana, dan saya bersitegang dengan tetangga. Luar biasa. Lalu apa tindakan dari Anteraja, tidak ada? Berdasarkan 3×24 jam. Maaf komplain dan ganti rugi sudah lewat dari batas waktu. Kerugian silakan ditanggung sendiri.

Nesti Normawati
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • 1
    Mengantisipasi titik map yang bergeser saya selalu mengambil inisiatif menulis dengan detail, ini langkah preventif. Alangkah bersyukurnya Dedi tidak pernah memiliki pengalaman nyasar menggunakan gmaps. Semoga kedepannya tidak terjadi

    2
    Dengan berkoordinasi dengan orang rumah untuk memeriksa ke beberapa orang tetangga, bagian dari manajemen saya, bukankah berarti saya sudah mengecek? Tapi Terima kasih menjadi perbaikan buat saya.

    3
    Urusan dg tetangga sudah, barang pun sudah dinyatakan tidak ada oleh beliau. Lalu mengenai kesalahan kurir yang tidak teliti apakah tidak boleh saya keluhkan? Kalau terjadi lagi kedepannya tidak baik rasanya. Minor sepertinya hanya tinggal ke tetangga. 1x terjadi saja sudah cukup membuat tanda tanya saya rasa, tapi mungkin sepele bagi Dedi ya. Senang rasanya kalau saya seperti Dedi, bisa menanggapi hal2 seperti ini seringan Dedi. Kembali ke poin 1 langkah antisipasi sudah ada, pun di platform juga dimintai patokan, sudah pernah isi kolom ini belum Dedi? Jadi saya tidak diijinkan mengeluh ketika kesalahan diawali ketidaksengajaan kurir antar?

  • Pasti bapak/ibu pengguna baru online shop ya... Beli barang tapi ngga pernah cek konfirmasinya sampai berminggu2...
    Saya juga pernah seperti ini bukan cuma Anteraja, Sicepat, JNE, JNT pun pernah melakukan salah kirim seperti ini...
    Maka dari itu lebih baik sering cek konfirmasi pengirimanny... Dan segera mungkin lapor bila pengiriman tidak sesuai... ??

  • sering banget ngalamin karna otomatis pilihnya pake kurir ini, judulnya doang sameday tapi nyampe besoknya atau besoknya lagi. keseringan alesannya 'Pickup tertunda karena masalah operasional'

  • Bisa bisanya paket saya di antar pada malam hari dan di lempar ke dalam lingkungan kos. Bukankah seharusnya kurir harus bertanggung jawab.
    Kalau barang hilang atau rusak bagaimana?
    Gini amat kurirnya

  • dua kali saya menggunakan jasa anteraja dan dua kali pula saya dikecewakan,.pengiriman sangaaaatttt lamaaaaa..tidak seperti expedisi lain. expedisi ditentukan olshop dan baru sadar kalau exp nya itu. kapok kapok

  • Saya kecewa dengan kualitas kurir anteraja, tidak mengabari kalau pesanan datang, tidak WA ataupun telpon, dan hanya ditaruh di meja luar.
    Unung ga diambil orang

  • saya baru saja mengalami hal yang sama dengan konsumen yang lain

    informasi di tracking barang sudah sampai (terkirim) 15 Desember 2021

    tapi saya ataupun orang rumah tidak terima barang nya

    tidak ada telepon atau informasi bahwa akan kirim paket, atau tanya alamat nya dimana

    dan sampai dengan hari ini, 20 Desember 2021, barang yang saya beli, belum tau dimana keberadaan nya

    KACAU!!!

  • Berkali-kali kakak saya kirim barang selalu saja muter-muter paketnya. Yg harusnya dikirim ke Semarang kenapa dari ekspedisi dibawa ke sukoharjo dulu, abis itu kurirnya bawa ke boyolali. Baru bbrp hari dikirim ke Semarang.. itu yg sortir barang buat dikirim gimana sih wooyy..semarang-boyolali jauh lahh gada mirip miripnya. Jkt-Smg harusnya 2-3 hari sampai jadinya seminggu. Dan selaluuuu seperti ituu, kapok pakai anterlama lah.

  • Setelah saya baca semuanya, kesimpulan saya adalah anda harus introspeksi diri, anda merasa paling benar dan tidak menghargai manusia lain, padahal anda sendiri sumber masalah anda mulai dari penulisan alamat dan pengambilan sikap terhadap masalah anda. Trims

  • wahhhh...sya baru aja ngalamin,pengiriman dgbn ekspedisi anteraja,pesan dr shopee,keterangannya barang sdh di terima oleh sipenerima aslinya berikut buktinya eh tp bukti pengirimannya bukan di rmh saya donk,hari itu coba tlp ke cs nya ga bs2 donk,coba komplain via email sampe saat ini sdh seminggu no respon sama sekali,sampe2 sy minta bantuin cs shopeenya buat bantu sy,blm ada kbr jg,apa emang anteraja bgtu yah menyepelekan kiriman konsumen,apalgi kiriman sy itu cm berupa selembar nota pembelian barang sampe di sepelekan gt,akhirnya gara2 nota itu pula sy batalkan pembelian produknya,untung sy buru2 ngajuin pengembalian dana sebelum masa garansi shopeenya habis,klo tidak wah entah gimana nasib uang sy??